Jakarta – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengajukan cuti empat hari usai debat kedua cawapres. Selama cuti, Gibran akan melanjutkan kampanye di Jawa Tengah (Jateng).

Kepala Bagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Solo, Herwin Tri Nugroho mengatakan, cuti yang diambil Gibran kali ini lebih panjang dari sebelumnya.

“Mas wali (Gibran) memang cuti selama empat hari, mulai hari ini (Senin) sampai Kamis. Atau mulai 22 hingga 25 Januari 2024,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya di Balai Kota Solo, Senin (22/1/2024).

Herwin mengungkapkan, Gibran mengajukan cuti sejak pekan lalu ke Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana. Untuk persetujuannya diterima Pemkot Solo pada Rabu (17/1/2024).

“Sudah disetujui Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana dan suratnya kami terima pada Rabu dan selama itu tugas wali kota digantikan Pak Wakil (Wawali Solo, Teguh Prakosa),” katanya.

Mengenai panjangnya waktu yang diajukan Gibran, Herwin mengaku sudah sesuai dengan aturan pengajuan cuti kampanye bagi pejabat negara.

“Cuti sudah sesuai aturan karena mas wali merupakan kepala daerah yang mencalonkan diri sebagai cawapres maka saat kampanye di hari kerja harus mengajukan cuti ke Pj Gubernur dan sudah dilakukan dan juga sudah disetujui,” bebernya.

Diketahui sebelumnya dua pekan berturut-turut Gibran juga mengajukan cuti sebagai Wali Kota Solo untuk kampanye. Saat itu pada 8-10 Januari dan pada 15-17 Januari.

Terakhir, pada 22-25 Januari. Putra sulung Presiden Jokowi itu juga pernah ajukan izin memenuhi panggilan Bawaslu Jakpus pada 3 Januari 2024.