Minggu, 26 Mei 2019 - 23:58 WIB

Kampung Penyu Maligi, Ratusan Tukik Dilepas Ke Habitatnya

Pasaman Barat, – Gabungan aktifis, pencinta alam dan kumpulan fotografer serta perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat melakukan giat pelepasan perdana anak penyu/tukik di konservasi penyu Pantai Indah Maligi kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Minggu sore (26/5).

Kegiatan perdana pelepasan anak penyu ini menjadi momentum awal pengenalan ke publik bahwa di Kabupaten Pasaman Barat tepatnya di Pantai Indah Maligi sudah terdapat komunitas pencinta lingkungan yang tergabung dalam MRPB Peduli yang digagas oleh warga setempat, Surya dan kawan-kawan.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Camat Ranah Pasisie, Fauziah Zein didampingi Kabag Humas Yosmar Difia.

Dalam sambutannya, Camat Sasak Ranah Pasisie menyampaikan rasa apresiasi mendalam atas insiatif serta kegigihan Surya dan kawan-kawan dari komonitas pemuda Pandah Artgreen Nagari Maligi dalam merintis serta melestarikan budidaya penyu di Pasaman Barat.

“Konservasi penyu di Maligi ini adalah konservasi pertama yang terdapat di Pasaman Barat, semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi sebuah acuan bagi pemuda-pemudi lainnya di Pasaman Barat dalam melestarikan alam kita, khususnya di sepanjang pesisir pantai Pasaman Barat. “Ujar buk camat yang akrab dipanggil buk Ezy ini.

Dalam lanjutan sambutannya Camat juga mengharapkan konservasi penyu di Maligi ini dapat dikenal luas bukan hanya wilayah Pasaman Barat saja tapi bisa dikenal di seantero dalam dan luar negeri.

“Dengan adanya komunitas fotografi yang datang hari ini, kita harapkan dapat menyebarluaskan destinasi wisata yang ada di Maligi ini.” Pungkas Ezy.

Sementara itu ketua MRPB Peduli, Decky Harmiko Sahputra menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan perdana pelepasan anak penyu ini dan dihadiri oleh berbagai elemen serta komunitas.

“Kami bangga atas kegiatan ini, insyaallah kedepannya akan kita benahi secara bersama-sama tempat penangkaran penyu Maligi ini, khusus buat rekan-rekan fotografer yang datang, bantu promosikan konservasi ini dengan mengajak teman fotografer lainnya datang ke Maligi. Kedepannya kita secara bersama-sama menginginkan adanya kegiatan lomba fotografi tingkat nasional maupun internasional dengan mengambil latar keindahan alam Maligi terkhusus konservasi penyu ini. Bersama kita bisa.”Pungkas Decky.

Pasca kegiatan pelepasan anak penyu ini dilanjutkan dengan acara buka bersama serta diskusi lepas dengan tema memajukan konservasi penyu ini kedepannya.

Artikel ini telah dibaca 903 kali

loading...
Baca Lainnya

Ini Tata Letak Posisi Paslon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman secara resmi mengumumkan Penetapan Tata Letak Posisi Pasangan Calon...

24 September 2020, 16:12 WIB

Do’a Nasrul Abit Atas Tudingan Ijazah Palsu

Sumbar, – Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang saat ini mengikuti Pilkada Sumbar sebagai calon...

Nasrul Abit di Wamena Papua bersama warga asal Sumbar

23 September 2020, 07:25 WIB

Jalin Kerjasama, Keberhasilan Kota Pariaman Dicontoh Pemkab Pasaman

Sumbar, – Dalam rangka meningkatkan kinerja dan prekonomian daerah tidak terlepas juga dari kerjasama antar...

Bupati Pasaman Yusuf Lubis dan Wali Kota Pariaman Genius Umar bersama rombongan di Balerong Pusako Anak Nagari, Senin (21/9/20).

21 September 2020, 12:29 WIB

Perda Sah, Pelanggar Prokes Bakal Disanksi

Sumbar, – Dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 DPRD Sumbar telah mensahkan Ranperda Adaptasi Kebiasaan Baru...

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto

16 September 2020, 10:10 WIB

Kampanye Kolom Kosong Jadi Polemik, Ini Kata Bawaslu Pasaman

Pasaman, – Hangatnya perbincangan masyarakat Pasaman soal Pilkada Pasaman tahun 2020, disebabkan hanya ada satu...

Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita. Sumber: Facebook Bawaslu Pasaman

16 September 2020, 07:34 WIB

Kadis Kesehatan Enggan Komentar Soal Uang Titipan di RSJ Prof. HB. Saanin Padang

Padang, – Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumbar Arry Yuswandi enggan komentar ketika dikonfirmasi soal adanya...

Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang

15 September 2020, 20:02 WIB

loading...