Muara Teweh – Peristiwa kebakaran yang menghanguskan 3 rumah milik warga terjadi di Kelurahan Lahei II, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Kali ini, musibah kebakaran terjadi di RT 06 Jalan Tanjung Binuang Kelurahan Lahei II, Kecamatan Lahei sekitar pukul 07.40 wib, Senin (28/12/2020).

Atas peristiwa tersebut, sebanyak tiga rumah yang berkontruksi dari kayu dilahap si jago merah dan 1 buah rumah di sampingnya sudah sebagian papannya terbakar.

Kapolsek Lahei, AKP Amri.SE membenarkan, ada 4 Kepala rumah tangga yang terdampak atas kejadian kebakaran tersebut. Diantara nya milik Debu (55), Mulyadi (36), Syarkani (52), dan Rajidan (25).

“Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya korban material berupa bangunan dan isi didalamnya yang masih belum didata dan belum diketahui kerugiannya. Namun diperkirakan kerugian atas kejadian tersebut kurang lebih berkisar Rp. 150 juta rupiah” Ujar AKP. Amri, SE

Lanjutnya, api dapat di padamkan sekira pukul 08.45 wib oleh masyarakat dibantu anggota Koramil dan angota Polsek Lahei dengan menggunakan 2 (dua) Mesin Alkon milik warga dengan cara menyedot air di sungai Barito untuk memadamkan api. Disamping itu sebagian warga masyarakat, anggota polsek dan koramil menggunakan ember untuk menyiram bangunan yang terbakar.

Kejadian kebakaran bangunan tersebut diketahui api berasal dari bagian dapur dan menurut informasi dari saksi, Fery Bin Debu menerangkan bahwasanya Dua rumah tersebut menggunakan 1 dapur, yang mana keluarga tersebut memasak menggunakan kayu bakar dan kompor gas, akan tetapi untuk asal api tersebut belum diketahui.

Pada saat terjadi kebakaran Debu sedang tidak ada di rumah, sedang menyadap karet di kebunnya.

Akibat terbakarnya 3 (tiga) buah rumah tersebut juga berdampak 1(satu) buah rumah di sampingnya sudah sebagian papannya terbakar dan dapat diselamatkan oleh warga masyarakat dibantu anggota Polsek Lahei dan anggota koramil memadamkan rumah tersebut, pungkasnya.(iskandar/ruhui).