Jumat, 4 September 2020 - 07:29 WIB

Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang

Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang

Ada Uang Titipan di Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang

Padang, – Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof. HB. Saanin Padang drg. Ernoviana, M.Kes membenarkan adanya uang titipan biaya perawatan pasien dirumah sakit tersebut.

Pengakuan itu disampaikannya kepada deliknews.com secara tertulis pada 31 Agustus lalu, menjawab surat deliknews.com sebelumnya soal Uang Titipan.

Dijelaskan Ernoviana, uang titipan itu digunakan sebagai tempat titipan sementara dari keluarga pasien untuk biaya rawatan pasien jiwa yang tidak mempunyai jaminan asuransi. Uang titipan tersebut akan disetorkan sebagai pendapatan Rumah Sakit setelah pasien pulang dan keluarga telah menyelesaikan segala urusan administrasinya.

Kemudian, dasar adanya uang titipan, pasien yang dirawat di RSJ Prof.HB. Saanin Padang tidak ditunggui oleh keluarga, berbeda dengan RS Umum yang didampingi oleh keluarga.

Pasien Rumah Sakit Jiwa ada yang pulang dengan status melarikan diri dan keluarga tidak menyelesaikan biaya perawatan pasien.

Baca juga: Apresiasi Tinggi untuk Kapolda Sumbar yang Mewujudkan Harapan Masyarakat

Darlin WM Terima Penghargaan dari BPK RI

Otsus Jilid 2 Untuk Kesejahteraan Rakyat Papua

Kemudian juga permintaan dari beberapa keluarga pasien untuk menitipkan uang supaya keluarga pasien tidak merasa berat sewaktu pengurusan pasien pulang.

Menurut Ernoviana, sejauh ini tidak ada masyarakat yang dirugikan, bahkan akan memudahkan masyarakat dalam pelayanan keluarganya yang sakit dengan gangguan jiwa. Terkait dengan uang titipan sudah dilakukan Audit oleh BPK dan segala TLHP BPK sudah ditindaklanjuti. Demikian penjelasan Direktur RSJ Prof. HB. Saanin Padang drg. Ernoviana, M.Kes, kepada deliknews.com.

Untuk diketahui, dalam UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, pasal 16 menyebutkan bahwa pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan sumber daya di bidang kesehatan yang adil dan merata bagi seluruh masyarakat untuk memperoleh derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

UU No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, mengatur tanggungjawab pemerintah dan pemerintah daerah, pasal 6 ayat (1) menyebutkan pemerintah dan pemerintah daerah bertanggung jawab untuk menyediakan Rumah Sakit berdasarkan kebutuhan masyarakat, menjamin pembiayaan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit bagi fakir miskin, atau orang tidak mampu sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Menteri Kesehatan juga menetapkan aturan tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien yaitu Permenkes No. 4 Tahun 2018.

Pasal 2 ayat (1) menjelaskan kewajiban Rumah Sakit, diantaranya memberikan pelayanan gawat darurat kepada pasien sesuai dengan kemampuan pelayanannya, menyediakan sarana dan pelayanan bagi masyarakat tidak mampu atau miskin, dan melaksanakan fungsi sosial.

Kemudian pasal 10 menjelaskan kewajiban Rumah Sakit melaksanakan fungsi sosial sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1), diantaranya memberikan pelayanan kesehatan pasien tidak mampu atau miskin, pelayanan gawat darurat tanpa meminta uang muka, penyediaan ambulans gratis, pelayanan korban bencana dan kejadian luar biasa, bakti sosial bagi misi kemanusiaan.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 275 kali

loading...
Baca Lainnya

Polres Gayo Lues Ungkap Jaringan Pengedar dan Pengguna Narkoba

Sat Resnarkoba Polres Gayo Lues mengungkap jaringan peredaran dan pengguna narkoba jenis sabu di Kabupaten...

25 Januari 2021, 23:29 WIB

Hasil Visum RS Bhayangkara, Korban Meninggal Karena Serangan Jantung

Palembang, Sumsel, deliknews – Kabid Humas Polda Sumsel Kombes. Pol. Drs. Supriadi, MM di dampingi...

25 Januari 2021, 17:44 WIB

Diduga Dibunuh, Enam Bulan Kematian Putu Sekar Belum Terungkap

Buleleng – Penyidikan kasus dugaan seorang janda┬áPutu Sekar (50) dibunuh di Banjar Dauh Pura,┬áDesa Depeha,...

Foto: Kasubbag Humas Polres Buleleng, Iptu Gede Sumarjaya.

25 Januari 2021, 16:23 WIB

1 Buah Rumah Warga Hangus Terbakar di Desa Sumber Garunggung

Barito Timur, Kalteng, Deliknews – Quick Respon Team dari Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) bersama...

25 Januari 2021, 16:11 WIB

Melanggar PPKM, Polsek Cisoka Bubarkan Pengunjung Cafe di Solear

TANGERANG – Jajaran Polsek Cisoka Polresta Tangerang bersama anggota Koramil 13 Cisoka membubarkan puluhan pengunjung...

25 Januari 2021, 14:26 WIB

Kedepankan Prokes, 3 Pilar Kerja Bakti Cor Masjid Al-Mujahidin

TANGERANG – Bhabinkamtibmas Polsek Tigaraksa Polresta Tangerang Polda Banten bersama unsur Babinsa Koramil Tigaraksa dan...

25 Januari 2021, 14:19 WIB

loading...