Maluku Utara

Pilgub Malut : AGK-YA lebih punya visi konkret

Ternate – Calon Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba dan Wakilnya M Al-Yasin Ali (AGK-YA) rupanya memiliki visi-misi yang kongkret dibanding Paslon Pilgub Malut lainnya.

Paslon petahana ini tau betul persoalan di Maluku Utara. Ini karena, timnya telah melakukan riset dalam menyikapi masalah di daerah Marimoi Ngune Future ini.

Ekonomi, kesehatan dan Pendidikan menjadi konsern kedua Paslon yang diusung PDI Perjuangan untuk menuju masyarakat Malut Sejahtera.

Bahkan, keduanya juga telah meluncurkan tiga kartu sakti yang bakal diberikan kepada seluruh warga Maluku Utara. Tiga kartu itu diberi nama KaMU Sehat, KaMU Cerdas dan KaMu Tumbuh.

AGK dalam kesempatannya mengungkapkan, Kamu Cerdas akan diberikan beasiswa kepada siswa potensi putus sekolah di Malut. “Sebanyak 17.445 siswa sebesar Rp 3 juta/tahun pada usia sekolah 13-15 tahun,” Ucap ustaz kondang Maluku Utara ini.

Lewat Kamu Cerdas ini, AGK-YA mempunyai target meningkatkan Angka Partisipasi Murni (APM) pada usia sekolah 13-15 tahun dari 75,68 persen menjadi di atas 90 persen, dan menaikkan rata-rata lama sekolah dari 8,5 tahun menjadi di atas 9 tahun.

“Serta memberi konstribusi pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) rata-rata Maluku Utara menjadi 70.33,” ujarnya.

Sementara Kamu Sehat, kata AGK merupakan subsidi jaminan kesehatan kepada 33.000 penduduk Maluku Utara berpenghasilan rendah dengan sasaran lansia, buruh kasar, nelayan, petani, tukang ojek/bentor.

“Kami menjamin seluruh masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan,” ujarnya.

Terakhir Kamu Tumbuh, papar AGK, adalah jaminan keselamatan/asuransi jiwa bagi pelaku Usaha Kecil Menengah/Industri Kecil Menengah, nelayan dan petani yang berjumlah 27.000 orang.

“Lewat kartu ini kami menargetkan penurunan angka pengangguran Maluku Utara di bawah 5 persen,” ujarnya

loading...

Related Articles