Wartawan Deliknews Ikuti Pelatihan Jurnalisme Data 

  • Whatsapp
Trainer Data Visualization and Maping Trainer Utami Diah Kusumawati memberikan materi kepada peserta, Minggu (11/10).

Padang, – Wartawan Deliknews.com Darlinsah mengikuti pelatihan jurnalisme data untuk pengurangan risiko bencana di Amaris Hotel Padang, 8 – 10 November 2019.

Pelatihan ini dilaksanakan Journocoders Indonesia bekerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Kegiatan diikuti wartawan cetak dan elektronik dari berbagai daerah, Padang, Pekanbaru dan Jakarta.

Tak hanya di Padang, pelatihan serupa juga telah dilaksanakan di Palu 1 – 3 November 2019 kemarin dan akan menyusul di Banda Aceh 22 – 24 November 2019 besok.

Foto bersama peserta dengan para trainer.

25 peserta terpilih mengikuti pelatihan disetiap 3 daerah itu merupakan hasil seleksi dari panitia.

BACA JUGA : Tokoh Pers Sumbar Ruhana Kuddus Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional

“Tujuan diberikan pelatihan tersebut dalam rangka memberikan pengetahuan kepada jurnalis,” kata Aghnia Adzkia selaku Trainer juga senior Visual and Data Journalist didampingi Utami Diah Kusumawati dari Data Visualization and Maping Trainer dan Laraz Azria dari Data Trainer di Amaris Hotel Padang, Minggu (11/10).

Diipilihnya Padang untuk pelatihan karena Kota Padang merupakan daerah yang rawan bencaana, terutama Gempa Bumi.

BACA JUGA : Siaga Bencana, BPBD Pasaman Simulasi Gempa Bumi

Para Trainer berharap nantinya peserta pelatihan mampu memberikan informasi soal bencana dengan tepat dan jelas baik saat gempa maupun setelah penanganan.

Wartawan Deliknews.com Darlinsah mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan ini.

“Kita mengapresiasi Journocoders Indonesia bekerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat melaksanakan pelatihan ini dalam pengurangan risiko bencana di Sumatera Barat,” katanya.

Menurut Darlin, pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi wartawan dalam meningkatkan pengetahuan untuk menyampaikan informasi terkait kebencaan dengan data yang mudah dipahami pembaca, baik pemerintah maupun masyarakat.

“Artinya pengurangan risiko benacana disini, wartawan akan mampu memberikan informasi terkait sebab terjadinya bencana dan apa akibatnya, sehingga pemerintah dapat terbantu memahami apa saja yang perlu ditangani untuk pengurangan risiko bencana,” ujar Darlin.

Pos terkait

loading...