Cara Mendapatkan WhatsApp Business API Beserta Penggunaannya

Perkembangan media pesan semakin pesat. WhatsApp adalah salah satu media pesan elektronik terkemuka yang banyak digunakan dalam berbagai hal. Media pesan ini memiliki berbagai fungsi dan salah satunya adalah WhatsApp business API.  Dengan adanya WhatsApp bisnis akan menjadi lebih diperluas aksesnya. Berikut cara mendapatkan WhatsApp business API beserta penggunaannya antara lain:

  1. Siapkan nomor telepon

Cara mendapatkan WA Bisnis API yang pertama adalah dengan menyiapkan nomor telepon dahulu. WhatsApp dapat terhubung dengan kontak lainnya juga tidak lepas dari nomor telephone. Untuk bisa mendapatkannya maka nomor telephone harus dipastikan aktif dan dapat dihubungi. Jika nomor telephone tidak aktif maka Anda juga tidak akan bisa mengaksesnya. Oleh karena itu sangat penting untuk mengamati keaktifan nomor telepon.

  1. Daftarkan nomor tersebut ke mitra resmi

Agar dapat menggunakan WhatsApp bisnis API tentunya Anda perlu untuk mendaftarkan nomornya. Pastikan bahwa ketika mendaftarkan nomor melalui mitra resmi. Tujuan dari cara ini adalah bahwa API yang digunakan merupakan legal dan resmi sehingga ketika terjadi masalah Anda dapat complaint ditempat yang benar. Cara ini juga aman karena lebih compatible daripada menggunakan cara lainnya.

  1. Lakukan verifikasi di Facebook Business Manager

Untuk mendapatkan API, maka langkah selanjutnya adalah dengan memverifikasinya langsung melalui Facebook Business Manager. Cara mendapatkan WhatsApp business API aman dan terpercaya. Ketika Anda sudah selesai memverifikasinya, maka Anda sudah bisa mengaksesnya secara langsung. Selama data yang diberikan adalah compatible maka API akan dapat bekerja dengan maksimal.

  1. Pilih WhatsApp API partner di Indonesia

Untuk mendapatkan WhatsApp API maka Anda harus berpartner dengan WhatsApp di Indonesia. Ini memang disesuaikan dengan asal layanan yang Anda tempati dan semuanya diproses dengan cara yang teliti.

  1. Siapkan akun WhatsApp dengan cara verifikasi

WhatsApp yang sudah menggunakan API haruslah sudah terverifikasi. Pastikan bahwa data yan telah diberikan adalah data yang valid sehingga bisnis dapat terdeteksi keberadaannya. Pendaftaran ini meliputi beberapa persyaratan sehingga Anda harus memenuhi persyaratan yang telah diberikan. Apabila semua sesuai dengan prosedur, maka WhatsApp akan memberikan kode verifikasi untuk kemudian dapat ditindaklanjuti.

  1. Aktifkan nomor WhatsApp yang diinginkan

Cara mendapatkan WhatsApp Business API perlu dengan memahami step by stepnya. Agar proses pendaftaran dapat berjalan dengan lancar maka Anda perlu untuk memperhatikan setiap prosedur yang berlaku. Apabila prosedur sudah berjalan maka Anda akan diminta untuk segara mengaktifkan WhatsApp yang diinginkan. Anda sudah bisa menggunakannya untuk kepentingan bisnis yang dijalankan.

  1. Perbarui profil WhatsApp

Untuk dapat menggunakan API pada WhatsApp maka cara mengetesnya adalah dengan memperbarui profil WhatsApp. Dengan adanya API maka client serta server dapat terhubung dalam satu akses yang sama. Untuk bisa memaksimalkannya maka disarankan untuk memperbarui foto profil yang menjadi identitas dari perusahaan. Apabila Anda menggunakannya untuk berbisnis, maka identitas tersebut harus melekat. Tujuan adalah agar para client dapat mengenali bisnis Anda serta dapat mengetahui secara detail informasi yang telah dibuat.

  1. Kirim pesan percobaan

Jika semua sudah terverifikasi dengan baik. Anda sudah bisa mengetesnya dengan mengirim pesan untuk diuji coba. Pesan yang telah masuk kedalam client dan ketika sudah bisa mengindikasikan bahwa verifikasi berhasil. Anda sudah bisa berkomunikasi secara intensif dengan mengandalkan API dari whatsaap.

Cara mendapatkan WhatsApp Business API beserta penggunaannya dapat dilakukan dengan mengikuti prosedur yang diberikan. Semua prosedur ini dapat diterapkan dan dilakukan secara bertahap sesuai dengan instruksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *