SMAN 1 Padang Sambut Kujungan DPRD Sumut

  • Whatsapp

Padang, – SMAN 1 Padang menerima kunjungan Komisi E DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Kabid SMA Dinas Pendidikan Sumbar dalam rangka melihat pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada era new normal di SMAN 1 Padang, Kamis (25/3/21).

Ketua Komisi E DPRD Sumut, Dimas Tri Adji menyampaikan ingin melihat dan mengetahui semua hal berkaitan dengan pembelajaran tatap muka mulai dari usaha-usaha yang dilakukan oleh pemerintah daerah serta pihak terkait, persiapan, proses serta aturan pendukung.

Kemudian Kabid PSMA Dinas Pendidikan Sumbar, Suryanto, yang ikut mendampingi rombongan menyampaikan kebijakan pembelajaran tatap muka diawali dengan rapat koordinasi Gubernur dengan seluruh bupati walikota di Provinsi Sumatera Barat terkait dengan efektifitas pembelajaran daring dan persiapan pembelajaran tatap muka mulai dari kesiapan sekolah melaksanakan protokol kesehatan, dan kelengkapan sarana dan prasarana. 

Selanjutnya disampaikan Kepala SMAN 1 Padang, Nukman, bahwa menjelang diberlakukan pembelajaran tatap muka, maka seluruh guru dan staf sekolah melakukan PCR Swab test sebanyak lebih kurang 12 ribu se Sumatera Barat, dan difasilitasi oleh pemerintah.

Baca juga: Komite SMAN 2 Padang Apresisasi Keterbukaan Pengelolaan BOS

Sekolah hanya mengizinkan anak ikut pembelajaran tatap muka, apabila orang tua siswa mengizinkan melalui surat pernyataan kesediaan orang tua dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan menerapkan menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker.

Menurut Nukman, kesadaran siswa dalam menerapkan 3M ini selalu ditingkatkan dengan adanya satgas covid sekolah. Sistem pembelajaran di SMAN 1 Padang dilaksanakan dengan pola absen genap ganjil. Dimana pada saat siswa absen ganjil melaksanakan PBM tatap muka, maka siswa yang bernomor absen genap mengikuti PBM daring berupa webinar di rumah masing-masing dan untuk hari berikutnya terus bergantian.

Maksimal jumlah siswa di dalam kelas tatap muka berdasarkan peraturan dari dinas pendidikan adalah 18 orang. PBM tatap muka era new normal dilaksanakan mulai dari pukul 07.00 wib sd paling lama pukul 11.30 wib.

Kemudian Gubernur Sumatera Barat menyetujui pembelajaran tatap muka adalah adanya SKB 3 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Covid-19, dampak negatif belajar online yang terlalu lama, dan kesepakatan orang tua.

Sebagai sekolah unggulan di Sumatera Barat, SMAN 1 Padang merupakan salah satu sekolah yang menjadi barometer pelaksanaan pendidikan tidak hanya di Provinsi Sumatera Barat, tapi juga Provinsi lain di Indonesia.

Tidak hanya unggul di bidang prestasi, tata cara pelaksanaan PBM di SMAN 1 Padang juga menjadi acuan bagi sekolah lain baik dalam Provinsi maupun luar Provinsi. Khususnya pada era new normal, sesuai dengan kebijakan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, maka SMAN 1 Padang sudah memulai pembelajaran secara tatap muka dan daring untuk semester 2 sejak awal Januari 2021.

Disaat masih banyak daerah lain yang belum melaksanakan pembelajaran tatap muka, SMAN 1 Padang sudah dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik sampai dengan saat ini sesuai dengan aturan dan protokol kesehatan sehingga setelah 3 bulan berjalan, kekhawatiran akan adanya cluster sekolah penyebaran covid 19 di SMAN 1 Padang tidak terjadi. 

Hal ini ternyata menjadi salah satu kajian penting untuk dapat dibahas dan diadopsi oleh satuan pendidikan daerah lain yang belum melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Pos terkait

loading...