Pemdes Bedoho Gelar Tradisi Bersih Desa, Puncak Acara Dalam Memperingati HUT RI Ke-77.

Madiun,deliknews.com Pemerintahan Desa Bedoho Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun menggelar serangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-77. Sebagai puncak acara diisi dengan acara “Bersih Desa” yang berlangsung di Punden Desa setempat. Jum’at (02/09/2022)

Bersih Desa diawali dengan upacara adat selamatan (Genduri.Red) atau sedekah bumi berupa nasi tumpeng dan lauk pauk yang dibuat oleh warga masyarakat bersama Pemerintah Desa. Dilanjutkan dengan pagelaran Kesenian “Gambyong” yang diyakini memiliki makna spiritual di baliknya sebagai lambang kemakmuran agar terus bersemayam di Desa tersebut.

Kepala Desa Bedoho Priyanto, mengatakan Bersih Desa sebagai ungkapan rasa Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil Panen, Kesehatan, dan Kesejahteraan. Sekaligus sebagai upaya untuk melestarikan Adat Jawa yang merupakan tradisi kebudayaan yang sudah dilakukan secara turun-temurun dari zaman nenek moyang.

” Bersih Desa ini merupakan Puncak Acara dalam memperingati HUT RI Ke 77, sebelumnya berbagai kegiatan atau lomba juga telah dilaksanakan, dari tingkat anak-anak, remaja dan orang tua.” Ungkapnya

Keterangan Foto : Upacara adat selamatan (Genduri.Red) saat acara ” Bersih Desa” Desa Bedoho Kecamatan Jiwan. Jum’at(02/09/22)

” Diharapakan melalui kegiatan yang diselenggarkan oleh Pemerintah Desa ini dapat memupuk kekompakan dan kerukunan antar warga serta meningkatkan dan menanamkan rasa Nasionalisme terutama anak-anak dan remaja mulai sejak dini.”Imbuhnya

Lebih lanjut Priyanto juga berharap ditahun mendatang bisa kembali digelar lebih semarak dengan tanpa mengurangi makna dari Bersih Desa itu sendiri.

” Sebagai ungkapan Syukur Perangkat maupun warga Masyarakat Desa Bedoho dalam menjalankan aktifitas kehidupan sehari-hari dihindarkan dari segala musibah.” Pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Koordinator Liputan Madiun Raya : Wahyu Dianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.