Selasa, 19 Maret 2019 - 19:14 WIB

Pasbar Ikuti Penilaian Lomba 10 Program PKK Tingkat Sumbar

Pasaman Barat, – Empat Kelompok Kerja (Pokja) PKK Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dinilai oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Sumbar Selasa (19/3) pada beberapa wilayah di Pasbar. Penilaian tersebut merupakan penilaian 10 program pokok PKK di bumi penghasil sawit tersebut.

Tim penilaian penggerak PKK Provinsi SumbarĀ  diketuai oleh Wartawati Nasrul Abit dan 12 anggota PKK yang tersebar di 4 (empat) Pokja. Pokja 1 (satu) dengan pola asuh anak di Nagari Aia Gadang, Pokja 2 (dua) tentang upaya peningkatan pendapatan keluarga di Nagari Parik, Pokja 3 (tiga) Halaman Asri dan Nyaman (Hatinya PKK) di Nagari Koto Baru Jorong Mahakarya, dan Pokja 4 (empat) dengan Pemeriksaan Iva test di Kecamatan Pasaman.

Hadir dalam penilaian tersebut Anggota DPRD Pasbar Hj. Yunisra Syahiran dan anggota PKK Pasbar.

Menurut Wali Nagari Koto Baru Zulpiyan, Kecamatan Luhak Nan Duo Nagari Koto Baru merupakan nagari yang sering mengikuti berbagai lomba. Artinya masyarakat setempat terbiasa hidup kompak dan mau diajak untuk bekerjasama sama dalam sebuah tim.

“Seperti penilaian 10 (sepuluh) Program Pokok PKK tingkat Sumbar ini. Kita pernah menjuarai lomba pemberdayaan masyarakat dalam penggunaan dana desa. Nagari ini sudah teruji eksistensinya. Nagari Koto Baru yang merupakan pemasok sayur di Pasbar ini akan terus kita pertahankan ke depan,”papar Zulpiyan.

Sementara itu, Ketua Harian PKK Pasbar Tantri mengatakan kunjungan tersebut merupakan pembinaan dari Kelompok Kerja PKK Provinsi Sumbar. Selain itu, perlombaan 10 program pokok PKK ini merupakan salah satu penjabaran dari rutinitas PKK selama ini.

“Program yang sudah kita integrasikan selama ini di berbagai lini kehidupan sudah berjalan dengan baik. Program yang kita prioritas selama ini berjalan dengan rencana, seperti pemanfaatan pekarangan rumah, pola asuh di dalam keluarga, program kesehatan seperti Iva Test. Bukan itu saja, program PKK yang menambah pendapatan keluarga juga sudah berjalan selama ini,”jelas Tantri.

Ketua Harian PKK Pasbar juga berharap dengan adanya pembinaan secara berkelanjutan dari PKK Provinsi Sumbar bisa menambah semangat bagi masyarakat Pasbar untuk terus mengembangkan 10 program pokok PKK. Integrasi yang sudah berjalan selama ini akan terus dipertahankan dan dikembangkan.

“Semua kader PKK yang sudah berjuang untuk menjalankan program PKK ini membuahkan hasil. Tentunya kita akan terus saling dukung mendukung dalam menjalankan program pokok PKK. Tanpa semangat tentunya kegiatan kita tidak berjalan sesuai dengan rencana,”jelas Tantri.

Ketua Harian PKK Provinsi Sumbar Wartawati Nasrul Abit selaku ketua tim penilaian pada saat itu disambut ibuk Bupati Pasbar Hj. Yunisra Syahiran di rumah dinas dan didampingi langsung untuk meninjau dan melakukan penilaian ke Pokja 3 Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo.

Wartawati Nasrul Abit menyampaikan tim penilaian 10 program pokok PKK yang datang ke Pasbar sebanyak 12 orang dan menyebar di 4 Pokja yang dinilai. Penilaian 10 program pokok PKK tersebut dimulai dari penilaian tertib administrasi, kesesuaian data dan fakta lapangan.

“Sehingga kita bisa mendapatkan hasil penilaian yang memuaskan. Kegiatan ini merupakan reward kepada daerah yang bersungguh-sungguh dalam menjalankan program pokok PKK. Tentunya kita berharap Pasbar bisa keluar sebagai pemenang dan mendapatkan kesempatan mewakili Sumbar ke tingkat Nasional,”kata Wartawati Nasrul Abit.

Selain itu, Wartawati menilai PKK harus bisa kreatif dalam menjalankan program PKK. Salah satunya dengan memanfaatkan dana desa sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Karena, pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu dari tujuan dana desa tersebut.

Artikel ini telah dibaca 936 kali

loading...
Baca Lainnya

Do’a Nasrul Abit Atas Tudingan Ijazah Palsu

Sumbar, – Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang saat ini mengikuti Pilkada Sumbar sebagai calon...

Nasrul Abit di Wamena Papua bersama warga asal Sumbar

23 September 2020, 07:25 WIB

Jalin Kerjasama, Keberhasilan Kota Pariaman Dicontoh Pemkab Pasaman

Sumbar, – Dalam rangka meningkatkan kinerja dan prekonomian daerah tidak terlepas juga dari kerjasama antar...

Bupati Pasaman Yusuf Lubis dan Wali Kota Pariaman Genius Umar bersama rombongan di Balerong Pusako Anak Nagari, Senin (21/9/20).

21 September 2020, 12:29 WIB

Perda Sah, Pelanggar Prokes Bakal Disanksi

Sumbar, – Dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 DPRD Sumbar telah mensahkan Ranperda Adaptasi Kebiasaan Baru...

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto

16 September 2020, 10:10 WIB

Kampanye Kolom Kosong Jadi Polemik, Ini Kata Bawaslu Pasaman

Pasaman, – Hangatnya perbincangan masyarakat Pasaman soal Pilkada Pasaman tahun 2020, disebabkan hanya ada satu...

Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita. Sumber: Facebook Bawaslu Pasaman

16 September 2020, 07:34 WIB

Kadis Kesehatan Enggan Komentar Soal Uang Titipan di RSJ Prof. HB. Saanin Padang

Padang, – Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumbar Arry Yuswandi enggan komentar ketika dikonfirmasi soal adanya...

Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang

15 September 2020, 20:02 WIB

Fopbindo Dukung Fachrul Razi Minta Presiden Tunda Pilkada

Sumbar, – DPD LSM Forum Peduli Bangsa Indonesia (Fopbindo) Sumatera Barat mendukung penuh Ketua Komite...

Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi

13 September 2020, 07:12 WIB

loading...