Minggu, 31 Januari 2021 - 08:15 WIB

SMKN 1 Lubuk Sikaping Laksanakan Praktek Kerja Lapangan Berbasis Project Work

Pasaman, – Meski dimasa pandemi Covid-19 ini, SMKN 1 Lubuk Sikaping tetap mengupayakan siswa memiliki keahlian sesuai dengan jurusannya dengan tetap melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

“SMK adalah sekolah yang berusaha mencetak peserta didiknya memiliki kompetensi sebagai modal untuk menjalani kehidupan di masa yang akan datang. Salah satunya adalah melalui PKL di berbagai bidang di dunia industri atau dunia kerja. Dengan dilaksanakannya PKL dapat memperkokoh link and match antara pihak sekolah dengan dunia kerja serta dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menimba wawasan dan pengalaman kerjanya di dunia usaha/kerja,” ungkap Kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping, Muslim, saat pembukaan pelaksanaan PKL berbasis project work di sekolah tersebut.

Diketahui, dari 8 yang ada di Pasaman, SMKN 1 Lubuk Sikaping adalah satu satunya sekolah yang melaksanakan kegiatan PKL berbasis project work . Hal ini dilaksanakan karena untuk tingkat SMK tidak mungkin melepas siswanya dari sekolah tanpa sertifikat kompetensi keahlian.

“Saat pandemic covid 19 melanda di seluruh dunia termasuk Indonesia maka kegiatan PKL SMKN 1 Lubuk Sikaping yang biasanya dilaksanakan langsung di dunia kerja, dialihkan pelaksanaanya di sekolah dengan cara mendatangkan guru tamu/narasumber dari berbagai IDUKA ke sekolah melalui kegiatan PKL berbasis project work,” kata Muslim.

Baca juga: Siswa Kurang Mampu SMKN 1 Lubuk Sikaping Terima Bantuan

Kasus Jilbab Siswa SMKN 2 Padang Sudah Selesai

Membekali peserta didik di dunia kerja, maka dilaksanakan penyelarasan kurikulum antara pihak sekolah dengan IDUKA dalam bentuk MOU. Salah satu point pentingnya adalah membekali peserta didik melalui budaya kerja, disiplin, etos kerja, etika dan sopan santun. Jadi peserta didik bukan hanya memiliki hardskill akan tetapi jauh lebih penting melatih softkill.

Ada 8 program keahlian yang melaksanakan kegiatan project work di SMKN 1 Lubuk Sikaping, yakni Desain permodelan dan informasi bangunan, Teknik Komputer dan Informatika, Tata Busana, Perhotelan dan jasa pariwisata, Bisnis dan Pemasaran, Kuliner, Akuntansi dan keuangan lembaga serta Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.

Untuk kompetensi keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan kegiatan project work dilaksanakan mulai dari tanggal 6 – 12 Desember 2020 dengan mendatangkan guru tamu dari CV.Arterindo Pratama Padang. Adapun kompetensi yang diperoleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan adalah kompetensi di bidang juru gambar arsitektur.

Kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga melaksanakan project work dari tanggal 18 – 22 Januari 2021 dengan ketua program keahlian Elfianis, S.Pd dan guru tamu dari Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pasaman. Kompetensi yang diharapkan diperoleh peserta didik dalam kegiatan ini adalah penyusunan laporan keuangan berbasis SAK ETAP.

Kompetensi keahlian Bisnis dan Pemasaran bekerjasama dengan Ramayana Plaza Andalas Padang, kegiatan dilaksanakan 16-22 Januari 2021. Kompetensi yang diperoleh siswa setelah kegiatan project work ini adalah mahir dibidang kasir.

Kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Informatika, Tata Busana serta Perhotelan dan Jasa Pariwisata kegiatan dilaksanakan 23 Januari 2021, dengan guru tamu dari PT Adil Organik Indonesia, The Axana Hotel Padang, serta Metro Taylor Lubuk Sikaping.

Tata Busana dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang dan ketua program keahlian Marini memiliki guru pembimbing sebanyak 1 orang pembimbing yakni Elly Rusmaida, mendatangkan guru tamu dari Metro Taylor Lubuk Sikaping. Kegiatannya dimulai dari tanggal 18 sampai 23 Januari 2021.

Kompetensi keahlian Perhotelan  dan Jasa Pariwisata dengan ketua program keahlian Emi Vovo Sembiring, Gr jumlah siswa sebanyak 29 orang dan guru pembimbing sebanyak 2 orang bekerjasama dengan The Axana Hotel Padang dilaksanakan 19 – 23 Januari 2021. 

Kompetensi keahlian Kuliner dilaksanak pafa 16 – 21 Januari 2021 mendatangkan guru tamu dari Grand Rocky Bukittinggi. Guru pembimbing yang ikut berperan aktif dalam kegiatan ini sebanyak 1 orang dengan ketua program keahlian Eka Winarti.

Kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran adalah jurusan yang melaksanakan kegiatan Project Work pamungkas di seluruh kegiatan PKL berbasis project work di SMKN 1 Lubuk Sikaping .

Mulai dilaksanakan dari tanggal 28-30 Januari dan 1-2 Februari 2021, dengan jumlah siswa sebanyak 107 orang ketua program keahlian Saniar dan guru pembimbing sebanyak 6 orang. Guru tamu yang didatangkan dari Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman.

Artikel ini telah dibaca 89 kali

Baca Lainnya

Kisha Clean Jamin Hasil Laundry Karpet, Sofa dan Springbed Berkualitas

Padang, – Di tengah menjamurnya usaha laundry di Kota Padang, hadir Kisha Clean yang memberikan...

27 Februari 2021, 17:16 WIB

BPBD Damkar Bartim Lakukan Penyemprotan Disinfektan Pada Fasilitas Umum di Desa Jaar

Barito Timur, Kalteng – deliknews – Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD Damkar)...

27 Februari 2021, 15:52 WIB

Mengenal Lebih Dalam ‘Rasa Baru’ PT. Solid Gold Berjangka Bali

Denpasar – Guna meningkatkan literasi terhadap peluang dan risiko investasi, PT. Solid Gold Berjangka Bali...

Edukasi investasi SGB Bali. (Foto: deliknews.com)

27 Februari 2021, 13:37 WIB

Hasil Pilkel Digugat, Bupati Badung Tetap Lantik Prebekel Desa Angantaka

Badung – Meski ada gugatan terkait pemilihan prebekel (Pilkel) Desa Angantaka di Pengadilan Negeri (PN)...

Pelantikan Perbekel Terpilih se-Kabupaten Badung. (Foto: Istimewa)

26 Februari 2021, 19:20 WIB

Akulturasi Budaya dan Pariwisata Diplomasi, Potensi untuk Revitalisasi

Bali – Akulturasi budaya Bali dan China menjadi salah satu keunikan dimiliki Bali selama ini....

Indonesia Director Tourism Confucius Institute (TCI) Udayana University, I Made Sendra. (Foto: deliknews.com)

26 Februari 2021, 18:59 WIB

Wakil Bupati Barito Timur Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan DPC Partai Gerindra

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Wakil Bupati Barito Timur hadiri pelantikan dan pengukuhan Dewan Pimpinan...

26 Februari 2021, 17:24 WIB

loading...