Rabu, 20 Maret 2019 - 10:34 WIB

Korea Siap Investasi Kenaf di Pasbar

Pasaman Barat, – Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dilirik oleh investor dari Negara Korea untuk menanam Kenaf di wilayah penghasil sawit tersebut. Tanaman sejuta manfaat tersebut siap untuk mendukung perekonomian masyarakat Pasbar. Pasalnya, seluruh tanaman itu berguna mulai dari akar hingga daun.

Kunjungan investor tersebut disambut oleh Wakil Bupati Pasbar Yulianto bersama dengan Ketua GOW Sifrowati Yulianto dikediaman beliau pada Rabu (20/3).

Kunjungan itu diketuai oleh Mr. Myungwan Shing bersama beberapa anggota yang didampingi oleh Apriadi Lubis salah seorang putra Pasbar.

Menurut Yulianto, Pasbar memang memiliki lahan yang subur, malah ada satu wilayah di Pasbar memiliki kualitas tanah terbaik di dunia. Jika ada investor yang ingin berinvestasi di Pasbar boleh saja. Asal apa yang dilakukan oleh investor itu bermanfaat bagi masyarakat banyak.

“Atas nama Pemerintah Daerah, kami siap memfasilitasi dan menerima investor di Pasbar. Dengan catatan investasi tersebut memang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelas Yulianto.

Selain itu, papar Yulianto apa yang dilakukan oleh investor juga harus berdasarkan peninjauan lapangan. Karena, Pasbar sudah dipenuhi oleh perkebunan sawit.

“Dari penjelasan Bapak semua, wilayah kami sudah dipenuhi oleh sawit dan pada umumnya lahan juga milik masyarakat. Kalau menanam tanaman lagi, diharapkan tanaman tersebut bisa berinteraksi dengan tanaman lainnya,” katanya.

Tidak hanya itu saja, jelas Yulianto, investor juga diharapkan memahami kondisi masyarakat Pasbar. Karena, masyarakat Pasbar adalah masyarakat Multi Etnis yang terdiri dari tiga etnis yakni Minangkabau Mandailing dan Jawa.

Sementara itu, Mr. Myungwan Shing memaparkan jika tanaman Kenaf tidak membutuhkan lahan yang terlalu subur. Sebab, tanaman tersebut tidak jauh berbeda dengan tanaman ubi.

“Yang menonjol sekali dari tanaman Kenaf ini adalah manfaatnya. Tanaman Kenaf, bermanfaat seluruh strukturnya. Bisa dibuat obatan, masker, dan sejuta manfaat lainnya. Selain itu, tanaman ini juga cepat panen yakni sekali empat bulan panen,” jelas Mr. Myungwan Shing.

Mr. Myungwan Shing menambahkan, kerjasama tanaman Kenaf ini sudah dimulai penjajakan dari Kabupaten Pasaman. Dipilihnya kedua wilayah ini karena lahannya masih luas.

“Di Kabupaten Pasaman kami sudah melakukana penandatanganan MoU. Sekarang kami ingin melakukan hal yang sama dengan Pasbar,” tutup Mr. Myungwan Shing.

Artikel ini telah dibaca 901 kali

loading...
Baca Lainnya

Perda Sah, Pelanggar Prokes Bakal Disanksi

Sumbar, – Dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 DPRD Sumbar telah mensahkan Ranperda Adaptasi Kebiasaan Baru...

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto

16 September 2020, 10:10 WIB

Kadis Kesehatan Enggan Komentar Soal Uang Titipan di RSJ Prof. HB. Saanin Padang

Padang, – Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumbar Arry Yuswandi enggan komentar ketika dikonfirmasi soal adanya...

Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang

15 September 2020, 20:02 WIB

Fopbindo Dukung Fachrul Razi Minta Presiden Tunda Pilkada

Sumbar, – DPD LSM Forum Peduli Bangsa Indonesia (Fopbindo) Sumatera Barat mendukung penuh Ketua Komite...

Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi

13 September 2020, 07:12 WIB

Warga Sumbar dan Uni Puan, Mari Kita Saling Memaafkan

Oleh: Darlinsah, SH (Wartawan Muda Sumatera Barat) Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Saya selaku masyarakat asli Sumatera...

Ketua DPR RI Puan Maharani

9 September 2020, 07:55 WIB

Kapolda Sumbar Perintahkan Kapolres Petakan Potensi Kerawanan Pilkada

Tanah Datar, – Polda Sumatera Barat kembali melaksanakan Gelar Operasional (GO) dan pembinaan dalam rangka...

9 September 2020, 07:46 WIB

Ketua DPP LSM Fopbindo Apresiasi Kinerja Polda Sumbar

Dewan Pengurus Pusat LSM Forum Peduli Bangsa Indonesia (DPP LSM Fopbindo) melalui Ketua DPD Sumbar...

4 September 2020, 08:03 WIB

loading...