Regional

Kamis, 10 Januari 2019 - 12:50 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Usai Dikunjungi Jokowi, Jalan di Aceh Utara Ini Rusak Parah

Aceh Utara – Desa Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara merupakan Desa yang paling ujung, di mana Desa itu  berbatasan langsung dengan Kabupaten tentanga Bener meriah.

Untuk menuju Desa Blang Pante dari Ibukota Kabupaten Aceh Utara, Lhoksukon, kita harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dengan mengendarai sepeda motor. apabila menggunakan kendaraan roda empat bisa ditempuh perjalanan sampai 2 jam.

Dimana Desa tersebut pada 9 Maret 2015, juga pernah dikunjungi oleh orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko widodo (Jokowi) mengunjungi Desa Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Bendungan Keureuto, bendungan terbesar yang dibangun Pemerintah dalam lima tahun ke depan dengan anggaran mencapai Rp. 1,7 triliun.

Jika diselesaikan tepat waktu, kurang lebih 9500 hektar sawah akan selalu terairi, dan juga bisa mengendalikan banjir di ibu kota Aceh Utara, Lhoksukon dan sekitarnya, serta juga bisa memberikan tambahan aliran listrik kurang lebih 6 MW, dan air baku yang tidak sedikit yaitu 500 liter/detik.

Kepala Desa Blang Pante,  M. Yunus Kepada Wartawan, Kamis (10/1) mengatakan, saat ini Desanya sedang membangun diantaranya 2 unit rumah dhuafa, pengerasan jalan, saluran drainase, pagar meunasah, plat beton, dan saluran irigasi.

"Pembangunan tersebut menggunakan alokasi dana desa dari pemerintah pusat," kata Yunus.

Namun, keluhnya, jalan menuju ke  Desa tersebut bebatuan dan sangat terjal. Karena itu, dirinya berharap kepada pemerintah agar dapat membangun jalan aspal menuju gampong sepanjang 5 kilometer yaitu jalan induk dari gampong Pucok Alue ke Pante Bahagia.

"Insya Allah jika jalan tersebut sudah diaspal, maka roda perekonomian masyarakat di Desa kami lancar," ujarnya.

[zombify_post]

Artikel ini telah dibaca 16673 kali

Baca Lainnya
loading…