Pasaman, – Istri Gubernur Sumatera Barat Hj. Ny Nevi Zuairina Irwan Prayitno prihatin melihat kondisi anak zaman sekarang yang banyak terpengaruh game online. Untuk itu, ia akan membuat sudut baca disetiap Kecamatan. Hal ini disampaikannya saat meresmikan Perpustakaan Ashabul Kahfi binaa “Sudut Baca Nevi Zuairina” di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman, Senin (17/6).

“Gerakan gemar membaca sudah kita mulai, kita berencana mendirikan sudut baca Hj. Nevi Zuairina disetiap kecamatan yang ada di Pasaman,” kata Nevi Zuairina.

Menurut Nevi Zuairina, dizaman gadget ini anak-anak remaja lebih cenderung menghabiskan waktu dengan bermain game online, sehingga banyak yang lupa dengan kewajiban belajar. Kondisi seperti ini harus kita ubah, kita ingin anak-anak lebih banyak memanfaatkan waktu untuk membaca buku.

Semoga dengan didirikannya sudut baca akan berdampak positif untuk mencerdaskan semua elemen masyarakat dengan gerakan gemar membaca khususnya anak-anak dalam meningkatkan minat baca.

“Bagi anak rajin membaca banyak hal positif yang akan ia dapat seperti, mempermudah belajar anak, perkembangan otak dengan baik, memiliki percaya diri dan sikap mandiri yang baik, membentuk kepribadian dan kemampuan berbahasa anak bukan hanya dilihat dari kemampuan bicara, namun juga menulis, mengeja dan memilih kata-kata yang tepat. Semakin rajin membaca, kemampuan berbahasa anak akan lebih baik dan ini akan mendukung performa anak ketika dewasa,” tambah Nevi Zuairina.

Selain itu, anak rajin membaca juga memiliki kreativitas dan daya imajinasi yang baik. Semakin beragam buku pengetahuan yang dibaca anak akan memperkaya pengetahuan dan mengasah kemampuan.

Hal senada disampaikan Bupati Pasaman diwakili Kabid Dikdas Ahdi Susanto mengatakan bahwa perpustakaan merupakan jantung sistem sosial yang berada di tengah masyarakat.

Hadir dikegiatan ini, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan, Kadis Pendidikan, Kepala Badan Kepegawaian (BKD), Kadis Kehutanan Provinsi, Ketua MKKS SMA, SMK Pasaman, dan Duta Baca Provinsi Sumatera Barat. Turut hadir Bupati Pasaman diwakili Kabid Dikdas, serta beberapa OPD dari Pemda Pasaman.

(Darlin)