Selasa, 12 Februari 2019 - 16:13 WIB

Kerjasama dengan Pemda, Politeknik Bakal Buka di Pasaman

Pasaman, – Pemerintah Kabupaten Pasaman bekerjasama dengan Politeknik Negeri Padang (PNP) menjajaki kerjasama pembukaan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) di Lubuk Sikaping.

Kerjasama tersebut direncanakan akan membuka 2 Program Studi yaitu Prodi Teknik Sipil dan Prodi Akuntansi.

Upaya mempercepat proses tersebut Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP) Surfa Yondri didampingi oleh Ketua Senat dan beberapa orang ketua jurusan serta staf lainnya mengunjungi Pasaman tanggal 11-12 Februari 2019.

Dihadapan Bupati, Wakil Bupati Pasaman, Staf Ahli, Asisten Setda, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman dan Kepala Bagian dilingkungan Sekreatriat Daerah, Surfa Yondri mempresentasikan visi misi Politeknik Negeri Padang dan rencana pembukaan kelas jauh di Pasaman.

“Politeknik Negeri Padang  (PNP) berdiri tahun 1985 dan mulai menerima mahasiswa tahun 1987 dengan nama Politeknik Enggineering Universitas Andalas. Pada tahun 2014 resmi berdiri sendiri dengan nama  Politeknik Negeri Padang  (PNP), dimana sebelumnya dibawah binaan Universitas Andalas” ujar Surfa Yondri dikutip dari Diskominfo Pemkab Pasaman.

Dia menambahkan sesuai ketentuan, Politeknik Negeri Padang  (PNP) diperbolehkan membuka Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) sebagaimana telah kami lakukan sebelumnya di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Bupati Pasaman dalam arahannya mengatakan, “kita menyadari bahwa tidak semua masyarakat mampu untuk mengirim anaknya kuliah di Padang. Pembukaan kelas jauh Politeknik Negeri Padang di Lubuk Sikaping salah satu upaya Pemerintah mendekatkan pelayanan Pendidikan Tinggi Negeri kepada masyarakat, terutama bagi anak-anak pintar yang mempunyai tingkat ekonomi relatif kurang mampu”, ujar H. Yusuf Lubis.

Dia menambahkan, tahun pelajaran 2019 ini ia berharap kelas jauh ini telah terwujud dan sudah bisa menerima mahasiswa baru. Untuk mengkoordinasikan dan mempercepat prosesnya saya tunjuk wakil Bupati Pasaman sebagai koordinatornya.

Berdasarkan petunjuk Bupati, H. Atos Pratama langsung tancap gas bersama rombongan dari  Politeknik Negeri Padang  (PNP) dan  asisten I serta  OPD terkait , melakukan tinjauan lapangan rencana gedung tempat belajar dan fasilitas pendukung.

“Kita punya beberapa alternatif lokasi gedung tempat kuliah, pilihan pertama gedung bekas kantor Dinas Perkebunan, pilihan kedua gedung SKB, pilihan ketiga gedung UPT Balai Latihan Kerja (BLK)”, kata Wakil Bupati.

“Dari beberapa tempat yang kita tinjau, gedung UPT Balai Latihan Kerja (BLK)yang cukup memadai dan relatif memenuhi syarat. Hal ini didukung oleh peralatan dan perlengakapan serta workshop yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses praktek mahasiswa, karena konsep perkuliahan di politeknik 40% teori dan 60% praktek”, ujar  H. Atos Pratama.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 845 kali

loading...
Baca Lainnya

Ini Tata Letak Posisi Paslon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman secara resmi mengumumkan Penetapan Tata Letak Posisi Pasangan Calon...

24 September 2020, 16:12 WIB

Do’a Nasrul Abit Atas Tudingan Ijazah Palsu

Sumbar, – Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang saat ini mengikuti Pilkada Sumbar sebagai calon...

Nasrul Abit di Wamena Papua bersama warga asal Sumbar

23 September 2020, 07:25 WIB

Jalin Kerjasama, Keberhasilan Kota Pariaman Dicontoh Pemkab Pasaman

Sumbar, – Dalam rangka meningkatkan kinerja dan prekonomian daerah tidak terlepas juga dari kerjasama antar...

Bupati Pasaman Yusuf Lubis dan Wali Kota Pariaman Genius Umar bersama rombongan di Balerong Pusako Anak Nagari, Senin (21/9/20).

21 September 2020, 12:29 WIB

Perda Sah, Pelanggar Prokes Bakal Disanksi

Sumbar, – Dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 DPRD Sumbar telah mensahkan Ranperda Adaptasi Kebiasaan Baru...

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto

16 September 2020, 10:10 WIB

Kampanye Kolom Kosong Jadi Polemik, Ini Kata Bawaslu Pasaman

Pasaman, – Hangatnya perbincangan masyarakat Pasaman soal Pilkada Pasaman tahun 2020, disebabkan hanya ada satu...

Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita. Sumber: Facebook Bawaslu Pasaman

16 September 2020, 07:34 WIB

Kadis Kesehatan Enggan Komentar Soal Uang Titipan di RSJ Prof. HB. Saanin Padang

Padang, – Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumbar Arry Yuswandi enggan komentar ketika dikonfirmasi soal adanya...

Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang

15 September 2020, 20:02 WIB

loading...