Jumat, 28 September 2018 - 15:53 WIB

Memulai rencana penanaman pohon baru untuk restorasi hutan pencegah bencana

AEON Group Menanam Pohon Mangrove untuk Jakarta yang Lebih Baik

Acara Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia

JAKARTA, Indonesia, Sept. 25, 2018 /PRNewswire/ — AEON Environmental Foundation, (Takuya Okada, selaku Ketua Kehormatan dan Penasihat AEON Co., Ltd.) bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan "Penanaman Pohon Mangrove untuk Jakarta yang Lebih Baik" pada tahap kedua, yang dilaksanakan di kawasan Pantai Indah Kapuk, Sabtu (22/9).

Takuya Okada mengatakan bahwa "AEON telah mengadakan kegiatan penanaman pohon di seluruh dunia dengan total 12 juta pohon yang telah ditanam. Penanaman pohon di Jakarta, kali ini merupakan bagian dari acara "Peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Jepang-Indonesia", dan rencananya dilaksanakan selama 3 tahun (2018-2020), dengan menanam sebanyak 30.000 pohon mangrove di tanah rawa daerah Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara".

Masafumi Ishii selaku Duta Besar Jepang untuk Indonesia mengungkapkan bahwa "selama 60 tahun, Jepang & Indonesia telah menjalin hubungan yang bisa dikatakan "kerja bersama, maju bersama", sebagai sahabat yang baik." Beliau juga berharap, hubungan baik ini akan terus diwarisi pada generasi yang akan datang.

Penanaman pohon kali ini melibatkan 1.000 orang relawan dari kedua negara untuk menanam 10.000 pohon mangrove yang bertujuan untuk merestorasi hutan pencegah bencana yang mengalami masalah kekeringan dan melindungi pemukiman serta tol sekitar dari bencana banjir. Takuya Okada ingin bersama-sama melindungi Jakarta dari ancaman peningkatan air laut, demi masa depan generasi yang akan datang. Hal itulah yang terus dijalankan & diupayakan oleh AEON Environmental Foundation.

Pada tahap pertama kegiatan "Penanaman pohon di Jakarta, Indonesia" yang telah dilakukan selama 3 tahun dari 2011 hingga 2013, AEON Environmental Foundation bersama dengan 5.100 relawan telah menanam 63.000 pohon mangrove di daerah yang berdekatan dengan lokasi penanaman pohon tahap kedua. Oswar Mungkasa selaku Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang & Lingkungan Hidup merasa bangga dan berterima kasih karena kegiatan penanaman mangrove ini melibatkan 500 sukarelawan warga negara Jepang dan selebihnya adalah warga negara Indonesia diantara siswa sekolah, LSM, Pemprov DKI Jakarta & Pramuka. Hal ini juga memotivasi kolaborasi antara pemerintah, masyarakat & pihak terkait untuk sama-sama membangun Jakarta makin dicintai, maju kotanya & bahagia warganya.

Melalui kegiatan penanaman pohon ini diharapkan, AEON Environmental Foundation dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat terus secara positif mengadakan kegiatan lingkungan untuk mewariskan alam yang indah dan penuh kehidupan kepada anak-anak generasi berikutnya.

Detail lebih lanjut terkait kegiatan "Penanaman Pohon Mangrove di Jakarta, Indonesia", adalah sebagai berikut:

Hari / Tanggal

Sabtu, 22 September 2018

Waktu

08.00-10.30 WIB

Tempat

Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Indonesia

Luas lahan pohon

4.000m2

Jumlah pohon

10.000 pohon

Jumlah peserta

1.000 orang

Jenis pohon

Mangrove

Penyelenggara

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta & AEON Environmental Foundation

Bekerja sama dengan

PT. AEON Indonesia, PT. AEON Credit Service Indonesia

PT. AEON Mall Indonesia, PT. AEON Fantasy Indonesia

Peserta utama

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang & Lingkungan Hidup

Dr. Ir. Oswar Mungkasa

Mantan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden

Emil Salim

Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia

Masafumi Ishii

Group CEO, Presiden Direktur AEON Co., Ltd.

Motoya Okada

AEON Environmental Foundation

Ketua Dewan Direksi AEON Co., Ltd.

