Bimtek:  Pendataan SDGs Diikuti 6 Desa se Kecamatan Wewiku

  • Whatsapp

Malaka, NTT, deliknews – Kegiatan Bimtek pendataan SDGs untuk 6 desa merupakan dasar bagi pendata yang akan melakukan pengimputan data untuk masukan ke Aplikasi SDGs. Landasan SDGs itu adalah berkelanjutan pembangunan desa. Kegiatan Bimtek diselenggarakan oleh tenaga ahli P3MD Kabupaten Malaka NTT.

Bimbingan Teknik (Bimtek) Stutainable Development Goals (SDGs) diikuti 50-an perserta untuk sistim pendataan masyarakat ditingkat desa demi  mewujudkan  17 tujuan dan 169 target SDGs dalam kadar kesejahteraan masyarakat. Tujuan SDGs, untuk menghapus kemiskinan, mengakhiri kelaparan, mencapai kesejahteraan, pendidikan bermutu, kesenjangan dan pertumbuhan Ekonomi masyarakat pedesaan.

Camat Wewiku, Manfred Yohanes Laak, S.Pd, M.Si saat ditemui deliknews, Sabtu 24/4/2021 dikantor desa Webriamata mengatakan kegiatan Bimbingan Tenik (Bimtek) sistim pendataan SDGs diikuti 50-an peserta.

“Peserta Bimtek dari 6 desa yaitu: desa Webriamata, Weulun, Rabasa biris, Badarai, Biris, Halibasar. Sedangkan tenaga ahli P3MD Kabupaten Malaka untuk melakukan pendataan ditingkat desa sampai dusun dan RT/RW” ujar Mamfred Yohanes Laak. S. Pd. M. Si.

Lanjutnya, sesuai dengan arahan pemateri dari narasumber P3MD mengunakan 4 sistim yakni. Sisitim survei Desa, survei RT/RW, survei Keluarga dan survei perorangan. Dengan survei supaya dapat ketahui kesenjangan, ketidak mampuan ekonomi dan standar pendidikan. 17 tujuan dan 169 target SDGs dalam kelanjutan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Pengambilan data dari tim pendataan SDGs sebelum mengimput data ke dalam Aplikasinya, tentu saja data tersebut sudah akurat. Kenapa saya mengatakan demikian? Sebab: Para tim pendata sudah dibekali melalui Bimtek.

Harapan saya pada peserta Bimbingan Teknik (Bimtek) hari ini, saat pengambilan data sesuai arahan yang sudah dibekali dari pemateri dan juga tim tidak boleh melakukan pendataan tersebut dari jauh atau mendapat data tidak akurat, pungkasnya.(Dami Atok)

Pos terkait

loading...