Rabu, 22 April 2020 - 23:48 WIB

Gandeng PMI, Extra Joss Ayo Bergerak Bantu 2000 APD

JAKARTA – Jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Data sementara hingga 21 April 2020 pukul 16.30 wib, pemerintah menyebut lebih dari 6760 kasus Covid-19 di Indonesia.

Penambahan ini kian mengkhawatirkan, mengingat belum masifnya rapid test yang telah dilakukan pemerintah dengan keterbatasan alat yang tersedia. Angka mortalitas pun tergolong tinggi hingga mencapai 8,7 persen dari jumlah pasien positif.

Dengan kondisi demikian, para petugas medis mulai kewalahan, karena jumlah kamar perawatan dengan jumlah penderita tidak sebanding. Petugas harus berjibaku untuk terus berdedikasi terhadap pekerjaannya di tengah sarana dan prasarana yang terbatas.

Jumlah APD terutama baju hazmat untuk digunakan setiap hari kian menipis. Bahkan ada Rumah Sakit di daerah memanfaatkan jas hujan untuk digunakan sebagai APD.

Terpanggil untuk berkontribusi, Extra Joss sebagai produk minuman kesehatan dari PT Bintang Toedjoe memberikan dukungan bantuan berupa 2000 APD dan produk kesehatan seperti Extra Joss, Komix Herbal, Bejo Jahe Merah dan Bintang Toedjoe Panas Dalam untuk para tenaga medis.

Presiden Direkktur PT Bintang Toedjoe, Simon Jonatan menjelaskan, bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Extra Joss dalam penanganan pandemi virus corona Covid-19.

“Kami merasa terpanggil. Apalagi memang sudah dari dulu PT Bintang Toedjoe peduli dengan aksi-aksi sosial kemanusiaan yang melanda negeri ini,” terang Simon, Rabu (22/4/2020).

Untuk pendistribusian 2000 APD dan produk kesehatan tersebut, pihaknya menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI).

Secara simbolis, bantuan diserahkan Simon kepada Ketua Umum PMI Muhammad Jusuf Kalla di Markas Pusat PMI pada Rabu 22 April 2020.

“Kita serahkan kepada PMI, kita hanya mengawasi saja untuk pendistribusiannya. Rencananya disebar ke daerah-daerah seperti Sukabumi, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Bali, Medan, Tegal dan kota besar lainnya,” papar Simon.

Simon berharap, bantuan tersebut dapat memberikan manfaat, khususnya bagi tenaga medis yang sekarang tengah berjuang di garda terdepan. “Petugas Medis merupakan garda terdepan dari musibah pandemi ini. Mereka harus terlindungi dan terjaga dari paparan virus saat melayani pasien,” tambahnya.

Sebelumnya, kata Simon, Extra Joss telah membagikan produknya untuk garda terdepan lainnya seperti TNI, Polri, Satpol PP dan tenaga medis di berbagai pos Tanggap Darurat Covid-19.

Bahkan pihaknya juga berbagai dengan para pelanggan dan konsumen dengan cara membeli 150 ribu nasi bungkus dari ribuan warteg untuk kemudian dibagikan pada masyarakat di Jabodetabek.

Sementara itu Ketua Umum PMI Muhammad Jusuf Kalla memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan Extra Joss. “Kami apresiasi dan kami ucapkan terima kasih, semoga bantuan APD dan produk kesehatan ini bisa bermanfaat,” terangnya.

“Nanti akan kami distribusikan untuk tenaga medis di rumah sakit yang ada di daerah, karena memang di daerah lebih membutuhkan,” tutup Jusuf Kalla.

Artikel ini telah dibaca 134 kali

loading...
Baca Lainnya

Mengutuk Kekejaman KKSB Papua

Oleh : Sabby Kossay Kelompok kriminal separatis bersenjata adalah kumpulan pemberontak yang terus meneror masyarakat...

21 September 2020, 20:53 WIB

Omnibus Law Cipta Kerja Bangkitkan Perekonomian Bangsa

Oleh : Alfisyah Dianasari Pembahasan RUU Cipta Kerja terus dipercepat. Publik pun meyakini bahwa Omnibus...

21 September 2020, 19:53 WIB

Otsus Jilid 2 Dorong Kemajuan Milenial Papua

Oleh : Sabby Kossay Otonomi khusus jilid 2 didukung penuh oleh mahasiswa dan pemuda Papua,...

21 September 2020, 14:28 WIB

RUU Cipta Kerja Jadi Penyelamat Ekonomi

Oleh : Edi Jatmiko Pandemi covid-19 menghantam perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Agar tak terjadi krisis,...

21 September 2020, 00:51 WIB

Bahaya Covid-19 masih Mengintai, Perketat Protokol Kesehatan

Oleh : Reza Pahlevi Pandemi Covid-19 belum berakhir meski sebelumnya Indonesia sempat mengalami pelandaian kasus....

21 September 2020, 00:37 WIB

Ikatan Keluarga Santri Depok (IKSD) Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Depok 1

Enam rumah permanen terbakar di Jalan Jambu VII, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, pada...

20 September 2020, 18:48 WIB

loading...