Penggunaan internet kini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dari komunikasi, transaksi finansial, hingga hiburan seperti main game seru88, internet memberi kemudahan dalam kegiatan kita setiap hari.

Namun, di balik kemudahan yang ditawarkan, internet juga menyimpan berbagai ancaman kejahatan siber yang dapat merugikan pengguna. Kejahatan siber, seperti pencurian identitas, penipuan online, dan serangan malware, semakin marak terjadi dan bisa menimpa siapa saja yang tidak berhati-hati. 

Untuk mengatasi ancaman ini, ada beberapa langkah penting yang bisa diambil agar tetap aman dan terlindungi saat menjelajahi dunia maya. Inilah beberapa tips mudah yang penting untuk dilakukan agar Anda terhindar dari kejahatan digital saat mengakses internet.

Update aplikasi secara teratur

Salah satu cara mudah agar terhindar dari kejahatan siber saat mengakses internet adalah dengan selalu mengupdate atau memperbarui aplikasi secara teratur. Pembaruan aplikasi sering kali mencakup perbaikan keamanan yang dirancang untuk menutup celah yang bisa dimanfaatkan oleh penjahat siber. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak mengabaikan notifikasi pembaruan dari aplikasi yang Anda gunakan, baik itu sistem operasi, perangkat lunak antivirus, browser, maupun aplikasi lainnya. Dengan memastikan semua aplikasi berada dalam versi terbaru, Anda dapat meminimalisir risiko serangan siber dan menjaga keamanan data pribadi serta perangkat Anda dari ancaman yang tidak diinginkan.

Menjaga kerahasiaan data dengan VPN

Menggunakan VPN merupakan salah satu hal yang untuk menjaga keamanan saat berinternet, terutama bagi mereka yang sering bepergian dan terhubung ke jaringan Wi-Fi publik. Dengan VPN, pengguna dapat melindungi data pribadi mereka dari serangan peretas yang mungkin mengintai di jaringan yang tidak aman. Peretasan melalui Wifi publik, seperti di bandara, kafe, atau tempat umum lainnya, dapat membahayakan informasi sensitif pengguna. VPN bekerja dengan mengenkripsi semua data yang dikirim dan diterima, sehingga membuatnya lebih sulit diakses oleh pihak yang tidak berwenang. 

Mengubah password secara berkala

Mengganti password secara rutin dapat mengurangi risiko akses tidak sah ke akun-akun penting Anda, karena password yang lama mungkin saja telah diketahui atau dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pastikan password yang Anda gunakan kuat dan unik, kombinasi dari huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. 

Hindari penggunaan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama hewan peliharaan. Dengan kebiasaan ini, Anda dapat menjaga keamanan akun-akun online dan melindungi informasi pribadi Anda dari ancaman siber yang semakin canggih. Mengubah password secara berkala adalah langkah sederhana namun efektif untuk meningkatkan keamanan digital Anda.

Hati-hati saat menggunakan WiFi publik

Jangan pernah mengirimkan informasi pribadi melalui jaringan yang tidak aman, seperti Wi-Fi gratis di hotel atau cafe. Jaringan publik ini sering kali tidak memiliki perlindungan yang memadai, sehingga memudahkan peretas untuk mencuri data sensitif Anda, seperti kata sandi, informasi kartu kredit, atau detail pribadi lainnya. Menggunakan jaringan yang tidak aman dapat menempatkan Anda pada risiko tinggi terjadinya kejahatan siber. 

Menjaga kerahasiaan informasi pribadi

Informasi seperti nomor identitas, alamat rumah, nomor telepon, dan detail kartu kredit sangat sensitif dan dapat disalahgunakan jika jatuh ke tangan yang salah. Saat beraktivitas online, pastikan untuk selalu berhati-hati dan hanya memberikan informasi pribadi di situs web yang terpercaya dan memiliki protokol keamanan yang kuat. Hindari mengunggah informasi pribadi di media sosial atau platform publik lainnya yang dapat diakses oleh banyak orang.