Selasa, 16 Juni 2020 - 12:06 WIB

Kondisi sampah Waduk Muara Nusa Dua. (Foto: deliknews.com)

Kondisi sampah Waduk Muara Nusa Dua. (Foto: deliknews.com)

Solusi BWS Dalam Mimpi Warga Pemogan Terbebas Banjir

Denpasar – Sudah jatuh malah tertimpa tangga. Mungkin ungkapan ini sejalan dengan apa dialami warga lima Banjar ada di Bali. Yakni, Banjar Gelogor Carik, Banjar Sakah, Banjar Kajeng, Banjar Rangkan termasuk Banjar Teruna Bhineka dan Banjar Mekar Desa Pemogan, Denpasar Selatan. Saat pandemi Covid-19 melanda, bersamaan dengan ini, wilayah itu diterjang bencana banjir, minggu tanggal 31 dini hari bulan lalu.

Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida dituding sebagai instansi bertanggung jawab malah memberi penjelasan mengejutkan. Banyaknya sampah menumpuk pada hilir sungai Tukad Badung dekat Waduk Muara Nusa Dua dan ketika hujan tiba dikatakan menjadi pemicu utama terjadi banjir.

Ketika dibiarkan lolos ke laut tanpa ada saringan, sampah ini dikatakan akan menumpuk pada waduk yang kini airnya dimanfaatkan PDAM Badung. Dan juga sampah ini bisa masuk ke hutan bakau. Bahkan diungkap dapat mengotori pantai wilayah sekitar sebagai destinasi pariwisata Internasional.

“Hilir sungai Tukad Badung merupakan TPA ke dua setelah Suwung. Saat wilayah hulu hujan, sampah akan menumpuk pada hilir sungai, tepatnya wilayah Desa Pemogan. Kalau sedikit sampah tentu tidak ada masalah banjir. Dan air sungai akan lancar menuju laut. Permasalahan adalah kembali pada perilaku hidup masyarakat membuang sampah sembarangan,” terang I Ketut Asmara Putra selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Suangai Pantai I, didampingi Sagung Ratih Sri Wulandari MP PPK OP SDA IV, di kantor BWS Renon Denpasar, Senin (15/6).

BWS menyatakan akan melakukan kajian untuk menanggulangi permasalahan banjir. Dikatakan Ketut Asmara, tahun ini kajian tersebut akan selesai dilakukan, sementara untuk realisasinya rencana pada tahun 2021. “Tahun ini kita akan lakukan kajian, untuk realisasinya, jika kondisi negara sudah aman, kemungkinan tahun 2021 mendatang dapat dilakukan,” ujarnya.

Sementara untuk solusi penanganan banjir dalam jangka pendek, terang Ketut Asmara pihaknya menyiagakan 3 unit mobil pompa. Kapasitas masing-masing 86 liter per detik ini akan menjadi andalan utama BWS menolong masyarakat.

“Dalam waktu dekat, jika memang terjadi banjir seperti itu lagi (banjir besar) kita punya 3 unit mobil pump dengan kapasitas 86 liter per detik, kali dua (pompa) tiap unit mobil. Jadi itu yang dapat kita lakukan untuk antisipasi,” katanya.

Selain itu, terkait masalah sampah, Ketut Asmara berharap ada sinergi lebih serius dilakukan pihak Pemerintah Kota Denpasar (Kodya) dan Pemerintah Kabupaten Badung. Ia berharap pemerintah dapat kembali menggalakan upaya-upaya edukasi dan penindakan  masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

“Kami harap Pemerintah Kodya, Pemerintah Kabupaten Badung dapat bersinergi menanggulangi sampah dengan meningkatkan edukasi kepada masyarakat dan menindak yang membuang sampah sembarangan. Mungkin dapat dilakukan mulai dari tingkat banjar dulu diedukasi,” ujarnya.

Sementara itu, desain tukad badung telah dibuat dengan penampang ganda menurutnya mampu menampung banjir Q50 (banjir besar dengan debit periode ulang 50 tahun). Namun dengan masifnya alih fungsi lahan yang terjadi, katanya, membuat penyerapan air berkurang.

“Kalau untuk saat ini, dengan kondisi yang telah didesain dengan Q50, itu sudah aman sebenarnya. Namun, selain sampah, juga akibat adanya alih fungsi lahan yang cukup tinggi di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung, menyebabkan penyerapan air berkurang, semua air hujan yang turun akhirnya masuk ke Tukad Badung,” tandas Ketut Asmara.

Artikel ini telah dibaca 146 kali

loading...
Baca Lainnya

Kapolresta Tangerang Pimpin Operasi Yustisi, 72 Pelanggar Disanksi Masuk Ambulan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi memimpin Operasi Yustisi bersama Pemkab...

29 September 2020, 23:21 WIB

Kapolresta Tangerang Bina Komunitas Jadi Pelopor Pelaksanaan Protokol Kesehatan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kembali melaksanakan pembinaan komunitas untuk...

29 September 2020, 23:14 WIB

Beli Sabu Pakai Uang Pensiunan Orang Tua, Residivis Dibekuk Polresta Tangerang

TANGERANG – Satuan Reserse Narkoba Polresta Tangerang Polda Banten meringkus seorang pria berinisial BA lantaran...

29 September 2020, 23:04 WIB

Polresta Tangerang Beri Tambahan Masker dan Suplemen untuk Anggota

TANGERANG – Guna meningkatkan kunerja anggota di masa pandemi, Polresta Tangerang Polda Banten memberi tambahan...

29 September 2020, 22:51 WIB

Jumlah Pasien Covid-19 Meningkat, Kapolres Kembali Tinjau Kesiapan RSUDMAK

Gayo Lues-Menindak lanjuti Instruksi Kapolda Aceh untuk melihat kondisi  RS dalam penanganan Pasien Covid-19 dan...

28 September 2020, 23:07 WIB

Kapolresta Tangerang Bagikan 1000 Madu untuk Anggota Polres dan Polsek Jajaran

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membagikan 1000 botol madu kepada...

28 September 2020, 21:23 WIB

loading...