Senin, 23 Maret 2020 - 23:54 WIB

Antisipasi Covid-19, DPRD Nisel Mendukung Penuh Langkah-Langkah Pemkab Nisel

Nias Selatan, Deliknews.com – Untuk mengantisipasi mewabahnya virus Corona di Kabupaten Nias Selatan, DPRD Kabupaten Nias Selatan siap mendukung penuh langkah-langkah yang akan diambil oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan Melalui Dinas Kesehatan.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Nisel, Elisati Halawa, ST saat rapat kerja DPRD Kabupaten Nias Selatan dengan Kadis Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, dr.Heny Kurniawan Duha didampingi dr.Hendrik Saragih, Senin (23/03/2020) di Kantor DPRD Nias Selatan, jalan Saonigeho Km 3, Teluk Dalam.

Dia mengatakan bahwa saat ini wabah virus Corona tidak hanya terjadi di Indonesia, namun sudah menjangkit sejumlah negara di dunia, ujarnya.

“Apapun langkah-langkah antisipasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, baik dalam bentuk pengadaan anggaran obat maupun fasilitas lainya yang menyangkut pencegahan virus corona di Kabupaten Nias Selatan, DPRD siap mendukung sepenuhnya”, tandas Elisati Halawa.

Pada kesempatan ini, Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan, Elisati Halawa, ST berharap agar Kabupaten Nias Selatan terus dipertahankan sebagai daerah yang tidak tersuspect virus Corona atau tetap dalam kondisi zero (nihil tersuspect).

Sementara, Kepala Dinaa Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, dr. Heny Kurniawan Duha kepada wartawan saat melakukan Konferensi Pers, Senin (23/03/2020) di Ruang Media Center DPRD Nias Selatan, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas Kesehatan telah melakukan langkah-langkah antisipasi untuk mencegah merebaknya virus Corona tersebut.

“Langkah-langkah antisipasi yang sudah kita lakukan, antara lain : sosialisasi kepada masyarakat tentang cara mencegah virus corona dengan mwnghimbau masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, selalu mencuci tangan dengan bersih, menghindari diri dari keramaian, menjaga jarak dari orang-orang sekitar serta melaporkan diri bila ada gejala-gejala demam tinggi, batuk dan nyeri tenggorokan”, pungkas Henny.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa lokasi, diantaranya : rumah ibadah khususnya di sekitar Kota Teluk Dalam, penyemprotan sekaligus pemeriksaan suhu tubuh para penumpang kapal yang bersandar di Pelabuhan Baru Teluk Dalam.

“Penyemprotan disinfektan yang sudah kita lakukan cuma sekitar kota Teluk Dalam saja. Sementara Desa/Kecamatan lainnya masih belum akibat keterbatasan disinfektan. Dan saat ini, kita sedang meracik bahan itu. Dan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat baik di Desa dan di sekolah melalui Puskesmas untuk mengantisipasi merebaknya virus corona,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pengecekan kesehatan kepada wisatawan asing dan kepada sebagian warga di salah satu daerah destinasi wisata yakni di Sorake. Saat ini, status Kabupaten Nias Selatan terkait virus corona, masih dalam status zero (nihil tersuspect), ujar Henny.

Pada kesempatan ini, Anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Nurlimawati Loi mengatakan bahwa pencegahan virus Corona tersebut, sangat dibutuhkan peran aktif seluruh masyarakat, bukan hanya Pemerintah, namun kita semua, ujarnya.

“Bertanggung jawab pada kesehatan kita sendiri artinya juga bertanggung jawab pada kesehatan orang di sekitar kita dan saling waspada”, tandas Nurlimawati Loi. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 104 kali

loading...
Baca Lainnya

Cerita Dua Pembobol ATM di Citra Raya Diringkus Polsek Panongan

TANGERANG –  Sat Reskrim Polsek Panongan Polresta Tangerang Polda Banten meringkus dua orang pelaku pencurian...

28 Mei 2020, 21:36 WIB

Lihat, Kapolresta Tangerang Apresiasi Pelaksanaan Ops Ketupat 2020

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol H. Ade Ary Syam Indradi memberikan apresiasi atas pelaksanaan...

28 Mei 2020, 21:02 WIB

Saat Coffee Morning, Polresta Tangerang Bahas New Normal

TANGERANG – Polresta Tangerang Polda Banten menggelar coffee morning di halaman Mapolres, Rabu (27/5/2020). Kapolresta...

28 Mei 2020, 20:50 WIB

Wakil Ketua DPRD Badung: Bupati Jangan Tahan Rp 98 M Dana Corona

Badung – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung, I Wayan Suyasa meminta...

Wakil Ketua DPRD Badung, I Wayan Suyasa. (Foto: Deliknews.com)

28 Mei 2020, 19:50 WIB

Terlalu Boros, Badung Minim Ongkos Hadapi Corona

Badung – Kebijakan selama ini dilakukan Giri Prasta sebagai Bupati Kabupaten Badung, Bali dianggap terlalu...

Aktivis LSM Manikaya Kauci, I Nyoman Mardika. (Foto: istimewa)

28 Mei 2020, 18:53 WIB

Pendistribusian Gelombang Ke-III Bansos covid-19, Bupati Nisel : Sebelum Sampai Dirumah, Terlebih Dahulu Dicek

Nias Selatan, Deliknews.com – Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH bersama unsur Forkopimda...

28 Mei 2020, 16:39 WIB

loading...