Selasa, 4 Desember 2018 - 22:01 WIB

Bantu Pencari Kerja, Pemkab Pasbar Gelar Pameran Bursa

Sumatera Barat, – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menggelar Bursa Pameran Kerja di halaman Kantor Bupati Pasbar. Bursa kerja berlangsung tanggal 4 s/d 5 Desember 2018. Pameran bursa kerja dibuka secara resmi oleh Bupati Pasbar, H. Syahiran.

Perusahaan yang membuka lapangan kerja dalam bursa kerja tersebut diantaranya PT. Gunung Sawit Abadi, PT. Agro Wira Ligatsa, PT. Bintara Tani Nusantara, PT. Toyota Intercom, PT. Toyota Auto 2000, SMS Multifinance, Mandala Finance, BAF Finance, FIF Finance, Dealer Honda Gajah Motor, Dealer Datsun, Rumah Sakit Yarsi Simpang Empat dan Mulia Printing.

Bupati Syahiran menyampaikan bahwa pameran bursa kerja yang diadakan adalah upaya dari pemerintah daerah dalam rangka mengurangi angka pengangguran di Pasaman Barat.

Dikatakan, angka pencari kerja di Pasbar masih tergolong sangat tinggi yakni pada angka 1.148 orang. Data tersebut merupakan data Dinas Tenaga Kerja Pasbar pada tahun 2018.

“Angka pencari kerja masih tinggi, pada Tahun 2018 sendiri tercatat 1.148 pencari kerja. Jika berkaca pada pendaftaran CPNS 2018 untuk Kabupaten Pasaman Barat, jumlah peserta mencapai 5000 orang,” jelas Syahiran didampingi Kadis Tenaga Kerja Pasbar Joko Santoso di arena Job Fair.

Oleh sebab itu, diteruskannya, upaya dalam pengentasan pengangguran akan terus ditingkatkan. Namun yang menjadi kendala terkadang adalah keahlian pencari kerja yang belum memenuhi kriteria perusahaan.

“Keahlian terkadang menjadi kendala bagi para pencari kerja. Untuk mengatasi hal itu, Pemkab Pasbar sudah berupaya membangun Balai Latihan Kerja di Kecamatan Luhak Nan Duo,” katanya.

Balai Latihan Kerja (BLK) yang dibangun oleh Pemkab Pasbar sudah rampung 90 persen dan akan beroperasi 2019 mendatang, kata Syahiran.

Katanya lagi, BLK merupakan harapan Pemkab Pasbar dalam menangani persoalan peningkatan keahlian tenaga kerja,” Insya Allah tahun 2019 mendatang akan mulai dibuka dalam rangka meningkatkan keahlian masyarakat dalam berbagai bidang,” tutur Syahiran.

Turut hadir, Kepala BNP2TKI Sumbar, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumbar, Para Asisten, Kepala OPD, kabag dan camat serta sejumlah perwakilan perusahaan yang ada di Pasbar.

Artikel ini telah dibaca 141 kali

loading...
Baca Lainnya

Ditinggal Pesawat, Konsumen Mengadu ke Presiden

Padang, – Salah satu konsumen dari anak perusahaan Garuda Indonesia Citilink, Ahmad Husein merasa dirugikan...

23 November 2020, 12:02 WIB

Ombudsman Apresiasi Sistem Penerimaan Polri di Polda Sumbar

Padang, – Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan wilayah Provinsi Sumatera Barat, mengapresiasi sistem Bersih, Transparan,...

19 November 2020, 11:20 WIB

Adakah Niat Bank Mandiri Bohongi Publik Soal e-Warong?

Pasaman, – Persoalan e-Warong di Kabupaten Pasaman sepertinya sangat disesalkan masyarakat khususnya perbedaan pernyataan Bank...

18 November 2020, 07:43 WIB

Disesalkan, Bank Mandiri Saling Tuding dengan Pemkab Pasaman

Pasaman, – Terkuaknya persoalan e-Warong di Kabupaten Pasaman sepertinya sangat disesalkan masyarakat khususnya ketidak sejalanan...

Foto Kepala Dinas Sosial Pemkab Pasaman Amdarisman dan Cluster Manajer Bank Mandiri Cabang Pasaman Dodi.

17 November 2020, 07:40 WIB

Warga Pasaman Minta Pemkab Kembalikan Hak e-Warong

Pasaman, – Banyak masyarakat Pasaman yang memiliki usaha gilingan padi sekaligus menjual beras merasa rugi...

3 November 2020, 16:06 WIB

Pemkab Pasaman Bantah Pernyataan Bank Mandiri

Pasaman, – Pemkab Pasaman melalui Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Pasaman Amdarisman membantah pernyataan Bank...

Kepala Dinsos Pemkab Pasaman Amdarisman saat jumpa pers, Selasa (12/5/20).

2 November 2020, 20:04 WIB

loading...