Senin, 16 Desember 2019 - 14:02 WIB

Kantor Bank Nagari Pusat

Kantor Bank Nagari Pusat

Soal Jasa Giro, Humas Bank Nagari : Gak Usah Anda Ungkit Lagi

Sumbar, – Direktur Utama PT. BPD Sumatera Barat (Bank Nagari) disurati (surat wawancara) oleh wartawan Deliknews.com pada November 2019 lalu soal dugaan bunga/jasa giro rekening BOS SD dan SMP tahun 2018 disetorkan ke Kas Daerah Pemprov Sumbar.

Humas Bank Nagari Aulia Alfadil ketika dikonfirmasi terkait surat itu mengatakan, “Lebih baik anda menghubungi terlebih dahulu Dinas Pendidikan Propinsi..semua aturan tentang penyaluran dana2 pendidikan sdh ada aturannya..kami sebagai pemegang kasda sesuai aturan pemda,” kata Aulia Alfadil kepada Deliknews.com melalui via WA, Senin (16/12).

Ditanya apa benar bunga/jasa giro rekening BOS SD/SMP Negeri milik pemerintah kabupaten/kota tahun 2018 disetorkan ke Kas Daerah Pemprov Sumbar, Aulia Alfadil menjawab, “Benar.tapi kekasda masing2 kabupaten dan kota,” jawabnya.

Dijelaskan Aulia Alfadil, jasa giro BOS disetorkan ke kas daerah masing – masing. “Disetorkan ke.kasda masing2 daerah. Sejak dari awal sdh seperti itu,” ujarnya.

Ditanya lagi soal informasi dari Kabid Perbendaharaan pada Badan Keuangan Daerah Pemerintah Kabupaten Pasaman Erwanto yang menyebutkan bahwa bunga/jasa giro rekening BOS SD/SMP Negeri milik Pemerintah Kabupaten Pasaman tahun 2018 baru setorkan ke Kas Daerah Pemkab Pasaman tahun 2019.

“Itu permasalahan sudah clear sama pemda..gak usah anda ungkit2 lagi,” jawab Aulia Alfadil.

Sebelumnya telah diberitakan pernyataan Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping dengan Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Pemkab Pasaman soal biaya administrasi, pajak dan pemindahbukuan jasa giro/bunga bertolak belakang.

BACA BERITA TERKAIT : Pernyataan Bank Nagari dengan Bakeuda Pasaman Bertolak Belakang

Diduga per Desember 2018 bunga/jasa giro pada rekening dana BOS tahun 2018 belum dipindahbukukan secara otomatis ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pemkab Pasaman.

Namun, Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping membantah dugaan itu. Bantahan disampaikannya melalui surat (diterima 18 Oktober 2019), membalas surat wawancara tertulis oleh Wartawan Deliknews.com yang diberikan pada 4 September 2019 lalu.

Bakeuda Pemkab Pasaman melalui Kabid Perbendaharaan Erwanto dikonfirmasi (21/10/19), membenarkan jasa giro/bunga rekening BOS per 31 Desember 2018 belum dipindahbukukan ke RKUD dan pihak Bakeuda telah menyurati Bank Nagari untuk memindahbukukan jasa giro/bunga itu ke RKUD.

Dikatakannya, pihak Bank Nagari baru memindahbukukan jasa giro/bunga rekening BOS itu sekitar bulan Juli 2019 lalu.

Menurut informasi dan data yang dihimpun media ini, bunga/jasa giro rekening BOS SD/SMP Negeri milik pemerintah kabupaten/kota tahun 2018 diduga masih disetorkan ke rekening Kas Daerah Provinsi Sumatera Barat dengan nilai sekitar Rp472 juta.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 971-7791 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penganggaran, Pelaksanaan dan Penatausahaan serta Pertanggungjawaban Dana Bantuan Operasional Sekolah Satuan Pendidikan Dasar Negeri yang Diselenggarakan oleh Kabupaten/Kota pada APBD, pada pion B angka 6 menyatakan bahwa dalam hal terdapat bunga/jasa giro dalam pengelolaan dana BOS, bunga/jasa giro tersebut dipindahbukukan ke RKUD kabupaten/kota sesuai peraturan perundang-
undangan.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 64 kali

loading...
Baca Lainnya

Cerita Dua Pembobol ATM di Citra Raya Diringkus Polsek Panongan

TANGERANG –  Sat Reskrim Polsek Panongan Polresta Tangerang Polda Banten meringkus dua orang pelaku pencurian...

28 Mei 2020, 21:36 WIB

Lihat, Kapolresta Tangerang Apresiasi Pelaksanaan Ops Ketupat 2020

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol H. Ade Ary Syam Indradi memberikan apresiasi atas pelaksanaan...

28 Mei 2020, 21:02 WIB

Saat Coffee Morning, Polresta Tangerang Bahas New Normal

TANGERANG – Polresta Tangerang Polda Banten menggelar coffee morning di halaman Mapolres, Rabu (27/5/2020). Kapolresta...

28 Mei 2020, 20:50 WIB

Wakil Ketua DPRD Badung: Bupati Jangan Tahan Rp 98 M Dana Corona

Badung – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung, I Wayan Suyasa meminta...

Wakil Ketua DPRD Badung, I Wayan Suyasa. (Foto: Deliknews.com)

28 Mei 2020, 19:50 WIB

Terlalu Boros, Badung Minim Ongkos Hadapi Corona

Badung – Kebijakan selama ini dilakukan Giri Prasta sebagai Bupati Kabupaten Badung, Bali dianggap terlalu...

Aktivis LSM Manikaya Kauci, I Nyoman Mardika. (Foto: istimewa)

28 Mei 2020, 18:53 WIB

Pendistribusian Gelombang Ke-III Bansos covid-19, Bupati Nisel : Sebelum Sampai Dirumah, Terlebih Dahulu Dicek

Nias Selatan, Deliknews.com – Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH bersama unsur Forkopimda...

28 Mei 2020, 16:39 WIB

loading...