CIAMIS – Mensana In Corporesano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Rupanya perumpamaan itu melekat dalam pribadi aparat Polres Ciamis.

Karenanya, Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso mengajak seluruh jajarannya, termasuk masyarakat di Kabupaten Ciamis untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat.

Puncaknya, Minggu 12 Agustus 2018, bertempat di alun-alun Ciamis, orang nomor satu di Polres Ciamis Polda Jawa Barat ini mendeklarasikan apa yang disebut Transportasi Sehat Merakyat (TSM).

Ya. Lulusan Akpol Terbaik 2001 ini sengaja menyasar olahraga sepeda di awal gagasan untuk menciptakan masyarakat yang sehat di Ciamis.

“Langkah awal kami pilih olahraga sepeda, karena merupakan transportasi yang merakyat,” tutur Kapolres AKBP Bismo.

“Olahraga sepeda ini juga tak berdampak pada polusi udara, anti polusi,” sambungnya.

Tidak tanggung-tanggung. Untuk mewujudkan rencananya, Kapolres Ciamis menggandeng berbagai komunitas sepeda di Ciamis.

“Tujuan lain yang ingin kami kejar, yaitu untuk merangsang masyarakat agar beralih menggunakan transportasi yang nyaman, sehat dan merakyat berbasis ramah lingkungan,” urai Kapolres.

Ide Kapolres mendapatkan respon positif dari masyarakat. Buktinya, ribuan masyarakat Ciamis turut berpartisipasi dalam sepeda sehat yang digelar usai deklarasi TSM.

Dalam acara sepeda sehat, Polres Ciamis juga menyediakan panggung hiburan. Bahkan peserta yang beruntung diberikan hadiah.