Bekasi – Satuan Unit Reskrim Polsek Bantargebang menangkap empat pelaku pemungutan liar di kalangan sopir bermuatan barang di Jalan Raya Narogong, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi.

Kapolsek Bantargebang Kompol Siswo mengatakan empat pelaku diantaranya berinisial MBS (32), A(32), M (46) dan AK (34) mereka ditangkap saat tengah melakukan pemungutan.

“Para pelaku ini mampu meraup keuntungan hingga Rp60 juta per bulan di tiap titiknya. Adapun modus para pelaku yakni membagikan tiket retribusi berlogo pemerintah daerah dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi. Dengan dalih mendapat kuasa dari pemerintah daerah, mereka lalu menarik retribusi dengan nilai bervariasi di kalangan para sopir di tengah jalan,”katanya, Senin (24/9/2018).

Tambah Siswo, para pelaku ini tidak mengenakan seragam dinas terkait, namun memakai seragam organisasi masyarakat (ormas) yang ada di wilayah setempat.

“Untuk truk besar setiap titiknya dikenakan Rp10 ribu, sedangkan truk boks atau kecil dikenakan biaya Rp5 ribu per titik,”tutupnya.