Mahasiswa UNESA Laksanakan KKN di Kawasan Eks Lokalisasi Dolly

Surabaya – Bertempat di RW XIII Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan Surabaya, sebanyak 15 orang mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada semester genap Tahun Akademik (T.A.) 2021/2022 .

Kegiatan KKN yang dimulai pada hari Senin 7 Maret sampai dengan Selasa 28 Juni 2022, diterima langsung oleh Kepala Kelurahan Putat Jaya Bryan Ibnu Maskuwaih.

Dalam penerimaan mahasiswa KKN, peserta yang hadir didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Lifa Farida Panduwinata S.Pd,. M.Pd, Guru TPA dan pemuka masyarakat dari RT di wilayah RW XIII Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan Surabaya.

Dalam sambutannya, Lifa Farida Panduwinata S.Pd, M.Pd mengucapkan terima kasih karena mahasiswanya diterima dengan baik dalam menjalankan kegiatan KKN di wilayah RW XIII Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan Surabaya.

“Saya berharap kegiatan KKN ini bisa berjalan dengan lancar serta dapat meningkatkan budaya literasi di daerah Putat Jaya,” tambahnya.

Adapun 15 Mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN terdiri dari beberapa fakultas diantaranya :

– Muhammad Iqbal Fairuzzabadi (S1 Bimbingan Konseling)
– Alif Fathur Rohman (S1 Pendidikan Akuntansi)
– Amalia Rizka Azzahra (S1 Pendidikan
Akuntansi)
– Lailatun Nazar (S1 PG PAUD)
– Zahrotun Nisa’ (S1 PG PAUD)
– Siti Nur Fadilah (S1 PG PAUD)
– Sefina Meidhavani (S1 PG PAUD)
– Salwa Fajriyah (S1 PG PAUD)
– Kurrotul Hasanah (S1 Pendidikan Matematika)
– Michael Gilbert Makatita (S1 Pendidikan
Matematika)
– Putri Nala Ellanda (S1 Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan)
– Mokh. Aldi Hidayat (S1 Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan )
– Ocmy Krisania Tauhida (S1 Sosiologi)
– Yogi Prayogo (S1 Pendidikan
Bahasa Jepang), dan
– Siti Cholifah (S1 Pendidikan Bahasa Mandarin).

Lifa Farida juga menambahkan bahwa mahasiswa melakukan pengabdian mereka di RW XIII yang berada di kawasan Eks Lokalisasi Dolly ini dikarenakan banyak potensi yang dilihat bisa untuk dikembangkan.

Terpisah, Wahyu Iswara perwakilan dari Kelurahan Putat Jaya mengatakan bahwa pihaknya mengaku sangat senang dengan adanya Mahasiswa KKN di wilayah RW XIII.

“Kami sangat menerima dengan baik kehadiran mahasiswa dan mahasiswi KKN ini dan kami juga berharap bagaimana menciptakan suatu keberhasilan dari apa yang direncanakan,” ucapnya

Setiyowati, S.Pd selaku Ketua RW XIII Kelurahan Putat Jaya juga mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang dan antusias dengan adanya kedatangan Mahasiswa KKN dari Unesa.

“Kami warga RW XIII sangat senang mahasiswa turun untuk berbagi keahlian dengan kamu, semoga semua kegiatan yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan lancar,” harapnya.

Iqbal Ketua Kelompok KKN Surabaya 17 Unesa juga menambahkan bahwa pihaknya memilih lokasi KKN disini dikarenakan warga dan anak-anak memiliki potensi yang dapat dikembangkan dan juga lokasi yang strategis menjadi salah satu alasan yang kuat untuk dilakukan kegiatan KKN.

“Pada pengabdian ini mengambil tema “Fun In Learning“ Optimalisasi potensi masyarakat RW XIII Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan Surabaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan keterampilan anak usia TK-SMP yang terdampak pandemi Covid-19, terdapat beberapa kegiatan yang dibagi menjadi dua program, yakni program utama dan program pendukung,” terang Iqbal Senin (27/6/2022)

Adapun program utama terdiri atas tiga program, yakni Kampung Dongeng, Mari Belajar (MaBar), Belajar bareng Bahasa dan Budaya Mandarin Jepang (Bunda Manja).

Sedangkan program pendukung, yakni Bakane Anak, Media Belajar (MeBel), Cerdas Cermat (Camat), Melukis Telenan Bersama Ibu dan Anak (Meluk Te Ida), Ramadhan ceria (Racer), dan Putat Unjuk Bakat (Pukat).

“Harapan kami dari kelompok KKN Surabaya 17 Unesa yang berakhir besok hari Selasa (28/6/2022) ini yakni agar pengabdian yang dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan berkelanjutan untuk masa depan khususnya terhadap anak-anak Putat Jaya yang menjadi generasi penerus yang mengedepankan budaya literasi sejak dini,” pungkas Iqbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.