HUT Pasaman ke 76 Ada Agenda Paripurna DPRD, Ini yang Dibahas

DPRD Kabupaten Pasaman menggelar rapat paripurna ke- 43, dalam rangka hari jadi Kabupaten Pasaman ke-76 dengan tema bersatu melangkah maju, mewujudkan Pasaman yang lebih baik dan bermartabat di gedung Syamsiar Thaib, Jumat 08 Oktober 2021.

Ketua DPRD Kabupaten Pasaman, Bustomi, SE saat membuka sidang Paripurna DPRD menyampaikan secara ringkas berdirinya Kabupaten Pasaman, nama Kabupaten Pasaman dalam sejarahnya diambil dari nama Gunung Pasaman dan nama sungai yaitu Batang Pasaman.

Kata Pasaman berasal dari kata PASAMOAN yang berarti kesepakatan dan atau kesamaan pendapat antar golongan, etnis penduduk yang mendiami wilayah Pasaman.

“Etnis penduduk yang mendiami wilayah Pasaman yaitu Minangkabau, Mandailing, Jawa dan lain – lain, sehingga muncul keberagaman budaya yang bercirikan Pasaman yang heterogen, sebagaimana berlangsung sampai saat ini,”ujar Bustomi.

Ia juga mengatakan penetapan hari jadi Pasaman berdasarkan hasil rumusan seminar yang digelar pada 30 Desember 1991 di Lubuk Sikaping dan diketahui Kabupaten Pasaman terbentuk pada 8 Oktober 1945.

Sementara itu bupati Pasaman H.Benny Utama dalam sambutannya menyampaikan, pada hari ini Jumat 8 Oktober, Kabupaten Pasaman genap berusia 76 tahun, berbagai upaya dan proses pembangunan telah kita laksanakan bersama sama dengan satu tujuan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pasaman.

“Pasca pelantikan 26 Febuari 2021,  kami langsung bekerja dan melaksanakan salah satu amanat konstitusi yaitu menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pasaman Tahun 2021 -2026 dan telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Nomor 4 Tahun 2021,”ujar Benny Utama.

Bupati Benny juga mengatakan, setelah mencermati kondisi dan capaian Kabupaten Pasaman terhadap berbagai indikator pembangunan seperti indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masih diangka 66,64 pada tahun 2020 dan berada diposisi ke 18 dari 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.