Jumat, 9 Agustus 2019 - 21:21 WIB

Top! Polres Ciamis Ungkap Peredaran Miras Oplosan Berkedok Tempat Tambal Ban

CIAMIS – Polres Ciamis Polda Jawa Barat berhasil mengungkap praktik penjualan minuman keras oplosan jenis ciu di bengkel tambal ban di Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Sepintas bengkel tambal ban itu tidak mencurigakan sebagai tempat berjualan minuman memabukkan. Namun berkat kesigapan aparat, seorang perempuan atau penjual inisial DH (27) berhasil diamankan.

“Ciu itu diperjualbelikan di bengkel tempat usahanya, jadi sambil usaha bengkel sambil jual minuman,” tegas Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso dalam jumpa pers di Polres Ciamis, Jumat (9/8/2019).

Praktik penjualan minuman keras oplosan itu terungkap berdasarkan peran aktif warga yang melaporkan adanya bengkel tambal ban berjualan minuman keras. “Hasil pemeriksaan ternyata benar di bengkel itu ada 15 dus berisi 152 botol, lalu kami amankan,” sebut Kapolres.

Lulusan Terbaik Akpol 2001 ini menambahkan, dari hasil pemeriksaan bahwa penjualnya telah dua bulan berjualan minuman keras ilegal dengan keuntungan sebesar Rp1,8 juta dari penjualan 15 dus minuman keras.

“Selama ini pemilik bengkel tambal ban itu mengaku dipasok seseorang berinisial A dari Kota Solo, Jawa Tengah. Untuk pemasok sudah kami tetapkan DPO (daftar pencarian orang) Polres Ciamis,” ujar kapolres.

Menurutnya, kasus penjualan minuman keras oplosan dari Solo itu terus dikembangkan. Sementara untuk tersangka dijerat pasal 204 KUHP dan UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman kurungan minimal lima tahun dan maksimal 15 tahun penjara.

“Peredaran minuman keras itu membahayakan jiwa manusia yang mengonsumsinya karena kadar dalam minuman tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan. Tentu berbahaya bagi kesehatan, kita tak mau kecolongan warga meninggal akibat minuman oplosan,” pungkas Kapolres.

 

Artikel ini telah dibaca 311 kali

loading...
Baca Lainnya

Lawan Corona, 58 Pasien Positif di Tangerang Berhasil Sembuh

TANGERANG – Perlawanan terhadap virus corona Covid-19 yang dilakukan pemerintah bersama TNI dan Polri (Polresta...

4 April 2020, 17:30 WIB

[Video] Tactical Floor Game Polresta Tangerang Saat Pandemi Covid-19

TANGERANG – Di tengah pandemi Covid-19, Polresta Tangerang Polda Banten menggelar pelatihan Tactical Floor Game...

4 April 2020, 16:14 WIB

Buat Masker Gratis, SMKN 1 Lubuk Sikaping Terima Bantuan Polres Pasaman

Pasaman, – SMKN 1 Lubuk Sikaping ikut berbuat untuk negeri, ditengah merebaknya wabah virus Corona....

Kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping Muslim saat menerima bantuan dari Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya.

4 April 2020, 10:46 WIB

Ketika Satpas SIM Cilenggang Tangsel Berlakukan Social Distance

TANGERANG – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Tangerang Selatan mulai memberlakukan kebijakan social distace atau...

3 April 2020, 23:24 WIB

Gagal Nyalip, Pemotor di Cikokol Ini Tewas Terlindas Truk

TANGERANG – Kecelakaan yang menelan korban jiwa terjadi di Jalan Raya Perintis Kemerdekaan III, Cikokol,...

3 April 2020, 23:21 WIB

Lihat, Satpas Cilenggang Beri Kelonggaran Pemohon Perpanjang SIM

TANGERANG – Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Surat Izin Mengemudi (SIM) Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan turut...

3 April 2020, 23:19 WIB

loading...