Polres Pasaman Tak Beri Izin Keramaian Bank Mandiri

Kapolres Pasaman AKBP Dedi Andriansyah (Sumber: langgam.id)

Sumbar, – Polres Pasaman menegaskan bahwa tidak ada memberikan izin keramaian atas kegiatan pembagian Kartu Tani oleh Bank Mandiri di Balai Penyeluh Pertanian (BPP) Kecamatan Panti.

“Polres Pasaman tidak pernah dan tidak akan mengeluarkan izin keramaian apapun dalam Masa pandemi. Demikian instruksi dari Mabes Polri sesuai arahan langsung dari Satgas Covid-19 Pusat,” tegas Kapolres Pasaman AKBP Dedi Andriansyah kepada Deliknews.com, Minggu (29/11/20).

Sebelumnya diberitakan, Bank Mandiri melaksanakan kegiatan pembagian Kartu Tani kepada masyarakat di BPP Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, pada Rabu (25/11/20). Akibatnya, terjadi kerumunan masyarakat tanpa menjalankan protokol kesehatan Covid-19, sehingga berpotensi penyebaran Covid-19. Masyarakat penerima Kartu Tani mencapai 300 orang.

Baca juga: Bank Mandiri Buat Kerumunan di Sumbar Tanpa Protokol Kesehatan

BPP Pastikan Pembagian Kartu Tani di Pasaman Sumbar Ada Kerumunan

Dari sumber yang didapatkan Deliknews.com, pihak penyelenggara tidak melakukan pengawasan dan tidak ada memberikan imbauan untuk memakai masker, jaga jarak serta cuci tangan, bahkan sebagian penyelenggara sendiri tidak pakai masker.

Terpantau, dalam kegiatan itu yang hadir bukan hanya masyarakat akan menerima kartu, namun ada juga anak-anak dalam kerumunan tersebut.

Kerumunan itu juga diakui oleh Koordinator BPP Kecamatan Panti, Ade Candra, dan ia pastikan pembagian Kartu Tani yang dilaksanakan oleh Bank Mandiri di Pasaman seluruhnya ada kerumunan. Namun menurutnya untuk di BPP Panti, sudah diimbau agar mematuhi protokol kesehatan.

“BPP berada ditengah pemukiman warga sehingga banyak warga yang berlalu lalang didepan BPP yang tidak memakai masker. Jadi kerumunan yang ditimbulkan bukan hanya disebabkan oleh pembagian Kartu Tani,” terang Ade Chandra menjelaskan.

BPP Kecamatan Panti hanya memfasilitasi Bank Mandiri menyediakan tempat untuk pembagian Kartu Tani. “Kami hanya menyediakan tempat, penyelenggara pada intinya orang Bank Mandiri,” katanya.

Dicoba mengkonfirmasi Cluster Manajer Bank Mandiri Cabang Pasaman Dodi via WhatsApp, tapi belum menjawab pertanyaan yang diajukan.

“Baik pak. Saya verifikasi dan saya konfirmasi kepada Kepala Cabang Mandiri di Tapus. Sebelumnya saya selaku koordinator nya ucapkan terimakasih update dan himbauanya Pak, kedepan nya kami lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dan menjakankan aturan-aturan prosedur dengan baik,” ujarnya.

Hingga berita ini ditayangkan Bank Mandiri belum memberikan penjelasan resmi terkait permasalahan tersebut.

(Darlin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.