Rabu, 20 Maret 2019 - 07:12 WIB

Kenali Penyebab Penyakit Batuk Pada Bayi Berusia 1 Bulan

Orang tua mana sih di dunia ini yang akan merasa tenang jika melihat si kecil dalam keadaan sakit? Sebagai orang tua, tentu saja kita kerap dibuat cemas dan khawatir dengan kondisi si kecil yang sedang dalam keadaan sakit, terutama pada bayi yang baru berusia 1 bulan. Salah satu jenis penyakit yang kerap menyeran bayi berusia 1 bulan, yakni berupa penyakit batuk. Penyakit yang satu ini disebabkan karena adanya infeksi virus atau bakteri. Namun, hal itu juga tergantung pada jenis batuk yang diderita si kecil. Batuk pada bayi 1 bulan jika normalnya itu akan sembuh dalam kurun waktu 2 minggu, namun bukan berarti bunda harus menganggap remeh. Maka dari itu, sangat penting bagi bunda untuk mengetahui tentang jenis-jenis batuk pada bayo beserta gejalanya saat sudah terjadi. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Jenis-Jenis Batuk Pada Bayi

Menurut para medis, penyakit batuk itu terbagi kedalam 2 jenis yakni batuk kering dan batuk berdahak. Biasanya, jenis batuk kering kerap dialami oleh orang dewasa. Namun, tak sedikit juga kasus-kasus dimana bayi menderita penyakit batuk kering. Batuk kering itu sendiri biasanya akan terjadi, yang berupaya untuk menghilangkan gangguan karena gatal atau iritasi pada tenggorokan dan saluran pernafasan. Ya, dengan kata lain, jenis batuk kering ini disebabkan karena adanya alergi. Dan seperti yang sudah kita ketahui, bahwa bayi pada umumnya sangat rentan terhadap serangan penyakit batuk serta pilek. Bahkan, si kecil bisa mengalami batuk dan pilek hingga 8 kali dalam kurun waktu satu tahun lho! Kendati demikian, frekuensi batuknya bisa berkurang seiring dengan kekebalan tubuh bayi yang semakin hari semakin kuat.

Lain halnya dengan jenis batuk berdahak, yang biasanya akan sangat terasa sesak pada daerah dada. Mengapa bisa demikian? Ya, hal itu dikarenakan batuk berdahak merupakan salah satu cara alami untuk mengeluarkan dahak dari organ paru-paru. Batuk berdahak itu sendiri diakibatkan adanya infeksi yang dibawa oleh bakteri. Selain jenis batuk kering dan batuk berdahak, ada pula jenis batuk croup yang dapat mengakibatkan sesak nafas. Pasalnya, hal tersebut dikarenakan laring dan saluran pernafasan ke paru-paru telah terjadi pembengkakkan. Alhasil, si kecil akan mengeluarkan batuk seperti gonggongan. Kondisi batuk croup juga akan disertai dengan beberapa gejala seperti demam, panas, dan keluarnya cairan kental atau ingus pada kedua lubang hidungnya. Namun, penyakit batuk croup ini biasanya akan menyerang bayi berusia 6 bulan keatas saja.

Cara Meredakan Batuk Pada Bayi Berusia 1 Bulan Yang harus Bunda Ketahui

Pada dasarnya, ada banyak sekali merk obat batuk untuk anak yang dapat kita jumpai di pasaran. Akan tetapi, bunda juga jangan sampai sembarangan dalam memberikan obat batuk pada bayi. Sebab, jika dosis pada obat batukya tidak tepat maka akan berakibat fatal pada kondisi si kecil. Dalam hal ini, bunda diharuskan untuk berkonsultasi terlebih dulu ke dokter saat hendak memberikan obat batuk pada si kecil. Adapun mengenai beberapa langkah simple yang bisa bunda lakukan untuk meredakan batuk pada si kecil seperti di bawah ini :

  1. Memberikan ASI lebih sering lagi dari biasanya.
  2. Berikan banyak waktu istirahat pada si kecil.
  3. Menggunakan uap panas, dimana bunda dapat memasukan air hangat kedalam baskom, lalu posisikan tubuh si kecip tepat di samping baskomnya. Selain itu, bunda juga bisa menggunakan humidifier.

Kenali Tanda-tanda Bahaya

Tak hanya berbagai reaksi tubuh, ada beberapa jenis batuk yang disebabkan oleh faktor lain yang harus bunda waspadai. Adapun mengenai beberapa ciri atau tanda-tanda bahaya batuk pada si kecil seperti di bawah ini :

  1. Menolak Saat Akan Diberi ASI

Si kecil akan menolak saat akan disusui, sehingga kondisi tersebut dapat menyebabkan dehidrasi. Bunda harus mengetahui kondisi bayi dalam keadaan dehidrasi dengan cara mengecek bagian popoknya. Dalam kondisi normal, maka bayi akan buang air kecil setiap 6 jam sekali.

  1. Batuk Yang Disertai Dengan Muntah

Ciri-ciri atau tanda bahaya berikutnya yang harus bunda ketahui, yakni adanya batuk yang disertai dengan muntah-muntah.

  1. Mengalami Demam Yang Tinggi

Bunda harus waspada jika si kecil mengalami demam tinggi hingga mencapai 39 derajat celcius, dan demam tersebut juga tidak kunjung mereda dalam waktu 3 hari.

  1. Cermati Nafas Bayi

Apabila bunda mendapati suara yang tidak lazim seperti sesak nafas pada bayi, sebaiknya cepat bawa si kecil ke dokter anak terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Pada dasarnya, penyakit batuk yang kerap dialami bayi berusia 1 bulan itu merupakan sebuah upaya dalam membersihkan benda asing atau lendir dari saluran pernafasannya. Kendati demikian, kita sebagai orang tua harus senantiasa tetap waspada dan sigap saat si kecil terserang penyakit batuk. Demikianlah ulasan singkat megenai pengertian tentang penyakit batuk pada bayi berusia 1 bulan, yang semoga saja bisa menginspirasi bunda.

Artikel ini telah dibaca 13383 kali

loading...
Baca Lainnya

5 Hal Ini Bisa bikin Miss V Tetap Sehat, Termasuk Pipis setelah Bercinta!

Delikhealth – Sudah menjadi hal wajib bagi wanita untuk menjaga kesehatan vaginanya. Oleh karena itu,...

Ilustrasi

23 September 2019, 08:56 WIB

Penjelasan Medis, Bercinta Saat Menstruasi Ternyata

DelikHealth – Jika dilihat dari segi medis, berhubungan seks saat menstruasi memiliki beberapa manfaat, di...

20 Agustus 2019, 10:26 WIB

Tiga Herbal Ini Bisa Hilangkan Bau Ikan Asin Miss V

Salah satu masalah yang umum dialami seorang wanita adalah Miss V yang mengeluarkan aroma tidak...

2 Agustus 2019, 11:11 WIB

Obat Batuk Pilek Untuk Bayi 0-6 Bulan Alami Tanpa Efek Samping

Penyakit batuk dan pilek tak hanya merupakan penyakit yang dapat menyerang orang dewasa saja, namun...

29 Mei 2019, 01:34 WIB

Imunisasi Dasar Lengkap Untuk Si Kecil

Saat anda memiliki anak, terutama ketika mereka masih bayi. Tentu saja Anda ingin memberikan yang...

11 Maret 2019, 02:34 WIB

Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil, Lakukan Hal Berikut Ini

Saat hamil, banyak ibu yang mengalami gangguan kesehatan, mulai dar mual dan muntah, tubuh cepat...

3 Maret 2019, 20:07 WIB

loading...