Polres Bartim dan BPBD Damkar Menggelar Pelatihan Keterampilan Penanganan Karhutla

  • Whatsapp

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Dalam rangka memberikan bekal keterampilan dalam upaya pencegahan dan memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta tata cara membuka lahan tanpa membakar, dalam menghadapi pergantian musim dari penghujan ke musim kemarau.

Polres Barito Timur jajaran Polda Kalimantan Tengah bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD Damkar) Kabupaten Barito Timur melaksanakan pelatihan terhadap masyarakat desa/kelurahan, yang digelar di lapangan bola mako Polres Bartim, pada Senin pagi (15/03/2021)

Pelatihan Penanggulangan Karhutla dihadiri oleh Para Bhabinkamtibmas Polres Bartim, Babinsa Koramil jajaran Kodim 1012 Buntok serta para Anggota Pemadam kebakaran yang berada di Wilayah Hukum Polres Bartim.

Pelaksanaan Pelatihan tersebut dibuka oleh Waka Polres Barito Timur, AKBP Donal Harianja dan sebagai narasumber, yakni kepala pelaksana BPBD Damkar Barito Timur Ir. H. Riza Rahmadi. MM, Kasi penanggulangan Damkar, serta kasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan Hidup Piyan Marili, ST.,M.M.

Dalam pelatihan tersebut diajarkan cara membuka lahan tanpa membakar, dalam penyampaian materi tersebut langsung disampaikan oleh kasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan Hidup Kab. Barito Timur, sdri. Piyan Marilin,ST.,M.M.

Kapolres Bartim AKBP Afandi Eka Putra,S.H.,S.I.K.,M.Pict melalui Wakapolres AKBP Donal Harianja menyampaikan, dengan pelatihan Terhadap Masyarakat Desa/Kelurahan Dalam Rangka Memberikan Bekal Keterampilan Dalam Upaya Pencegahan dan Memadamkan Karhutla.

“Serta Tata Cara Membuka Lahan Tanpa Membakar di Wilayah Hukum Polres Bartim dapat memberikan bekal kepada anggota dilapangan untuk siap menghadapi kebakaran hutan dan lahan” ujar AKBP Donal Harianja

Lanjutnya, selain guna mempersiapkan kesiapan anggota menghadapi Karhutla, kegiatan tersebut juga melatih kekompakan baik TNI, Polri serta Damkar ketika menghadapi kebakaran yang terjadi di wilkum Hukum Polres Bartim.

Semoga dengan diajarkan pelatihan sekarang ini bisa disampaikan kepada masyarakat yang lainnya di wilayah binaan Bhabinkamtibmas dan Babinsa, pungkasnya. (Boy)

Pos terkait

loading...