Sepakbola

Wakil Asprov PSSI DKI Jakarta, Aldi Karmawan: Keputusan Hukuman PSSI kepada Persib Sangat Lemah

JAKARTA, Deliknews.com – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) melalui Komisi Disiplin sudah menjatuhkan sanksi bagi Persib Bandung dalam kasus tewasnya Haringga Sarili. Ada sejumlah hukuman bagi Persib yang ditujukan untuk klub, pemain, suporter, dan panitia penyelenggara pertandingan (Panpel).

Keputusan tersebut mendapat protes dari Asprov DKI Jakarta. Aldi Karmawan selaku Wakil Ketua Asprov DKI Jakarta melihat sangsi yang diberikan PSSI kepada Persib tersebut tidak sebanding, dengan hilangnya nyawa supporter Persija Haringga Sarili.

“Harusnya keputusan terhadap club terkait dengan meninggalnya suporter harus di berikan hukuman seberat beratnya, minimal tidak diperkenankannya club tersebut untuk mengikuti liga selama minimal 1 atau 2 musim bahkan yang terburuk turun divisi untuk club tersebut. Hal ini agar dapat benar benar berdampak kepada para supporter dari masing masing club yg sangat menyanyangi club nya,” tegas Aldi di Jakarta, Selasa, (2/10).

Kejadian meninggalnya Suporter ini bukan pertama kali terjadi, sudah beberapa kali terjadi dan seperti menjadi hal yang sangat biasa apabila ada club besar yg bertanding kudu memakan korban jiwa. Apabila hal ini dibiarkan saja kedepannya tidak akan ada jaminan bahwa kejadian tewasnya supporter tidak terulang kembali.

Aldi menilai sajauh ini PSSI sangat lemah dalam pemberian sangsi terhadap club yang melanggar.

“Menurut saya ini adalah moment bagi PSSI untuk benar benar merubah paradigma tersebut untuk ke arah penyelenggaraan sepakbola kedepan yang lebih baik,”ucap Aldi.

Seharusnya PSSI dapat melihat industri sepakbola di Inggris dalam penanganan Hoologansnya.

“PSSI dapat mengundang FA inggris misalnya untuk mengambil pengalaman bagaimana menangani hooligans nya dan industri bola inggris secara sejarah” tambah Aldi.

Kepada supporter pun Aldi berharap, agar semua melindungi dan bertanggung jawab kepada clubnya.

“Harapannya para suporter club dapat mempertanggung jawabkan atas perilaku tindak tanduknya terutama atas club kesayangannya,” tutup Aldi.

loading...

Related Articles