Tahun 2022 SMKN 2 Bukittinggi Akan Jadi SMK Pusat Keunggulan

  • Whatsapp

Bukittinggi, – SMKN 2 Bukittinggi terus berkembang dibawah kepemimpinan kepala sekolah Meri Desna, pada tahun 2022 besok sekolah ini akan menjadi SMK Pusat Keunggulan (PK) yang tunjuk langsung oleh Kemendikbud RI dan didukung Dinas Pedidikan Provinsi Sumatera Barat.

SMK PK bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya.

Sebelum menjadi PK, SMKN 2 Bukittinggi telah menyiapkan berbagai aspek persyaratan secara umum dan khusus seperti terobosan keselarasan mendalam dan menyeluruh yang disebut sebagai 8+i link and match yang dibutuhkan untuk membentuk SDM yang berkualitas.

SMK ini telah menyiapkan Rencana Aksi yang telah dan sedang dilakukan antara lain meningkatkan Soft skil dan hard skill melalui Penyusunan dan sinkronisasi Kurikulum dengan melibatkan Dunia Usaha Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) yang relevan dengan masing-masing Kompetensi Keahlian yang akan diimplentasikan dalam proses pembelajaran Problem Base Learning dan Project Base Learning.

Baca juga : Mendikbud Apresiasi Gerak Cepat Pemda Soal Kasus SMKN 2 Padang

Kasus Jilbab Siswa SMKN 2 Padang Sudah Selesai

Kemudian, melibatkan Perguruan Tinggi Negeri sebagai Mitra pendamping untuk SMK- PK, melibatkan Guru tamu dari DUDIKA dengan alokasi waktu 50 jam tiap semester.

Memproyeksikan PKL di Industri selama 6 bulan dan dilaksanakan sertifikasi Profesi dengan LSP-P1, mendorong beroperasinya secara optimal Teaching Factory (TeFa) dan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 2 Bukittinggi.

Kepala Sekolah Meri Desna telah mendapatkan pemahaman dan pengetahuan mendasar tentang SMK Center of Excellent (CoE) yang merupakan kombinasi pelatihan SDM dengan penguatan sarana pembelajaran untuk mendapatkan Progress yang lebih cepat melalui Pelatihan CEO yang dilaksanakan pada Tahun 2020 di Bogor.

Tek hanya itu, juga telah dicanangkan diklat perubahan pola pikir guru dan tenaga kependidikan, diklat perubahan pola pikir siswa, diklat budaya kerja, magang guru, mendatangkan guru tamu dari DUDIKA, peningkatan kerjasama penerapan pembelajaran tefa dengan DUDIKA.

Dalam rangka penguatan exsistensi managemen SMKN 2 Bukittingggi, dukungan Direktorat SMK melalui Dirjen Vokasi telah merealisasikan bantuan Fasilitas Badan layanan Umum Daerah (BLUD) yang akan dimanfaatkan untuk penyiapan dokumen BLUD itu sendiri dalam penyusunan dokumen tersebut melibatkan berbagai unsur terkait. 

Kepala sekolah telah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Vokasi Bidang Bisnis dan Pariwisata yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) bulan September 2021 di Jakarta.

Secara khusus, program SMK PK bertujuan memperkuat kemitraan antara Kemendikbud dan pemerintah daerah dalam pendampingan Program SMK Pusat Keunggulan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia SMK termasuk kepala SMK, pengawas sekolah, dan guru untuk mewujudkan manajemen dan pembelajaran berbasis dunia kerja.

Memperkuat kompetensi keterampilan nonteknis dan keterampilan teknis peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, serta mengembangkan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, mewujudkan perencanaan yang berbasis data melalui manajemen berbasis sekolah.

Meningkatkan efisiensi dan mengurangi kompleksitas pada sekolah dengan menggunakan platform digital, peningkatan sarana dan prasarana praktik belajar siswa yang berstandar dunia kerja, memperkuat kemitraan dan kerja sama antara Kemendikbud dengan dunia kerja dalam pengembangan dan pendampingan Program SMK PK.

Pos terkait

loading...