Senin, 12 Maret 2018 - 13:02 WIB

Di Halsel Hanya Enam Sekolah Yang Ikut UNBK

BACAN – Jumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) tercatat sebanyak 112 sekolah. Meski begitu, yang dinyatakan lolos dan memenuhi syarat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini hanya enam sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Halsel, Umar Iskandar Alam dikonfirmasi, Senin (12/3/2018) mengatakan, ada banyak sekolah yang diusulkan melaksanakan UNBK tahun ini, namun yang memenuhi syarat hanya enam sekolah, diantaranya SMP Islam Samargalila, SMP Muhammadiyah 1 Bacan, SMPN 4 Kayoa, SMPN 15 Obi, SMPN 1 Bacan, SMPN 6 Bacan. “Banyak yang kita usulkan, tapi yang memenuhi syarat itu hanya enam sekolah,”ujarnya.

Menurut dia, meski hanya enam sekolah yang menerapkan UNBK, namun jumlah ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya tiga sekolah. “Sekolah yang tidak memenuhi syarat melaksanakan UNBK itu lebih banyak karena masalah jaringan internet dan peralatan mereka belum memadai,”tandasnya.

Sebenarnya kata dia, UNBK ini cukup bagus sebab bisa menghemat anggaran karena tidak lagi menggunakan lembaran soal dan jawaban dalam bentuk kertas. “Memang diawalnya butuh biaya karena perlu pengadaan peralatan seperti komputer dan jaringan internet. Tapi kedepannya justru lebih efisien,”katanya. Untuk sekolah yang tidak bisa melaksanakan UNBK, kata Umar, tetap melaksanakan ujian dengan sistem manual yakni Ujian Nasional Berbasis Pensil dan Kertas.

Lebih lanjut, jumlah siswa SMP sederajat di Kabupaten Halsel yang akan ikut ujian tahun ini tercatat sebanyak 4.318 siswa terdiri dari siswa laki-laki sebanyak 2.132 dan siswa perempuan sebanyak 2.182 yang tersebar di 112 sekolah di Kabupaten Halsel. (*)

Artikel ini telah dibaca 59 kali

loading...
Baca Lainnya

Reaksi Cepat, Polsek Ternate Selatan Tangkap Pelaku Curanmor, Lihat

Ternate – Kepolisian Sektor Ternate Selatan, Maluku Utara menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor di lingkungan...

Foto : Antara

2 Mei 2020, 22:58 WIB

Gempa MG 5,1 SR Guncang Ternate

Ternate – Gempamagnutido (M) 5,1 terjadi di Ternate, Maluku Utara (Malut). Gempa tidak berpotensi tsunami....

Ilustrasi Gempa

13 April 2020, 22:55 WIB

Unkhair Ternate Skorsing 4 Mahasiswa, Ini kata Rektor

Ternate – Universitas Khairun Ternate akhirnya memberikan skorsing kepada 4 mahasiswa yang terlibat aksi perpeloncoan...

Foto : Antara

30 Agustus 2019, 17:28 WIB

Parpol Ternate Punggut Dana Pendaftaran Calon Walikota Bakal Disanksi

Ternate – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mendeteksi adanya dugaan pembayaran...

Video viral ospek Mahasiswa

30 Agustus 2019, 17:04 WIB

Mahasiswa Baru Unkhair Dipaksa Minum Air Muntahan, Memalukan Ternate

Ternate – Aksi perpeloncoan terjadi saat massa orientasi dan pengenalan kampus di lingkungan Universitas Khairun...

Video viral ospek Mahasiswa

30 Agustus 2019, 11:11 WIB

Pembobol Jok Motor di Ternate Ditangkap

Ternate – Polsek Ternate Selatan, berhasil meringkus satu pelaku spesialis pembobol jok sepeda motor di...

Video viral ospek Mahasiswa

14 Agustus 2019, 18:00 WIB

loading...