Otomotif

Selasa, 2 April 2019 - 10:52 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Tips Memulai Bisnis Rental Mobil

Dewasa ini kebutuhan kendaraan bermotor semakin hari semakin meningkat. Hal ini dikarenakan semakin banyak aktivitas manusia sehari-hari yang membutuhkan mobilitas yang tinggi, sehingga sangat membutuhkan sarana transportasi atau kendaraan yang bisa mendukung aktivitasnya tersebut supaya lebih cepat dan mudah. Selain itu, kebutuhan akan kendaraan yang bisa membawa semua anggota keluarga atau rekan dalam satu kendaraan yang lebih praktis, menjadi salah satu alasan mengapa mereka menggunakan mobil. Namun, karena mobil ini harganya relatif lebih mahal dibandingkan kendaraan lain seperti sepeda motor, sehingga tidak semua orang bisa memiliki mobil.

Peluang inilah yang bisa anda manfaatkan untuk membuka suatu usaha baru, yakni bisnis penyewaan mobil atau yang lebih dikenal di masyarakat dengan nama rental mobil. Karena memang bisnis rental mobil ini cukup menjanjikan dan memiliki prospek yang bagus kedepannya. Memang, tidaklah mudah untuk merintis suatu bisnis itu, termasuk bisnis rental mobil. Tidak sedikit pengusaha rental yang mengalami kebangkrutan ketika mereka baru mulai terjun ke bisnis ini. Kebangkrutan ini bisa terjadi, karena salah satu pemicunya adalah banyak ditipu oleh konsumen, dimana mobilnya dibawa kabur dan tidak dikembalikan lagi. Hal inilah yang membuat para pengusaha pemula menjadi takut dan was was untuk memulai bisnis rental mobil ini. Padahal sebenarnya, semua bisnis itu ada resikonya yang sangat rentan untuk mengalami kebangkrutan. Untuk itu, jika anda akan memulai bisnis rental mobil ini, anda harus berpikir lebih kreatif dan inovatif, sehingga memiliki ide atau tips yang bisa dicoba supaya bisnis rental mobilnya bisa berjalan lancar dan sukses.

Cara Memulai Usaha Rental Mobil

Pada umumnya, usaha rental mobil ini menetapkan tarif sewanya harian. Bisa per 6 jam, 8 jam, 12 jam, maupun 24 jam dengan biaya yang sangat beragam. Dalam hal ini, para penyewa mobil tidak bertanggung jawab dengan perawatan mobil, namun biaya untuk sewa mobil tersebut belum termasuk biaya BBM maupun biaya sopir kalau memang ingin menggunakan jasa sopir dari usaha rental tersebut. Karena usaha rental ini juga biasanya menyediakan jasa sopir dengan menambah biaya sewa, dimana para sopir freelance ini merupakan relasi dari pengusaha rental yang siap sedia bila suatu saat dibutuhkan.

Bisnis rental mobil ini memang sangat menjanjikan keuntungan yang besar, namun bisnis ini juga memiliki resiko yang cukup tinggi. Misalnya, tidak sedikit ada beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab, dengan sengaja membawa kabur mobil sewaan. Belum lagi jika ada kecelakaan, tentunya pihak pengusaha rental mobil harus menyediakan biaya tambahan untuk perbaikan mobil.

Bagi anda yang akan memulai bisnis rental mobil , kali ini akan memberikan beberapa tips memulai bisnis rental mobil supaya lancar dan sukses sebagai berikut :

– Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari tempat atau lokasi yang sangat strategis.

– Lalu pahamilah kebutuhan konsumen, dalam hal ini biasanya para konsumen lebih menyukai mobil yang bisa menampung banyak orang.

– Lalu pilih mobil yang memiliki biaya perawatan dan operasionalnya kecil. Perlu dicatat, bahwa sparepart yang murah dan biaya perawatan yang murah juga bisa membantu untuk menghemat biaya operasional.

– Cobalah untuk memanfaatkan jasa asuransi guna melindungi mobil anda dari berbagai resiko yang akan terjadi.

– Manajemen administrasi yang lebih transparan dan lengkap, agar supaya data konsumen bisa anda lihat jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

– Jalin relasi dengan bengkel atau montir langganan dan terpercaya, agar supaya ketika melakukan perawatan atau perbaikan bisa mendapatkan harga yang lebih murah serta mendapatkan pelayanan yang khusus.

– Manfaatkan media promosi seperti melalui media online, spanduk, brosur, dan lain-lain. Karena hal ini sangat penting bagi keberlangsungan bisnis anda.

– Jika anda menggunakan jasa sopir, maka pilihlah sopir yang baik dan terpercaya. Selain itu pilihlah sopir yang memiliki pengetahuan tentang jalan dan permesinan, karena selain mobil anda kan lebih terawat, para konsumen pun akan merasa nyaman, senang, dan puas dengan pelayanan rental mobil anda.

– Jika bisnis rental mobil anda sudah berkembang, maka anda bisa menambah stok mobil rental anda. Dalam hal ini, anda bisa mencarai tambahan modal dari saudara, teman, atau siapa saja yang bisa diajak join bisnis dengan anda.

– Tips yang terakhir, selain mengincar pelanggan perorangan, carilah pelanggan dari instansi atau perusahaan supaya bisa menjadi pelanggan tetap.

Untuk soal mobil yang akan direntalkan. Dalam menjalankan bisnis rental mobil rumahan ini, bisa dibilang anda membeli mobil hanya perlu membayar DP nya saja, tanpa harus membayar uang lagi untuk membayar angsuran. Contoh sederhananya : anda membeli mobil X dengan DP rp 15-20 juta, dengan tenor 3 tahun angsuran sekitar 3 juta rupiah/bulan. Dari situ berarti anda hanya membutuhkan uang Rp. 3 juta setiap bulannya untuk membayar angsuran. Dengan asumsi sewa mobil Rp. 300 ribu tanpa sopir, maka setiap bulan mobil anda harus ‘bekerja’ selama 10 hari saja untuk membayar angsuran. Sedangkan sisanya 20 hari untuk keuntungan diri anda sendiri. Nah, bagi anda yang hendak sewa mobil dengan harga bersahabat, anda bisa kunjungi langsung Rental mobil Solo pada situs resminya.

Artikel ini telah dibaca 685 kali

Baca Lainnya
loading…