Rabu, 13 Juni 2018 - 22:44 WIB

Penumpang Bandara Babullah Melonjak

Ternate – Unit Penyeleggara Bandara (UPBU) Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut) menyebut, arus mudik lebaran Idul Fitri, penumpang yang menggunakan pesawat udara pada H-2 melonjak.

“Melonjaknya penumpang hingga mencapai di atas 1.400 penumpang per hari atau di atas 50 persen,” kata Kepala UPBU Sultan Babullah Ternate, Usdek Luthermand di Ternate, Rabu.

Oleh karena itu, dengan melonjaknya penumpang arus mudik ini, pihaknya telah menyediakan posko lebaran untuk memberi kemudahan bagi calon penumpang yang akan ke berbagai kota lainnya di Indonesia untuk mendapatkan tiket.

Menurut dia, sesuai laporan yang diterima pada sejumlah maskapai kalau hingga empat hari terakhir seluruh kursi telah terisi penumpang baik yang akan ke berbagai kota maupun ke Kota Ternate.

Kendati demikian, kata Usdek, sesuai catatan arus mudik dari Ternate ke berbagai kota meningkat pesat seperti untuk tujuan Makassar, Surabaya maupun ke Jakarta.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Pelni Cabang Ternate, Beny Baskoro ketika dihubungi terpisah mengatakan, para penumpang dari dan ke Ternate menggunakan Kapal PT Pelni alami peningkatan, terutama untuk tujuan Ambon, Bitung dan Bau-Bau.

KM Sinabung misalnya sejak (11/6) lalu mobilisasi pemudik menggunakan KM Labobar tujuan Bitung penumpang dari dan ke Ternate mencapai 750 lebih penumpang.

Selain itu, untuk KM Doloronda tujuan Ternate-Ambon mengangkut penumpang di atas 800 orang dan tujuan Bau-Bau mencapai 500 lebih, bahkan, kapal tersebut mengangkut penumpang hingga ke Makassar, Surabaya dan Jakarta.

Sementara itu, arus mudik dari Ternate ke berbagai daerah lainnya di Malut semakin meningkat terutama rute antar-pulau di Malut, terpantau di sejumlah pelabuhan di daerah ini semakin padat.

Kasit Keselamatan Pelayaran Syahbandar Pelabuhan Bastiong Ternate, Daud Iskandar Alam ketika dihubungi menyatakan, penumpang dari Ternate ke Halmahera Selatan setiap tahun selalu terjadi lonjakan penumpang maka pihaknya menerjunkan seluruh pegawai di lapangan untuk mengamankan, terutama soal keselamatan.

Meningkatnya arus mudik ditambah dengan terbatasnya armada kapal, sehingga pihaknya akan terus pantau jika terus terjadi kepadatan penumpang maka pihaknya akan menyiapkan penambahan armada kapal, terutama untuk calon penumpang dari Ternate tujuan Babang, Pulau Bacan dan dari Ternate tujuan Pulau Obi.

Artikel ini telah dibaca 320 kali

loading...
Baca Lainnya

Reaksi Cepat, Polsek Ternate Selatan Tangkap Pelaku Curanmor, Lihat

Ternate – Kepolisian Sektor Ternate Selatan, Maluku Utara menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor di lingkungan...

Foto : Antara

2 Mei 2020, 22:58 WIB

Gempa MG 5,1 SR Guncang Ternate

Ternate – Gempamagnutido (M) 5,1 terjadi di Ternate, Maluku Utara (Malut). Gempa tidak berpotensi tsunami....

Ilustrasi Gempa

13 April 2020, 22:55 WIB

Unkhair Ternate Skorsing 4 Mahasiswa, Ini kata Rektor

Ternate – Universitas Khairun Ternate akhirnya memberikan skorsing kepada 4 mahasiswa yang terlibat aksi perpeloncoan...

Foto : Antara

30 Agustus 2019, 17:28 WIB

Parpol Ternate Punggut Dana Pendaftaran Calon Walikota Bakal Disanksi

Ternate – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mendeteksi adanya dugaan pembayaran...

Video viral ospek Mahasiswa

30 Agustus 2019, 17:04 WIB

Mahasiswa Baru Unkhair Dipaksa Minum Air Muntahan, Memalukan Ternate

Ternate – Aksi perpeloncoan terjadi saat massa orientasi dan pengenalan kampus di lingkungan Universitas Khairun...

Video viral ospek Mahasiswa

30 Agustus 2019, 11:11 WIB

Pembobol Jok Motor di Ternate Ditangkap

Ternate – Polsek Ternate Selatan, berhasil meringkus satu pelaku spesialis pembobol jok sepeda motor di...

Video viral ospek Mahasiswa

14 Agustus 2019, 18:00 WIB

loading...