Hiroshi Yokoo

Presiden Direktur PT. AEON Indonesia

Toyofumi Kashi

Bersiap Menanam Mangrove bersama 1.000 relawan dari Jepang & Indonesia, 22 September 2018, Pantai Indah Kapuk. Keterangan foto (dari kiri – kanan): Isnawa Adji dan Yusmada Faizal (Pemprov DKI Jakarta), Motoya Okada (Group CEO, Presiden Direktur AEON Co., Ltd.), Oswar Mungkasa (Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang & Lingkungan Hidup), Masafumi Ishii (Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia), Emil Salim (Mantan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden).

Download link for photo: https://wetransfer.com/downloads/523650f7ddc4e0417f967f59f2dab57120180922100745/aa99aa972b1fb5a81d90b05bab66bee620180922100745/dccd40

Informasi lebih lanjut tentang kegiatan ini, Anda dapat menghubungi:

  • PT. AEON Indonesia
    Herlany Goenawan
    telp.: 0811-8192-630
    Email: herlany.goenawan@aeonindonesia.co.id.
  • AEON Environmental Foundation
    Miyashita/Iida
    telp.: 043-212-6022

TENTANG KEGIATAN SOSIAL AEON GROUP

Berikut adalah berbagai kegiatan AEON dalam memberikan kontribusi sosial dan lingkungan di Indonesia.

Kegiatan AEON Environmental Foundation

Kegiatan penanaman pohon di Indonesia (Tahap pertama di Jakarta: 2011-2013)

Sejak didirikan tahun 1990, AEON Environmental Foundation bersama kelompok relawan telah melakukan penanaman pohon di berbagai tempat di dunia, termasuk kegiatan menanam 63.000 pohon mangrove bersama dengan 5000 relawan dalam waktu 3 tahun sejak tahun 2011 di daerah tanah rawa Jakarta Utara, Indonesia. Kegiatan penanaman pohon Jakarta dilaksanakan bertepatan dengan pemberian "penghargaan Midori Keanekaragaman Hayati" kepada Prof. Dr. Emil Salim (mantan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Indonesia) pada peringatan 20 tahun pendirian AEON Environmental Foundation .

Pendidikan Lingkungan Hidup "Program Pertukaran Mahasiswa Asia (ASEP)"

AEON Environmental Foundation mencanangkan program ASEP selama 10 tahun, dimulai sejak 2012 dengan tujuan pengembangan sumber daya manusia untuk berkiprah di panggung global bidang lingkungan hidup. Dengan mengumpulkan mahasiswa dari berbagai negara di Asia, mereka berdiskusi mengenai keanekaragaman hayati dan mempelajari perbedaan nilai pandang, budaya, sejarah dan lingkungan alam masing-masing negara. Tahun ini adalah tahun ke 7 kegiatan ini dilakukan dan tahun pertama bagi Universitas Ekonomi Yangon. Partisipan program ini adalah 72 mahasiswa dari 9 universitas (Kamboja, Tiongkok, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar) yang mengikuti fieldwork dengan tema "Pemberian dari Hutan Hujan Tropis" di daerah pinggiran kota Kuala Lumpur, Malaysia.

Kerja Sama dengan Universitas Waseda: Seminar "Beyond Biodiversity"

Kerja sama dengan Universitas Waseda untuk mengadakan seminar "Beyond Biodiversity" (seminar lingkungan hidup) sejak tahun 2016 dilakukan bertujuan untuk meninjau kembali nilai keanekaragaman hayati dengan cara pandang global dan menciptakan pendidikan yang dapat memberikan pandangan baru. Seminar ini telah diadakan di Vietnam dan Kamboja. Tahun ini merupakan tahun ketiga dan akan diadakan pada Sabtu, tanggal 23 September 2018 di Universitas Indonesia dengan tema "Proposal dari Asia SDGs +1"yang akan dihadiri oleh 200 mahasiswa.

Kegiatan AEON 1% Club Foundation

Teenange Ambassador (Pertukaran Pelajar SMA)

Teenage Ambassador adalah program pertukaran pelajar SMA Jepang dan pelajar SMA luar negeri untuk saling mengunjungi kedua negara dan meningkatkan persahabatan serta rasa saling pengertian secara global. "Kegiatan pertukaran Teenage Ambassador Jepang-Indonesia" tahun ini diikuti oleh 32 pelajar SMA Sakado (bagian dari Universitas Tsukuba) dan pelajar SMA Ummul Quro Bogor. Pada bulan Januari 2018 pelajar Indonesia telah mengunjungi Jepang dan mempelajari sejarah dan budaya Jepang melalui kegiatan pembuatan mochi, menikmati salju dan homestay. Pelajar dari kedua negara telah mengikuti program kunjungan ke Peternakan AEON Saitama Hanyu yang telah memenuhi standar global Good Agricultural Practices (GAP). Pada bulan Maret pelajar Jepang telah mengunjungi Indonesia dan mempelajari sejarah dan budaya Indonesia melalui tarian tradisional dan batik tulis. Pertukaran pelajar Jepang-Indonesia telah diadakan pada tahun 2002, 2012, 2015 dan tahun ini adalah penyelenggaraan keempat.

