Kamis, 27 Juni 2019 - 14:20 WIB

Komisi B DPRD Pasaman Kunker Ke Riau Tingkatkan Pangan dan Perikanan

Pasaman, – Komisi B DPRD Kabupaten Pasaman melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Dinas Perikanan Kabupaten Kampar dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Kamis 27/6).

Kunker kali ini merupakan upaya DPRD Kabupaten Pasaman bersama Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman dalam meningkatkan potensi ketahanan pangan dan perikanan di Kabupaten Pasaman.

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua dan rombongan komisi B DPRD Pasaman bersma Plt. Kadis Perikanan Pasaman Dwi Richie, S.Pi, M.Si.

Rombongan disambut baik oleh Kadis Perikanan Kabupaten Kampar Ir. Usman Amin dan Sekretaris Dinas Perikanan Kampar, H. Zulfahmi. Kemudian di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau diterima oleh Kasi Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Elyan Buzra.

Hal ini dibenarkan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Pasaman Mukhrizal, SH yang juga hadir langsung pada kegiatan tersebut.

Menurut Mukhrizal, beras yang ada di Kabupaten Pasaman cukup mendapat tempat dihati masyarakat Riau, namun kemungkinan karena ulah pedagang Riau di pasar yang mencampur dengan beras kualitas rendah sehingga beras Pasaman menjadi jatuh dan peminatnya jadi berkurang.

“Kedepan ini harus menjadi perhatian Pemda Pasaman dicari sebab dan dicari solusi terbaiknya sehingga beras Pasaman menjadi termasyhur kembali dan permintaan meningkat yang akhirnya akan meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Pasaman,” terang Mukhrizal.

Kemudian Kunker ini juga upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas benih ikan khususnya dareah Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman, tutup Mukhrizal.

Sementera Kadis Perikanan Kabupaten Kampar Ir. Usman Amin saat memaparkan bagaimana kondisi perikanan Kabupaten Kampat, menyebutkan bahwa Kabupaten Kampar memiliki potensi perikanan yaitu ikan patin.

“Untuk memenuhi kebutuhan pasar tentu tergantung pada bibit dan pakan ikan yang baik. Sehingga produksi ikan yang dihasilkan bisa menembus pasar nasional maupun internasional,’’ sebut Ir. Usman Amin.

Produksi ikan Kampar sekarang merajai suplai untuk Provinsi Riau adalah keterbatasan pasar. Untuk produksi, potensi pengembangan masih sangat besar. Produksi stagnan karena pembudidaya menahan produksi untuk menjaga harga ikan di pasar.

“Selama ini, produksi ikan seperti ikan patin hanya dijual sebagai produk segar, sisanya dibuat ikan salai. Maka tidak ada lagi penampung kelebihan produksi. Kehadiran gudang beku terintegrasi/ Integrate cold storage (ICS) menjadi harapan besar bagi masyarakat budidaya ikan air tawar di Kabupaten Kampar,” ungkapnya.

Hasil koordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau sudah ada kerjasama dengan daerah Kabupaten Pasaman dalam hal pangan dan perikanan melalui gapoktan Kabupaten Pasaman dan masyarakat petani perikan telah saling memenuhi kebutuhan masing – masing daerah.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 755 kali

loading...
Baca Lainnya

Sabar AS Canangkan Ide Paket Wisata Terpadu Pasaman

Pasaman, – Wakil Bupati Pasaman terpilih Sabar AS mencanangkan ide wisata terpadu Pasaman. Hal itu...

Sabar AS mengunjungi Objek Wisata Bukik Komoyen Tapus, Rabu (13/1/21).

25 Januari 2021, 07:14 WIB

Mendikbud Apresiasi Gerak Cepat Pemda Soal Kasus SMKN 2 Padang

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim mengapresiasi gerak cepat Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat...

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim. /Dok. Humas Kemendikbud RI.

24 Januari 2021, 14:23 WIB

Siswi Non-muslim Diminta Berjilbab, Kadisdik Sumbar Langsung Tegas Merespon

Padang, – Viralnya pemberitaan siswi non-muslim SMKN 2 Padang diminta pakai jilbab, langsung direspon serius...

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri didampingi Kepala SMKN 2 Padang Rusmadi, saat jumpa pers di Padang, Jumat (22/1/21).

22 Januari 2021, 23:43 WIB

Jual Narkoba Jenis Sabu, Mantan Kades di Pali Ditembak Mati

Palembang, Sumsel, deliknews – Uladi Sastra (43) merupakan mantan kades di Kabupaten Pali yang ditembak...

21 Januari 2021, 18:18 WIB

Kadis Kominfo Pasaman Tuding Kabag Hukum Tak Tahu Teknologi

Pasaman, – Kadis Kominfo Pasaman angkat bicara terkait pernyataan Kabag Hukum Pemkab Pasaman menyebutkan bahwa...

Kadis Kominfo Pasaman William Hutabarat

21 Januari 2021, 17:02 WIB

Pemkab Pasaman Tak Tampilkan Produk Hukum Penanganan Covid-19 di Website jdih.pasamankab.go.id

Pasaman, – Berdasarkan pantauan Deliknews.com pada (20/1/21) peraturan perundang – undangan atau produk hukum Pemkab...

Kantor Kabag Hukum Pemkab Pasaman

20 Januari 2021, 21:09 WIB

loading...