Nias Selatan, deliknews – Pemilihan Umum Tahun 2024 khususnya di Kabupaten Nias Selatan, berjalan aman dan kondusif, sampai berakhirnya Pleno KPU Kabupaten Nias Selatan, Selasa (5/3/2024) lalu.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Nias Selatan, AKBP Boney Wahyu Wicaksono, S.I.K saat dialog interaktif secara podcast online di RRI Teluk Dalam dengan Topik “Kolaborasi dan Koordinasi Yang Baik, Menghasilkan Pemilu Nias Selatan Yang Aman dan Kondusif”,  Jum’at (8/3/2024).

“Pemilu 2024 di Nias selatan telah terlaksana dengan aman dan damai, khususnya dalam tahapan demi tahapan sampai pada penghitungan suara pada sidang pleno KPU Nias Selatan yang telah berakhir pada Selasa, 05 Maret 2024 lalu”

Pada kesempatan ini Ia juga menyampaikan bahwa pelaksanaan pemilu 2024 di Nias selatan banyak perubahan dan perbaikan dari pemilu sebelumnya. dimana kolaborasi yang baik telah tercipta antara forkopimda dan hubungan yang terjalin baik dengan awak media juga menjadi faktor pendukung pemilu dapat terlaksana dengan baik.

Seperti diketahui pemilu sebelumnya pernah  keterlambatan distribusi logistik. namun untuk tahun 2024 ini, hal tersebut sudah bisa diantisipasi dengan dijalankan dan diciptakannya komunikasi yang baik dari setiap unsur lembaga, institusi dan masyarakat kabupaten Nias selatan, tutur Boney Wahyu Wicaksono.

Terkait pengamanan, Polres Nias Selatan mengerahkan 829 personil, yang terdiri dari Personil Polres Nias Selatan dan BKO Brimob Polda Sumatera Utara. tentunya semua personil telah dipersiapkan dengan berbagai pelatihan-pelatihan seperti latihan dalmas, Simulasi pengamanan pemilu. Selain itu, pihaknya mendapat dukungan dari TNI, baik dari Lanal maupun dari Koramil.

Semua personil yang tersebar melaksanakan pengamanan wajib melewati Medan sulit yang harus ditempuh, mulai dari jalanan curam berbatu sampai daerah kepulauan yang harus ditempuh dengan menyeberangi lautan.

“Hal ini tentunya harus mendapat perhatian khusus dari kita, khususnya saya sebagai Kapolres Nias Selatan. Tentunya saya ikut turut mengawasi dengan selalu berkomunikasi dengan anggota dilapangan sambil memberi suport kepada seluruh rekan-rekan langsung ke lapangan secara bergantian bersama forkopimda,KPU dan Bawaslu”,

Dengan Medan sulit tersebut merupakan effort tersendiri, dan komunikasi yang terjalin dengan baik adalah cara tercepat untuk mitigasi setiap permasalahan dan potensi lebih awal, serta tingginya kesadaran masyarakat dalam mendukung pemilu damai tahun 2024 merupakan nilai utama berhasilnya tercipta pemilu damai ini, imbuhnya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam menghadapi Pilkada 2024 di Kabupaten Nias selatan, Polres Nias Selatan telah mengambil langkah persiapan pengamanan. tentunya menyesuaikan aturan dan mekanisme apa yang telah diterapkan oleh Kapolda, kita wajib mendukung hal tersebut, ujarnya.

Selain itu, pihaknya akan memperkuat personil dan dukungan sarana dan prasarananya lainnya dengan menyesuaikan dan bercermin dari Pilpres dan pileg 2024 yang telah terlaksana dengan baik di Kabupaten Nias selatan ini, pungkas Boney Wahyu Wicaksono. (Sabar Duha)