Jakarta – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka resmi dicalonkan menjadi cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendampingi capres Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Hingga sehari menjelang pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) ditutup, Gibran masih mengerjakan tugasnya sebagai Wali Kota Solo.

Memang, Partai Koalisi menetapkan Gibran. Namun, putra sulung Presiden Jokowi itu belum pernah memberikan pernyataan secara terbuka menerima pinangan Cawapres.

Kendati begitu, malam ini. Sang Adik, Kaesang Pangarep yang juga ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendeklaraskikan Prabowo-Gibran sebagai Capres dan Cawapres.

Partai anak ragil Presiden Jokowi itu akan bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju. Kaesang sempat kecoplosan saat menyebut kakaknya sebagai Cawapres. Namun akhirnya di ralat.

Seperti diketahui, KPU membuka pendaftaran pasangan bakal Capres dan Cawapres mulai 19-25 Oktober 2023. Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah mendaftar di hari pertama pendaftaran.

Dengan sisa waktu satu hari, hanya tersisa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang belum mendaftarkan diri ke KPU.

Komisioner KPU Idham Kholik menyebut surat tersebut telah diterima pada hari ini, Selasa (24/10) pukul 15.00 WIB.

“Jam 15:00 WIB, KPU telah menerima surat pemberitahuan dari gabungan parpol KIM (Koalisi Indonesia Maju) tentang rencana pendaftaran bakal pasangan capres-cawapres Prabowo – Gibran,” kata Idham melalui pesan tertulis, Selasa (24/10).

dham menyampaikan pasangan Prabowo dan Gibran akan menyerahkan berkas pendaftaran capres-cawapres ke KPU besok, Rabu (25/10) pukul 10.00 WIB.

“Dalam surat pemberitahuan tersebut, bakal pasangan capres-cawapres akan didaftarkan pada jam 10:00 WIB oleh gabungan parpol KIM. Pada 25 Oktober 2023,” ujarnya.

Prabowo-Gibran sudah mendapat dukungan dari Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PBB, Gelora, Garuda dan Prima.

Sejauh ini, tinggal pasangan Prabowo-Gibran yang belum mendaftar ke KPU. Pasangan Ganjar Pranowo- Mahfud MD dan Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sudah mendaftar pada 19 Oktober 2023.