Sabtu, 16 Mei 2020 - 13:15 WIB

OPINI: BLT Dana Desa Cair, Siapa Saja Yang Berhak ?

Di tengah pandemi covid-19, Dana Desa diperbantukan untuk memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat miskin di desa. Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa saat ini mungkin saja telah dicairkan di Seluruh Provinsi, kabupaten, bahkan sudah Sampai di desa – desa.

Kriteria penerima BLT Dana Desa adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian.

Kehilangan pekerjaan atau mata pencaharian adalah kriteria utama. Kemudian, data itu dikonsultasikan atau dicek dengan data terpadu kesejahteraan Nasional. Jika nama calon penerima ada dan belum mendapat bantuan, maka yang bersangkutan akan menerima BLT dana desa.

Biasanya golongan ini antara lain sopir, tukang batu, kuli bangunan yang tidak bisa  mendapatkan penghasilan karena pembatasan sosial berskala besar(PSBB)

Jadi tidak menggunakan 14 kriteria program keluarga harapan (PKH). Kriteria utamanya adalah kehilangan mata pencaharian karena Covid-19, maka pendataannya berbasis disetiap RT.

Ada 3 pihak yang menentukan seseorang itu miskin atau tidak. Selain itu, tidak ada batas minimal penerima BLT Dana Desa, tapi yang diatur adalah batas maksimal. Oleh karena itu, bisa jadi ada desa yang tidak menemukan warganya orang miskin terdampak covid-19.

Selain kehilangan pekerjaan, kriteria penerima BLT Dana Desa adalah seseorang yang belum mendapatkan dana Program Keluarga Harapan (PKH).

Harapan terbesar adalah Pendataan orang miskin diserahkan sepenuhnya ke desa masing maaing. Karena Kementerian hanya memberi arahan dari skala penggunaan Dana Desa (DD) supaya sesuai kebijakan pembangunan secara  Nasional.

Penulis : Andre Tahu
Mahasiawa Ilmu Politik Univ. Undana

Artikel ini telah dibaca 282 kali

loading...
Baca Lainnya

Terima Penghargaan dari Komisi Informasi, Ini Kata Nevi Zuairina

Padang, – Anggota DPR  RI Hj. Nevi Zuairina dinobatkan oleh Komisi Informasi (KI) Sumbar sebagai...

Penyerahan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik & Achievement Motivation Award Person 2020 di Hotel Grand Zuri, Padang, Rabu (25/11/20).

27 November 2020, 07:02 WIB

Kapolresta Tangerang Bagikan 1000 Madu untuk Seluruh Anggota Polres dan Polsek

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membagikan madu kepada anggota termasuk...

26 November 2020, 18:31 WIB

Kapolres Majalengka Bagi Bantuan Sembako Ke 15 Korban Terpapar Positif Covid-19

MAJALENGKA – Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso melaksanakan bhakti Sosial dengan memberikan Paket...

26 November 2020, 18:22 WIB

Kabaharkam Polri Beri Pembekalan di Apel Kasatwil 2020, Ini yang Disampaikan

JAKARTA – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, memberikan pembekalan kepada...

25 November 2020, 22:12 WIB

Laksanakan Apel, Polsek Balaraja dan Muspika Siap Gencarkan Operasi Yustisi

TANGERANG – Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten melaksanakan apel persiapan pelaksanaan Operasi Yustisi, Rabu...

25 November 2020, 21:39 WIB

Camat dan Kapolsek Tigaraksa Serahkan Bantuan Sembako untuk Warga

TANGERANG – Kapolsek Tigaraksa Polresta Tangerang Polda Banten Kompol Sumaedi mendampingi Camat Tigaraksa Rahyuni menyerahkan...

25 November 2020, 21:30 WIB

loading...