Internasional

Meksiko tolak tembok pembatas, Trump Murka

Pennsylvania – Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Sabtu, menolak permintaan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto –yang menurut Trump– Meksiko tidak mau membayar tembok perbatasan yang diusulkan Amerika Serikat.

Dalam sebuah kampanye di Pennsylvania Barat untuk seorang kandidat kongres dari Partai Republik, Trump menyampaikan sejumlah perincian tentang pembicaraan telepon yang tegang yang dia lakukan bulan lalu dengan Pena Nieto yang mengarah ke penundaan rencana untuk kunjungan pertama pemimpin Meksiko tersebut ke Gedung Putih.

Trump menyampaikan hak itu saat orang mulai meneriakkan “Bangunlah Tembok itu.” Trump menyebut Pena Nieto sebagai “pria yang sangat baik” yang membuatnya permintaannya dihormati.

“Dia berkata, ‘Pak Presiden, saya ingin Anda membuat pernyataan bahwa Meksiko tidak akan membayar untuk tembok itu, ‘”kata Trump.

“Saya berkata, ‘Apakah Anda gila? Saya tidak membuat pernyataan itu,'” kata Trump.

Ketika Pena Nieto berkata iya, Trump mengatakan bahwa dia mengatakan kepadanya, “Sampai jumpa, selamat tinggal. Tidak mungkin saya membuat kesepakatan itu. ” Pejabat di kantor Pena Nieto tidak segera menanggapi sebuah permintaan untuk mengomentari ucapan Trump.

Kunjungan pemimpin Meksiko ke Washington masih belum dilakukan penjadwalan ulang. Menantu dan penasihat senior Trump, Jared Kushner, pergi ke Mexico City minggu lalu untuk mencoba meredakan ketegangan.

Trump dijadwalkan untuk mengunjungi prototipe dari tembok yang telah lama direncanakan itu di daerah San Diego pada Selasa.

Tags