Senin, 21 Oktober 2019 - 13:45 WIB

Kabid Perbendaharaan pada Bakeuda Pemkab Pasaman Erwanto saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (21/10).

Kabid Perbendaharaan pada Bakeuda Pemkab Pasaman Erwanto saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (21/10).

Pernyataan Bank Nagari dengan Bakeuda Pasaman Bertolak Belakang

Pasaman, – Pernyataan Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping dengan Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Pemkab Pasaman soal biaya administrasi, pajak dan pemindahbukuan jasa giro/bunga bertolak belakang.

Pasalnya, menurut informasi dan data yang dihimpun media ini, ada dugaan rekening dana BOS atas nama sekolah tahun 2018 dikenakan Biaya Administrasi dan Pajak oleh Bank Nagari.

Kemudian, ada dugaan per Desember 2018 jasa giro/bunga pada rekening dana BOS tahun 2018 belum dipindahbukukan secara otomatis ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pemkab Pasaman.

Namun, Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping membantah dugaan itu. Bantahan disampaikannya melalui surat (diterima 18 Oktober 2019), membalas surat wawancara tertulis oleh Wartawan Deliknews.com yang diberikan pada 4 September 2019 lalu.

BACA JUGA : Disurati, Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping Tak Membalas

Surat balasan yang ditandatangani Wakil Pimpinan Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping Wirnalis, No : SR/620/ LS/UM/10-2019 membenarkan ada perjanjian kerjasama antara Bank Nagari dengan Pemkab Pasaman terkait pengelolaan keuangan daerah, berisi tentang Pelayanan Perbankan dan Pelaksanaan Penatausahaan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pasaman.

BACA JUGA : Bank Nagari Balas Surat Wartawan Soal Adm, Pajak dan Bunga

Namun ketika Bakeuda Pemkab Pasaman melalui Kabid Perbendaharaan Erwanto dikonfirmasi (21/10/19), keterangan yang ia berikan sangat bertolak belakang dengan keterangan dari Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping.

Erwanto malah membenarkan bahwa Bank Nagari ada mengenakan biaya administrasi dan pajak terhadap sejumlah rekening BOS tahun 2018.

Sementara, Pemkab Pasaman dengan Bank Nagari telah membuat perjanjian kerjasama dimana salah satu butir kesepakatan termasuk pembebasan biaya administrasi terhadap rekening milik Pemkab Pasaman.

Kemudian Erwanto juga membenarkan jasa giro/bunga rekening BOS per 31 Desember 2018 belum dipindahbukukan ke RKUD dan pihak Bakeuda telah menyurati Bank Nagari untuk memindahbukukan jasa giro/bunga itu ke RKUD.

Dikatakannya, pihak Bank Nagari baru memindahbukukan jasa giro/bunga rekening BOS itu sekitar bulan Juli 2019 lalu.

Kabid Perbendaharaan pada Bakeuda Pemkab Pasaman Erwanto berharap kedepan Bank Nagari dengan Bekauda saling berkoordinasi.

“Kedepan kita berharap pihak Bank Nagari saling berkoordinasi dengan Bakeuda, sehingga apa yang dilaksanakan sesuai dengan aturan dan juknis,” kata Erwanto mengakhiri.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 1022 kali

loading...
Baca Lainnya

Tiga Hari Operasi Zebra, Satlantas Pasaman Keluarkan 90 Lembar Tilang

Pasaman, – Memasuki hari ketiga Operasi Zebra Singgalang 2020, Satlantas Polres Pasaman sudah mengeluarkan 90...

29 Oktober 2020, 23:44 WIB

Reuni Perak SMANTIQ Kupang ’95, Sahabat Sepanjang Masa Bersama Kita Satu

Kupang – Alumni siswa SMA Negeri 3 (SMANTIQ) Kupang angkatan 1995 mengadakan baksos dan bantuan...

29 Oktober 2020, 23:25 WIB

Polres Payakumbuh dan 50 Kota Gagalkan Peredaran 135 Kg Ganja

Sumbar, – Polres Payakumbuh beserta Polres 50 Kota berhasil menggagalkan peredaran 135 Kg ganja kering...

Konferensi Pers Dirnarkoba Polda Sumbar Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro, S.Ik didampingi Wadirnarkoba AKBP Fery Herlambang, S.Ik beserta Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, S.Ik dan Kapolres 50 Kota AKBP Trisno Eko Santoso, S.Ik, Kamis (29/10/20).

29 Oktober 2020, 23:08 WIB

Ribuan Masyarakat Padati Lapangan Bola Kecamatan Amandraya

Nias Selatan, Deliknews.com – Ribuan masyarakat Kecamatan Amandraya menghadiri pengukuhan Tim Kampanye dan Tim Relawan...

29 Oktober 2020, 16:26 WIB

KPU Nisel Gelar Sosialisasi PKPU Nomor 8 Tahun 2017

Nias Selatan, Deliknews.com – KPU Kabupaten Nias Selatan menggelar Sosialisasi Pendaftaran pemantau pemilihan, lembaga survei...

28 Oktober 2020, 19:11 WIB

Kapolresta Tangerang Dorong Generasi Muda Jadi Pelopor Ini

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mendorong generasi muda untuk senantiasa...

28 Oktober 2020, 19:02 WIB

loading...