Nias Selatan, deliknews – Kejuaraan Surfing Internasional Word Surf League Qualifyng Series QS 5000 Event Nias Pro Tahun 2024 dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan HAM RI, Drs. Mewakili Menteri Hukum dan HAM oleh staf ahli Kementerian Bidang Hukum dan HAM, Drs. Cosmas Harefa, M.Si.
Acara ini berlangsung di Pantai Sorake Desa Botohili Sorake Kecamatan Luahagundre Maniomolo Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (8/6/2024).


Pada kesempatan ini turut hadir : Staf Ahli Kemenpora RI, Drs. Yohan M.Si, Wadir Bidang PAMOBVIT Poldasu, AKBP Yudhi SM Pinem, S.I.K., MH, Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH., MH, Anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan, Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah, Dandim Nias, Letkol Inf Torang Parulian Malau, S.IP,


Kapolres Nias Selatan, AKBP Boney Wahyu Wicaksono, S.I.K, Kapolres Nias, Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, SH., MH, Sekdakab Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, MM, Sekdakab Nias, Basarnas Nias, Pimpin BUMN baik dari Pertamina, PLN dan Perbankan, mewakili Kajari Nias Selatan oleh Kasi Pidsus Heryanto, SH., MH, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Nias dan sejumlah undangan lainnya.


Dalam laporan Ketua Panitia Nias Pro 2024, Firman Giawa yang juga sebagai Wakil Bupati Nias Selatan mengatakan bahwa peserta yang mendaftar pada kejuaraan surfing internasional QS 5000 ini, sebanyak 16 Negara dengan peserta 239 orang bersama surfing lokal. selain itu juga adanya kegiatan malam pesona budaya.


Pada kesempatan ini, Ia juga menghimbau agar masyarakat atau para pengunjung di pantai Sorake ini, agar bersama – sama menjaga ketertiban lokasi dan terlebih kebersihan lingkungan, harap Firman Giawa.


Dalam sambutan Mewakili Menteri Hukum dan HAM oleh staf ahli Kementerian Bidang Hukum dan HAM, Drs. Cosmas Harefa, M.Si menyampaikan apresiasi kepada Polri dan BUMN dalam mendukung kegiatan Kejuaraan Surfing internasional QS 5000 ini.


Ia juga mengatakan bahwa penyelenggaraan WSL QS. 5000 yang kelima ini, sebuah bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Nias Selatan untuk keberlanjutan sebuah event bertaraf internasional. Oleh sebab itu, bertepatan tahun ini tahun terakhir Pak Hilarius sebagai Bupati Nias Selatan.


“Saya harus memberikan ancungan jempol dan hormat kepada Bapak Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, karena beliau konsisten dalam mendorong penyelenggaraan kejuaraan ini di Nias Selatan, ungkapnya.


Ia mengatakan bahwa Event ini sangat bermanfaat dan harus didukung, Pemerintah saat ini terus melakukan berbagai upaya -upaya dan langkah – langkah strategi dalam memajukan kepariwisataan termasuk mendorong masuknya wisatawan manca negara ke Indonesia, ujar Cosmas Harefa.


Diketahui bahwa kegiatan Kejuaraan Surfing internasional QS. 5000 ini berlangsung selama 8 hari sejak tanggal : 8 sampai 15 Juni 2024 di Pantai Sorake. (Sabar Duha)