Asia Youth Leader

Asia Youth Leader adalah kegiatan di mana anak muda dari berbagai negara Asia yang memiliki latar belakang yang berbeda bertemu di satu tempat dan mendiskusikan masalah sosial menggunakan bahasa Inggris yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan keanekaragaman nilai pandang, pandangan global dan kemampuan penyelesaian masalah. Tahun ini acara diadakan di Jakarta dan dihadiri oleh 85 pelajar generasi muda dari 6 negara (Tiongkok, Jepang, Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam). Melalui kuliah, pelajaran pengalaman dan diskusi grup dengan tema "Makanan dan Kesehatan", peserta dapat meningkatkan kemampuan analisa, dan solusi penyelesaian masalah yang nantinya akan disampaikan kepada daerah penyelenggara.

Beasiswa AEON

Beasiswa AEON adalah program beasiswa kepada mahasiswa negara Asia dan pelajar Asia berbiaya sendiri yang sedang belajar di Jepang. Program beasiswa ini dimulai tahun 2006 dengan harapan penerima beasiswa dapat menjadi jembatan penghubung antara Jepang dan negara-negara di Asia. Di samping bantuan finansial selama setahun, AEON juga memberikan bantuan penelitian dan kegiatan relawan bagi mahasiswa penerima beasiswa yang sedang belajar di Jepang sebagai dukungan bagi pengembangan sumber daya manusia secara global. Hingga September 2018, AEON telah memberikan bantuan kepada 5.746 mahasiswa dari 35 universitas di 7 negara (Kamboja, Tiongkok, Indonesia, Jepang, Myanmar, Thailand, Vietnam). Beasiswa untuk mahasiswa Indonesia dimulai sejak tahun 2012 dan saat ini beasiswa telah diberikan kepada 55 mahasiswa yang kuliah di dalam negeri dan 36 mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di universitas di Jepang.

foto – https://photos.prnasia.com/prnh/20180925/2245990-1

Artikel ini telah dibaca 192 kali

loading...
Baca Lainnya

Program Belt and Road dari Tiongkok hadirkan berbagai peluang baru dalam sinergi kesehatan transnasional

BEIJING, 1 Oktober, 2018 /PRNewswire/ — Program Belt and Road dari Tiongkok merayakan hari jadi...

1 Oktober 2018, 20:33 WIB

Pioneer Bantu Pengendara Mobil untuk Meningkatkan Mutu Audio dengan Jajaran Produk Tahun 2019 yakni Speakers, Subwoofers A-Series dan DEQ-S1000A Universal Sound Processor

SINGAPURA, KUALA LUMPUR, Malaysia dan BANGKOK, 1 Oktober 2018 /PRNewswire/ — Pioneer Electronics AsiaCentre, pemimpin...

1 Oktober 2018, 16:00 WIB

Bekraf Umumkan Wakil Indonesia Pavilion untuk Venice Art Biennale 2019

Menempati area booth 4x lebih besar, lebih dari 400 karya seni akan ditampilkan dalam satu...

1 Oktober 2018, 12:02 WIB

‘Beijing Opera’ tunjukkan kolaborasi yang luar biasa antara Kebudayaan Indonesia dan Tiongkok

JAKARTA, Indonesia, 30 September 2018 /PRNewswire/ — Sebagai bentuk apresiasi kebudayaan terbaik di dunia, Meikarta...

30 September 2018, 10:32 WIB

Locus Chain Foundation Bermitra dengan Republik Kongo untuk Mengembangkan Sistem Nasional yang Mutakhir

– Lembaga satuan tugas strategis akan memfasilitasi pembangunan sistem e-government Nasional berdasarkan platform blockchain Locus...

29 September 2018, 13:27 WIB

AETOS Memenangkan Penghargaan Broker NDD Terbaik di Ajang UK FOREX Awards

LONDON, 28 September, 2018 /PRNewswire/ — AETOS Capital Group meraih penghargaan "Best Forex NDD Broker"...

28 September 2018, 11:00 WIB

loading...