Cari HP Murah untuk Belajar Online? Ini Dia Kriterianya

  • Whatsapp

Pandemi Covid-19 sudah berjalan lebih dari satu tahun dan membuat kegiatan belajar dilakukan secara online atau daring selama beberapa waktu. Situasi ini tak pelak menjadikan HP sebagai salah satu alat utama dalam melakukan kegiatan belajar online saat ini. 

Banyak HP entry-level dengan harga murah pun menyerbu pasaran dan cocok digunakan untuk belajar online. Salah satunya adalah harga Redmi 9C yang ada di kisaran Rp 1,3 jutaan di Blibli. Sangat terjangkau kan. 

HP murah belum tentu tidak berkualitas, lho. Nah, mari kita cari tahu sama-sama kriteria HP murah yang cocok digunakan untuk belajar online anak Anda. Catat baik-baik ya!

1.Layar Besar 

Layar besar menjadi salah satu kriteria utama saat memilih HP untuk belajar online. Aneka video call dan webinar menggunakan internet akan cukup melelahkan bagi mata apabila layar HP anak Anda terlalu kecil.

Sebagai solusi, pilihlah HP yang mempunyai layar berukuran besar minimal 5,5 inci untuk kegiatan belajar. Selain tulisan di layar terlihat dengan lebih jelas, layar yang lebar membuat mata tidak memicing sehingga tidak cepat lelah saat belajar.

Pengalaman Zoom meeting maupun Google Meet pun tentunya semakin berkesan dengan layar HP yang lebar. Anak Anda pun bisa dengan mudah berbagi tugas dengan guru dan kelompok belajarnya apabila layar HP yang digunakan cukup lebar. 

2.RAM yang Mencukupi

HP yang dipakai Anak Anda untuk belajar hendaknya jangan di install aneka aplikasi yang berat atau di luar aplikasi belajar. Apabila kegiatan belajar banyak dilakukan menggunakan Google Classroom atau Google Meet, ada baiknya menggunakan browser ketimbang harus mengunduh aplikasinya yang aktif di background

Lalu, berapa RAM yang mencukupi untuk kegiatan belajar jarak jauh menggunakan video call dan sistem webinar ini? Jawabnya minimal RAM 2 GB, di atas itu akan lebih baik. Contohnya, Anda bisa coba menggunakan Redmi 9C yang memiliki RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. 

3. Kamera yang Berkualitas

Banyak orang tua salah kaprah bahwa untuk kegiatan video call dan webinar secara online diperlukan kamera dengan piksel yang besar. Padahal tidak seperti itu.

Untuk aktivitas video call full HD sebenarnya hanya membutuhkan kamera dengan kualitas minimal 2 MP. Anda hanya perlu melengkapinya dengan pencahayaan yang baik saat kegiatan belajar online berlangsung. 

Oleh karena itu, siapkan kegiatan belajar di ruangan yang terang supaya tampilan gambar lebih baik. Anda juga bisa menggunakan penerangan tambahan seperti lampu belajar atau ring light untuk menambah pencahayaan.

Lain halnya apabila tugas belajar anak Anda harus menggunakan kualitas kamera yang lebih baik. Biasanya tugas semacam ini adalah mengambil gambar dan merekam video. 

Untuk kasus seperti ini, HP yang memiliki kamera utama 5 – 8 MP sebenarnya sudah sangat memadai untuk mengerjakan tugas mengambil gambar dan video. Apabila Anda memiliki budget lebih dan bisa membeli HP dengan kamera utama di atas 8 MP tentunya akan lebih mendukung kegiatan belajar anak Anda. 

4. Baterai Kapasitas Besar

Tak dapat dipungkiri bahwa belajar online itu membutuhkan waktu yang lama hingga berjam-jam layaknya sekolah tatap muka. Oleh karena itu HP yang dipergunakan untuk belajar online haruslah tangguh dan memiliki kapasitas baterai yang besar. 

Sebagai orang tua, Anda tentu tidak ingin kegiatan belajar anak menjadi kurang maksimal karena HP yang tiba-tiba mati di tengah pelajaran berlangsung. Maka dari itu, pilihlah HP yang memiliki kapasitas baterai minimal 4.000 mAh. 

Apabila kapasitas baterai di atas itu tentunya lebih baik, sebab anak Anda tidak perlu terlalu sering mengisi baterai saat pelajaran berlangsung. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan HP yang memiliki fitur fast charging atau pengisian cepat untuk mempersingkat waktu pengisian ponsel.

5. Memiliki Sistem Operasi yang Ringan

Ponsel yang dipergunakan untuk belajar online sebisa mungkin memiliki sistem operasi yang ringan. Biasanya, ponsel yang dipergunakan khusus untuk belajar online dibekali dengan sistem operasi Android Go yang bisa berjalan di HP yang memiliki spesifikasi rendah. 

Namun, jika Anda tidak menggunakan sistem operasi ini Anda bisa melakukan beberapa trik berikut untuk membuat kinerja HP semakin ringan. Yang pertama, silahkan batasi penggunaan aplikasi pada HP yang dipergunakan untuk belajar online. Instal aplikasi yang benar-benar diperlukan saja, misalnya Google Meet. 

Trik yang kedua adalah pergunakan aplikasi yang ringan. Sebagai contoh, daripada menggunakan aplikasi Gmail yang regular, Anda bisa menggunakan Gmail Go atau Google Go. 

6. Harga Hp di Range Rp 1-2 Jutaan

Tidak bisa dipungkiri bahwa harga HP memegang peranan penting saat seseorang membeli perangkat ponsel. Harga ponsel di kisaran Rp 1 – 2 jutaan biasanya jadi pilihan para orangtua yang anaknya getol belajar secara online.

Terlebih apabila HP yang diincar para orang tua ini bisa dibeli dengan fitur cicilan ataupun cashback sehingga memudahkan dalam hal pembelian. Beberapa HP di kisaran Rp 1-2 jutaan yang bisa Anda gunakan untuk belajar online antara lain adalah Redmi 9C.

Itu dia beberapa kriteria HP murah untuk belajar online yang wajib Anda perhatikan. Apabila Anda tertarik untuk membeli HP, Anda bisa coba beli secara online di Blibli.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Selamat belajar online menggunakan HP baru!

 

Pos terkait

loading...