Padang, – Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bagian dari Persaudaraan Masyarakat Sipil (PMS) Sumatera Barat melakukan aksi di depan Kantor DPRD Provinsi Sumatera Barat, Selasa (31/10/22).

Dalam orasinya, mahasiswa bukan hanya mempermasalahkan tidak transparansinya penyaluran Corporate Sosial Responbility (CSR) BUMN yang ada di Sumatera Barat. Tapi juga meminta agar Menteri BUMN Erick Thohir fokus kerja jangan sibuk dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bagian dari Persaudaraan Masyarakat Sipil (PMS) Sumatera Barat melakukan aksi di depan Kantor DPRD Provinsi Sumatera Barat, Selasa (31/10/22).
Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bagian dari Persaudaraan Masyarakat Sipil (PMS) Sumatera Barat melakukan aksi di depan Kantor DPRD Provinsi Sumatera Barat, Selasa (31/10/22).

Hal ini disampaikan Perwakilan PMS Sumatera Barat, Fikri Haldi, dalam orasinya meminta agar Menteri BUMN, Erick Thohir, jangan sibuk dengan sepakbola.

Fikri juga mengkritisi situasi kelangkaan BBM Solar Bersubsidi di Sumatera Barat, yang menyebabkan antre panjang disetiap SPBU.

“Apabila sampai tanggal 25 November Menteri BUMN tidak memenuhi 5 konsensus PMS Sumatera Barat, maka akan kami blokade seluruh BUMN di Sumatera Barat,” tegasnya.

Fikri meminta apabila CSR BUMN di Sumatera Barat tidak memberikan manfaat bagi masyarakat agar angkat kaki dari Sumatera Barat.

Kemudian BEM SI Sumatera Barat salah satu tuntutannya meminta pemerintah untuk mengevaluasi menteri BUMN (Erick Thohir), agar menciptakan regulasi dan transparansi yang jelas terhadap anggaran CSR di Sumatera Barat.

Diketahui sebelumnya sebagaimana diberitakan beberapa media, Anggota DPR RI, Andre Rosiade, mendukung Menteri BUMN Erick Thohir memimpin reformasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Sementara Andre Rosiade dikonfirmasi via WhatsApp, apakah menurut Anggota DPR RI ini apabila Erick Thohir memimpin PSSI tidak akan berpengaruh terhadap kinerja Erick Thohir sebagai Menteri BUMN.

CSR BUMN yang selama ini terpantau sering dibagikan Andre Rosiade apakah penyalurannya kepada masyarakat sudah sesuai ketentuan yang berlaku. Andre belum merespon konfirmasi hingga berita ini ditayangkan.