Nias Selatan, deliknews – Malam Pesona Budaya dimalam ke – 4 Nias Pro Tahun 2024, kembali mempertunjukan atraksi Sanggar Budaya, “Fondrako Zihono” SMK Negeri 1 Amandraya Kabupaten Nias Selatan, di Pantai Sorake Desa Botohili Sorake Kecamatan Luahagundre Maniomolo Kabupaten Nias Selatan, Selasa (11/6/2024).

Diketahui malam Sebelumnya telah mempertunjukan Sanggar Budaya Hiliamaeta Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Sanggar Budaya SMP Negeri 4 Fanayama, Sanggar Sifalaria Desa Hilisimaetano Kecamatan Maniomolo,
Selanjutnya, Sanggar Tari Kreasi Cilik Hilisimaetano Kecamatan Maniomolo, Sanggar SMK Negeri 1 Maniamolo, Sanggar SMP BNKP Hilisimaetano, Trio Fayo Batu, Sanggar Omoda Community, Sanggar POKDARWIS Hilisimaetano.


Dan Peserta sanggar untuk malam berikutnya, sampai hari Jumat (14/6/2024), terdiri dari : Sanggar Budaya “Fa’omasi” Desa Hiliganowo Kecamatan Teluk Dalam, Sanggar SMK Negeri 1 Aram√∂, Sanggar Sorai Balaki Kecamatan Pulau- Pulau Batu, Sanggar Budaya SMP Negeri 1 Teluk Dalam, dan Sanggar Budaya SMA Negeri 1 Maniamolo.


Pada kesempatan ini, Salah satu dewan juri yang juga Kabid. Pengembangan Pariwisata pada Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Nias Selatan, Liberty Gratianus Fau, SS., MS kepada awak media ini mengatakan bahwa, dari setiap penampilan Atraksi seni dan budaya tersebut, dewan juri akan menentukan penampilan terbaik 1, 2, 3, dan 4 berdasarkan kriteria penilaian, yakni : keberagaman Atraksi yang ditampilkan, makna, pesan yang disampaikan dan harmonisasi, koreografer, tuturnya.


Dari pantauan awak media ini, tampak seribuan pengunjung menyaksikan pertunjukan atraksi sanggar tersebut, dan Di hibur oleh artis lokal, dan Blue Project Band. (Sabar Duha)