Rabu, 26 Desember 2018 - 12:55 WIB

Pastikan Natal 2018 Kondusif, Kapolres Ciamis Terjun Langsung Pantau Gereja

CIAMIS – Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso bersama Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio memantau Perayaan Natal di sejumlah gereja yang ada di Kabupaten Ciamis dan Pangandaran.

Pantauan wartawan di lapangan, Kapolres terjun langsung ke Gereja Kristen Indonesia (GKI) Ciamis, Gereja Katholik Santo Yohanes Pembaptis dan Gereja Patekosta Ciamis, Selasa (25/12/2018).

Bahkan sejak Senin (24/12) atau menjelang Misa Natal, orang nomor satu di Polres Ciamis Polda Jawa Barat ini juga melakukan pemantauan keamanan langsung ke gereja-gereja dan tempat ibadah umat nasrani.

Mulai dari Gereja Bethel Indonesia di Banjarsari, Gereja Bethel Indonesia di Panajung Pangandaran dan rumah ibadah di Kalipucang.

“Kita lakukan pemantauan pengamanan sebagai upaya menjaga serta memelihara kondusifitas,” ujar Kapolres, Selasa (25/12) malam.

Lulusan Terbaik Akpol 2001 ini menambahkan, pemantauan pengamanan terus dilakukan agar jemaat nasrani yang ingin melakukan ibadah Natal merasa aman dan nyaman.

“Disamping untuk menjaga situasi tetap kondusif, pengamanan juga dimaksud agar umat nasrani tenang dalam beribadah,” terangnya.

Selain menempatkan petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan beberapa instansi pemerintahan serta ormas di tiap gereja yang digunakan untuk perayaan Natal, Polres Ciamis juga menurunkan petugas patroli yang akan memantau keadaan di seluruh wilayah Ciamis dan Pangandaran.

“Setiap gereja di Ciamis dan Pangandaran akan dijaga 10 hingga 15 personel berikut petugas patrol. Jumlah petugas pengamanan keseluruhan mencapai 1200 personil,” urai Kapolres.

Bahkan sebelumnya Polres Ciamis telah melakukan sterilisasi seluruh gereja dengan melibatkan Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Brimob Polda Jawa Barat.

“Kita pastikan bahwa Perayaan Natal Tahun 2018 dalam keadaan aman dan kondusif, sehingga umat Kristiani bisa khidmat dalam melaksanakan Ibadah. Lebih dari itu, kondusifitas di wilayah Ciamis dan Pangandaran saat Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019 tetap terjaga,” pungkasnya.

 

Artikel ini telah dibaca 2046 kali

loading...
Baca Lainnya

Masyarakat Harus Disiplin Protokol Kesehatan Menuju New Normal

Oleh : Edi Jatmiko Era new normal yang baru dibuka sebulan ini membuat kita boleh...

8 Juli 2020, 22:58 WIB

Menteri KKP Berangkatkan Ekspor Ke 90 Dari PT. Kirana Food

Tuban – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo, memberangkatkan ekspor olahan ikan laut ke...

8 Juli 2020, 21:14 WIB

Mendukung Pengamalan dan Penguatan Ideologi Pancasila

Oleh : Alfisyah Kumalasari Pancasila sebagai ideologi bangsa sudah seharusnya diamalkan oleh seluruh pihak. Jadi...

8 Juli 2020, 17:17 WIB

Waspada Radikalisme di Media Sosial

oleh : Panji Saputra Media sosial adalah tempat untuk bersosialisasi di dunia maya dan kadang...

7 Juli 2020, 22:41 WIB

Ketua Gustu Nasional Puji Maluku Utara Tangani Covid-19

TERNATE – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Gugus Tugas Nasional) Doni Monardo mengapresiasi langkah-langkah...

7 Juli 2020, 15:53 WIB

Antisipasi Karhutla, Inilah Langkah Sigap Polres Majalengka

MAJALENGKA – Polres Majalengka Polda Jawa Barat melakukan sejumlah antisipasi untuk menanggulangi bencana kebakaran hutan...

6 Juli 2020, 23:12 WIB

loading...