Rabu, 26 Desember 2018 - 12:55 WIB

Pastikan Natal 2018 Kondusif, Kapolres Ciamis Terjun Langsung Pantau Gereja

CIAMIS – Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso bersama Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio memantau Perayaan Natal di sejumlah gereja yang ada di Kabupaten Ciamis dan Pangandaran.

Pantauan wartawan di lapangan, Kapolres terjun langsung ke Gereja Kristen Indonesia (GKI) Ciamis, Gereja Katholik Santo Yohanes Pembaptis dan Gereja Patekosta Ciamis, Selasa (25/12/2018).

Bahkan sejak Senin (24/12) atau menjelang Misa Natal, orang nomor satu di Polres Ciamis Polda Jawa Barat ini juga melakukan pemantauan keamanan langsung ke gereja-gereja dan tempat ibadah umat nasrani.

Mulai dari Gereja Bethel Indonesia di Banjarsari, Gereja Bethel Indonesia di Panajung Pangandaran dan rumah ibadah di Kalipucang.

“Kita lakukan pemantauan pengamanan sebagai upaya menjaga serta memelihara kondusifitas,” ujar Kapolres, Selasa (25/12) malam.

Lulusan Terbaik Akpol 2001 ini menambahkan, pemantauan pengamanan terus dilakukan agar jemaat nasrani yang ingin melakukan ibadah Natal merasa aman dan nyaman.

“Disamping untuk menjaga situasi tetap kondusif, pengamanan juga dimaksud agar umat nasrani tenang dalam beribadah,” terangnya.

Selain menempatkan petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan beberapa instansi pemerintahan serta ormas di tiap gereja yang digunakan untuk perayaan Natal, Polres Ciamis juga menurunkan petugas patroli yang akan memantau keadaan di seluruh wilayah Ciamis dan Pangandaran.

“Setiap gereja di Ciamis dan Pangandaran akan dijaga 10 hingga 15 personel berikut petugas patrol. Jumlah petugas pengamanan keseluruhan mencapai 1200 personil,” urai Kapolres.

Bahkan sebelumnya Polres Ciamis telah melakukan sterilisasi seluruh gereja dengan melibatkan Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Brimob Polda Jawa Barat.

“Kita pastikan bahwa Perayaan Natal Tahun 2018 dalam keadaan aman dan kondusif, sehingga umat Kristiani bisa khidmat dalam melaksanakan Ibadah. Lebih dari itu, kondusifitas di wilayah Ciamis dan Pangandaran saat Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019 tetap terjaga,” pungkasnya.

 

Artikel ini telah dibaca 7206 kali

loading...
Baca Lainnya

Otsus Jilid 2 Dorong Kemajuan Milenial Papua

Oleh : Sabby Kossay Otonomi khusus jilid 2 didukung penuh oleh mahasiswa dan pemuda Papua,...

21 September 2020, 14:28 WIB

RUU Cipta Kerja Jadi Penyelamat Ekonomi

Oleh : Edi Jatmiko Pandemi covid-19 menghantam perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Agar tak terjadi krisis,...

21 September 2020, 00:51 WIB

Bahaya Covid-19 masih Mengintai, Perketat Protokol Kesehatan

Oleh : Reza Pahlevi Pandemi Covid-19 belum berakhir meski sebelumnya Indonesia sempat mengalami pelandaian kasus....

21 September 2020, 00:37 WIB

Ikatan Keluarga Santri Depok (IKSD) Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Depok 1

Enam rumah permanen terbakar di Jalan Jambu VII, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, pada...

20 September 2020, 18:48 WIB

Omnibus Law Cipta Kerja Memberikan Kemudahan Peluang Usaha

Oleh : Intan Prameswari Makin banyak orang yang ingin membuka bisnis baru, namun sayangnya tebentur...

19 September 2020, 23:32 WIB

Strategi ‘Rem dan Gas’ Seimbangkan Fokus Kesehatan dan Ekonomi di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Oleh: Muhammad Sidiq (Ketua Gerakan Literasi Terbit Regional Kota Bandung) Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan...

19 September 2020, 22:44 WIB

loading...