Jumat, 12 Juni 2020 - 14:49 WIB

I Ketut Putra Ismaya (tengah). (Foto: deliknews.com)

I Ketut Putra Ismaya (tengah). (Foto: deliknews.com)

KERIS Tak Terima Ada Kegiatan Separatis di NKRI Bali

Denpasar – KERIS digawangi I Ketut Putra Ismaya tidak terima jika ada kegiatan separatisme dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di pulau Bali. Setelah mendapatkan informasi adanya pemasangan bendera Bintang Kejora, begitu juga penguasaan rumah warga Bali yang disinyalir dilakukan puluhan oknum orang Papua, dimana habis masa kontraknya di Jalan Pulau Sula No 27 Denpasar memicu KERIS untuk bergerak.

“Semenjak mendengar kabar ada mahasiswa dan masyarakat Papua yang menguasi rumah orang Bali padahal kontraknya sudah habis, saya dengan teman-teman kesatria KERIS sebenarnya sudah siap turun. Apalagi saya dengar ada unsur-unsur separatismenya, seperti mereka memasang bendera Bintang Kejora, dan tidak mengakui pemerintah Indonesia, kami sebenarnya sudah siap bela pati untuk nyama Bali, rela mati untuk tanah Bali,” kata I Ketut Putra Ismaya, Jumat (12/6).

Namun, mendengar masalah ini sudah ditangani segera oleh aparat berwenang dalam hal ini Aparat Kepolisisan, Ismaya mengapresiasi Kapolresta Denpasar sudah bergerak dengan cepat. Ismaya mengatakan langsung mendapat telepon dari Bapak Kapolresta agar menahan diri tidak bergerak lantaran masalah tersebut sudah dalam penanganan aparat kepolisian.

Dikatakan Ismaya, Kapolresta meminta untuk tenang dan menaati aturan. “Kami memang menunggu masalah ini ditangani aparat berwenang. Namun jika tidak ada, ingin rasanya kami bergerak untuk turun menyelesaikan masalah ini, tentu kami juga akan mengedepankan cara-cara persuasif,” ungkapnya

“Jangan berfikir jika kami turun pasti akan menimbulkan kegaduhan. Kami akan utamakan bernegosiasi. Saya memiliki pengalaman yang saya rasa cukup untuk dapat bernegosiasi. Berbagai macam masalah pernah saya hadapi dalam negosiasi,” imbuhnya

Kapolresta Denpasar AKBP Jansen Avitus Panjaitan mengatakan agar persoalan ini tidak dibesar-besarkan. Hal itu ditegaskan lantaran pihak kepolisian juga sudah melakukan langkah-langkah persuasif.

“Masalah itu sudah ditangani pihak kepolisian. Tidak ada perlu dipermasalahkan lagi dan tidak perlu di besar-besarkan. Kami lakukan langkah persuasif sehingga ditemukan kesepakatan yang membahagiakan semua pihak,” terang Kapolresta Denpasar.

Sementara itu, dihubungi terpisah Natalius Pigai sebagai aktivis dan mantan Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas Ham) serta tokoh Papua yang kini berada di pemerintah pusat meminta kepada pemerintah Provinsi Papua agar segera memperhatikan anak-anak Papua di Denpasar.

“Pada prinsipnya saya sedang mempelajari permasalahan ini. Terpenting anak-anak IMMAPA segera berkoordinasi dengan Pemprov Papua. Dan Pemprov Papua harus bertanggung jawab dengan anak anak yang ada di Denpasar,” terang Natalius Pigai.

Artikel ini telah dibaca 222 kali

loading...
Baca Lainnya

Bawaslu Pasaman Akan Bubarkan Kampanye Jika Tak Patuhi Protokol Kesehatan

Pasaman, – Bawaslu Kabupaten Pasaman akan membubarkan kampanye pasangan calon gubernur/wakil gubernur dan calon bupati/wakil...

 Bawaslu Pasaman rapat koordinasi dengan Forkopimda dan stakeholder, di Lubuk Sikaping, Rabu (30/9/20).

30 September 2020, 13:10 WIB

Bawaslu Pasaman Akan Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Pasaman, – Bawaslu Kabupaten Pasaman bersama tim atau unsur terkait akan menertibkan Alat Peraga Kampanye...

 Ketua Bawaslu Pasaman Rini Juita (jilbab merah) saat rapat koordinasi dengan Forkopimda dan stakeholder, di Lubuk Sikaping, Rabu (30/9/20).

30 September 2020, 12:02 WIB

Mahasiswa PSDKU unsiyah Kampus Blangnangka Orasi Damai Ke DPRK Gayo Lues.

Sebanyak 20 Orang Perwakilan  Mahasiswa PSDKU Universitas Siyah Kuala Kampus Belang Nangka Kabupaten Gayo Lues...

30 September 2020, 02:10 WIB

Kapolresta Tangerang Pimpin Operasi Yustisi, 72 Pelanggar Disanksi Masuk Ambulan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi memimpin Operasi Yustisi bersama Pemkab...

29 September 2020, 23:21 WIB

Kapolresta Tangerang Bina Komunitas Jadi Pelopor Pelaksanaan Protokol Kesehatan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kembali melaksanakan pembinaan komunitas untuk...

29 September 2020, 23:14 WIB

Beli Sabu Pakai Uang Pensiunan Orang Tua, Residivis Dibekuk Polresta Tangerang

TANGERANG – Satuan Reserse Narkoba Polresta Tangerang Polda Banten meringkus seorang pria berinisial BA lantaran...

29 September 2020, 23:04 WIB

loading...