Malaka, NTT, deliknews- Universitas Terbuka (UT) Negeri Kupang membuka pendaftaran mahasiswa baru, telah dimulai Bulan ini hingga Bulan Agustus 2024 mendatang di Gedung PKBM Luruhmutin Malaka.

Calon mahasiswa baru lulusan SMA/SMK, termasuk Paket C, Warga belajar PKBM Luruhmitin Malaka atau mengikuti Paket C di PKBM lainnya karena memiliki Ijaza yang sederajat.

“Proses pendaftaran Program sarjana dan diploma UT Negeri Kupang, dilakukan secara terbuka untuk umum dan tampa mengenal batas usia. Juga Biaya pendidikan kuliah di UT sangat terjangkau karena biaya kuliah di UT mulai Rp 1 jutaan-Rp 2 juta per semester,” kata direktur UT Negeri Kupang, Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd, Sabtu (8/6/2024) di Kaletek.

Sentral Pelayanan Universitas Terbuka yang dikenal masyarakat luas, Universitas Terbuka( UT) menerap sistem perkuliahannya terbuka dan fleksibel. Karena sistem pembelajaran secara online yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

Perkulihan UT sangat fleksibel karena para mahasiswa tampa memgeluarkan beban biaya yang lebih mahal. Seperti menyewah tempat tinggal (KOS), transportasi dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkannya. Imbuh, Dr. Ajat Sudrajat.

Sentral Pelayanan Unuversitas Terbuka, telah berkembang dan menjangkau dibeberapa Kabupaten namun di Malaka belum dijangkau, maka membangun kerja sama dengan PKBM Luruhmutin untuk mengembangkan Pendidikan UT tersebut.

Dr. Ajat Sudrajat, menjelaskan Universitas Tetbuka (UT); Fakultas dan program studinya,

(“1.FEB.
*. Manejemen. * Ekonomi *.Pembangunan. * Ekonomi Syariah. *.Akuntansi. *. Akuntansi keuangan publik. * PJJ Pariwisata.

2. FKIP.
*. Pendidikan Bahas & sastra Indonesia. *. Pendidikan Bahasa Inggris. *. Pendidikan Biologi. *. Pendidikan Fisika. *. Pendidikan Kimia. *. Pendidikan Matematika. *. Pendidikan Ekonomi
*. Pendidikan pancasila & kewarganegaraan.*.Teknologi pendidikan. *. Pendidikan Guru Sekolah Dasar( PGSD).
-program PGSD, Pra Jabatan(pre service). Program PGSD Dalam Jabatan ( In Service)
*. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)
– Prgram PGPAUD, Pra Jabatan (Pre Service). Program PGPAUD Dalam Jabatan (In Previce).*. Program Profesi Guru (PPG) *. Pendidikan Agama Islam (PAI).

3. FST.
*. Statiska. * Matatika. *. Biologi. *. Teknologi Pangan.*. Agribisnis. *. Perencanaan Wilayah & Tata Kota. *. Sistem Informasi. *. Sains Data.

4. FISIP.
*. Kearsipan(D4). *. Perpajakan (D3). * Ilmu Administrasi Negara(S1). *. Ilmu Administrasi Bisnis (S1). *. Ilmu Hukum (S1). * Ilmu Pemerintahan (S1). *. Ilmu Komonikasi (S1). * Ilmu Perpustakaan (S1). * Sosiologi (S1) *. Sastra Inggris (S1) *. Perpajakan (S1).

Kemudian, Magister (S2)
Magister: * . Lingkumgan.* Manajemen Perikanan.* Ilmu Administrasi publik.*. Manajemen. *. Pendidikan Dasar. *. Pendidikan Matematika. *. Pendidikan Bahasa Inggris. *. Pendidikan Anak Usia Dini (MPAUD). * Ilmu Hukum.

Doktor (S3)
* . Doktor Ilmu Manajemen.
*. Doktor Administrasi Publik.

Ia mengungkapkan Universitas Terbuka menerapkan sistem pendidikan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi Internet dalam belajar mengajar. Oleh karena pembelajaran sisitem onlinenya yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja sehingga memudakan mahasiswa sontaknya.

Pada tempat yang sama, pengelola PKBM Luruhmutian Malaka, Maria Deviana R. Seran, mengatakan Sentral Pelayanan Universitas Terbuka (Salut) hadir di Malaka, sangat membantu masyarakat yang sejau ini punya keingin untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi, namun terbentur dengan kondisi Ekomi kita di Malaka. Ungkap Deviana Seran.

” Kehadiran UT ini, sangat membantu masyarakat yang mempunyai keinginan melanjutkan pendidikan diperguruan, tetapi karena terdapat hambatan pribadi seperti pekerjaan atau tekanan biaya kuliahnya sangat tinggi dari pada beban kehidupan kita sebagai masyarakat kecil,” bebernya.

Dikatakan Deviana R. Seran, bahwa seshunggunya masyarakat punya niat untuk bersekolah, tetepi karena terbentur dengan beban biaya. Hal tersebut, selalu ditemui dari anak putus sekolah yang melanjutkan dalam warga belajar di PKBM.

“Hambatan yang dialami anak putus sekolah itu terutama biaya kebutuhan sekolah. Semisal-Nya, seragam sekolah, caostum, dan lain- lain. Apa lagi, bagi anak yang diwilayah tidak mempunyai gedung sekolah.

Sehingga mereka lanjut pendidikan diluar wilayah tentunya menyewah tempat tinggal (bayar kos). Maka beban biaya hidupnya sudah sangat tinggi. Oleh sebab itu, UT merupakan pendekatan pendidikan kepada masyarakat Malaka yang mempunyai keinginan untuk mengais Ilmu pendidikan.” Pungkasnya.(Dami Atok)