Maluku Utara

Di Halsel Hanya Enam Sekolah Yang Ikut UNBK

BACAN – Jumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) tercatat sebanyak 112 sekolah. Meski begitu, yang dinyatakan lolos dan memenuhi syarat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini hanya enam sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Halsel, Umar Iskandar Alam dikonfirmasi, Senin (12/3/2018) mengatakan, ada banyak sekolah yang diusulkan melaksanakan UNBK tahun ini, namun yang memenuhi syarat hanya enam sekolah, diantaranya SMP Islam Samargalila, SMP Muhammadiyah 1 Bacan, SMPN 4 Kayoa, SMPN 15 Obi, SMPN 1 Bacan, SMPN 6 Bacan. “Banyak yang kita usulkan, tapi yang memenuhi syarat itu hanya enam sekolah,”ujarnya.

Menurut dia, meski hanya enam sekolah yang menerapkan UNBK, namun jumlah ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya tiga sekolah. “Sekolah yang tidak memenuhi syarat melaksanakan UNBK itu lebih banyak karena masalah jaringan internet dan peralatan mereka belum memadai,”tandasnya.

Sebenarnya kata dia, UNBK ini cukup bagus sebab bisa menghemat anggaran karena tidak lagi menggunakan lembaran soal dan jawaban dalam bentuk kertas. “Memang diawalnya butuh biaya karena perlu pengadaan peralatan seperti komputer dan jaringan internet. Tapi kedepannya justru lebih efisien,”katanya. Untuk sekolah yang tidak bisa melaksanakan UNBK, kata Umar, tetap melaksanakan ujian dengan sistem manual yakni Ujian Nasional Berbasis Pensil dan Kertas.

Lebih lanjut, jumlah siswa SMP sederajat di Kabupaten Halsel yang akan ikut ujian tahun ini tercatat sebanyak 4.318 siswa terdiri dari siswa laki-laki sebanyak 2.132 dan siswa perempuan sebanyak 2.182 yang tersebar di 112 sekolah di Kabupaten Halsel. (*)

loading...

Related Articles