Rabu, 3 Juli 2019 - 21:54 WIB

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Canangkan Slogan Pasbar Cantik Tanpa Sampah Plastik

Pasaman Barat, – Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2019 tingkat Kabupaten Pasaman Barat yang dilaksanakan di lapangan MTQ Padang Tujuh dengan mencanangkan program pengurangan dan pemanfaatan sampah plastik dengan slogan “Pasbar Cantik Tanpa Sampah Plastik” Rabu (03/07).

Rangkaian kegiatan yang dimulai dengan apel gabungan bersama seluruh aparatur pemerintahan bersama unsur instansi vertikal Pasaman Barat.

Menurut Wakil Bupati Pasbar, H. Yulianto kita bersama dituntut untuk lebih peduli lingkungan, adapun bentuk kegiatan tersebut berupa pengurangan sampah plastik dengan membawa keranjang belanja dan wadah sendiri saat bepergian. Membawa kotak makanan dan botol minuman sendiri.

“Tidak menggunakan kemasan plastik pada acara rapat atau pesta. Tidak membuang sampah sembarangan dan mendaur ulang atau mengolah sampah plastik menjadi barang baru agar bermanfaat” jelas Wakil Bupati Pasbar.

Ia melanjutkan, pengurangan dan pemanfaatan sampah plastik tidak hanya menjadi tanggung jawab dinas lingkungan hidup saja. Namun, menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman Barat, Andrinaldi mengatakan hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Kabupaten Pasaman Barat sudah melakukan berbagai kegiatan, diantaranya kegiatan pameran kreatifitas daur ulang dan peduli lingkungan, lomba kreatifitas daur ulang sampah, pembagian stiker peduli lingkungan, botol minuman dan ECO Bag, sosialisasi dan edukasi pengurangan sampah serta pemanfaatan sampah plastik.

“Kita juga telah melakukan pembagian 1.000 Ecobag atau tas belanja di 3 minimarket di Pasbar yaitu Mini market Sejati, Citra Swalayan dan Mini market Seven dilanjutkan pembagian 1.000 botol minuman pada peserta kegiatan Hari Lingkungan Hidup ini” ujar Andrinaldi.

Target dari kegiatan tersebut adalah tercapainya pemanfaatan 1 ton sampah plastik. Sampah plastik didaur ulang menjadi souvenir bunga, anyaman, gantungan kunci dan lain sebagainya.

Kegiatan hari Lingkungan Hidup se-Dunia tersebut dimulai dengan kegiatan memungut sampah massal seluruh aparatur Pemda Pasbar beserta unsur Forkopimda Pasbar dan kegiatan penanaman pohon dilanjutkan uji emisi kendaraan dinas.

Artikel ini telah dibaca 205 kali

loading...
Baca Lainnya

Perda Sah, Pelanggar Prokes Bakal Disanksi

Sumbar, – Dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 DPRD Sumbar telah mensahkan Ranperda Adaptasi Kebiasaan Baru...

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto

16 September 2020, 10:10 WIB

Kadis Kesehatan Enggan Komentar Soal Uang Titipan di RSJ Prof. HB. Saanin Padang

Padang, – Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumbar Arry Yuswandi enggan komentar ketika dikonfirmasi soal adanya...

Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang

15 September 2020, 20:02 WIB

Fopbindo Dukung Fachrul Razi Minta Presiden Tunda Pilkada

Sumbar, – DPD LSM Forum Peduli Bangsa Indonesia (Fopbindo) Sumatera Barat mendukung penuh Ketua Komite...

Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi

13 September 2020, 07:12 WIB

Warga Sumbar dan Uni Puan, Mari Kita Saling Memaafkan

Oleh: Darlinsah, SH (Wartawan Muda Sumatera Barat) Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Saya selaku masyarakat asli Sumatera...

Ketua DPR RI Puan Maharani

9 September 2020, 07:55 WIB

Kapolda Sumbar Perintahkan Kapolres Petakan Potensi Kerawanan Pilkada

Tanah Datar, – Polda Sumatera Barat kembali melaksanakan Gelar Operasional (GO) dan pembinaan dalam rangka...

9 September 2020, 07:46 WIB

Ketua DPP LSM Fopbindo Apresiasi Kinerja Polda Sumbar

Dewan Pengurus Pusat LSM Forum Peduli Bangsa Indonesia (DPP LSM Fopbindo) melalui Ketua DPD Sumbar...

4 September 2020, 08:03 WIB

loading...